Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata dalam komentarnya terhadap hadits Aisyah radhiyallahu 'anha:
▪ قولها رضي الله عنها: «أحيا الليل» يعني لم ينم، لكن في العشر الأواخر فقط، «وأيقظ أهله» يعني للصلاة.
▪ وأما قولها «وشد المئزر»، فهل هو كناية عن ترك إتيان النساء، أو كناية عن المبالغة في الاجتهاد؟
✦ نقول: الأمران واقعان، فإنه ﷺ لا يأتي نساءه في هذه العشر؛ لأنه معتكف في المسجد، وهو أيضًا قد شد مئزره للاجتهاد في العمل. فما دام اللفظ صالحًا للمعنيين ولا منافاة بينهما، فإنه يُحمل عليهما جميعًا.
▪ لكن قولها: «أحيا الليل كله»، أليس هو ﷺ يتعشى، ويتسحر، ويتوضأ؟
✦ نقول: نعم، كل هذه عبادات، وهي لم تقل: أحيا الليل بالصلاة فقط، وإنما أحيا الليل بالعبادات، فمثلًا إذا كان الإنسان في ليالي العشر يقرأ القرآن، ويذكر الله، ويتعشى، ويتسحر، ويتوضأ، ويصلي، قيل: إنه أحيا الليل.
Perkataan Aisyah radhiyallahu anha: "Menghidupkan malam", berarti beliau ﷺ tidak tidur di malam hari, tetapi hanya pada sepuluh malam terakhir.
"Membangunkan keluarganya", maksudnya adalah membangunkan mereka untuk shalat.
Adapun perkataannya: "Mengencangkan kainnya", apakah itu kiasan dari meninggalkan hubungan dengan istri atau kiasan dari kesungguhan dalam beribadah?
Kita katakan: Keduanya benar. Rasulullah ﷺ tidak mendatangi istri-istrinya di sepuluh malam terakhir karena beliau sedang beri’tikaf di masjid.
Selain itu, beliau juga bersungguh-sungguh dalam ibadah.
Karena ungkapan ini bisa mencakup dua makna dan keduanya tidak saling bertentangan, maka makna tersebut digabungkan.
Tetapi, bagaimana dengan perkataannya: "Menghidupkan malam seluruhnya"?, Bukankah Nabi ﷺ tetap makan malam, sahur, dan berwudhu?
Kita jawab: Ya, tetapi semua itu termasuk ibadah. Aisyah tidak mengatakan: "Menghidupkan malam hanya dengan shalat", tetapi beliau mengatakan: "Menghidupkan malam," yang mencakup berbagai bentuk ibadah.
Jadi, jika seseorang di sepuluh malam terakhir membaca Al-Qur'an, berdzikir, makan sahur, berwudhu, dan shalat, maka dia disebut telah menghidupkan malam.
Syarah Shahih Muslim (5/547)
____
🛜 https://t.me/alistifadah
0 komentar:
Posting Komentar