HUKUM PUASA DAN IBADAH ORANG YANG MENINGGALKAN SHALAT
Pertanyaan:
Ada orang yang berpuasa dan menunaikan berbagai ibadah, tetapi ia tidak shalat . Apakah puasa dan ibadahnya itu diterima?
Jawaban:
Bismillah wa al-hamdu lillah (dengan menyebut nama Allah dan segala puji hanya milik Allah).
➡Yang benar adalah bahwa orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja dihukumi kafir dengan kafir akbar. Oleh sebab itu, puasa dan ibadah-ibadahnya yang lain tidak sah (tidak diterima) sampai ia bertobat kepada Allah Subhanahu berdasarkan firman Allah Azza Wa Jalla, Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.
dan ayat-ayat serta hadits-hadits shahih lain dari Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam yang mengandung makna seperti ayat di atas.
➡Sementara itu, mayoritas ulama berpendapat bahwa ia tidak dihukumi kafir dengan kafir akbar karena hal itu. Puasa dan ibadah-ibadahnya yang lain juga tetap sah apabila ia masih mengakui kewajiban salat dan ia meninggalkannya karena meremehkan dan malas mengerjakannya.
✅Namun, pendapat yang benar adalah pendapat pertama, yaitu ia dihukumi kafir dengan kafir akbar jika ia meninggalkannya karena sengaja meskipun ia mengakui kewajibannya. Ini berdasarkan banyak dalil syar'i, di antaranya sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, Antara seorang (Muslim) dan kafir dan syirik adalah meninggalkan shalat Hadits ini diriwayatkan Imam Muslim dalam kitab Shahihnya dari hadits Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhuma dan sabda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, Perjanjian di antara kami dan mereka adalah shalat . Barangsiapa meninggalkannya, maka sungguh ia telah kafir Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan empat penyusun kitab Sunan dengan sanad yang shahih dari hadits Buraidah bin al-Hashib al-Aslami Radhiyallahu `Anhu. Hal itu telah dibahas secara rinci oleh Imam Ibnu al Qayyim Rahimahullah di dalam risalah khusus tentang hukum shalat dan hukum meninggalkannya. Risalah tersebut merupakan risalah berfaedah yang bagus untuk dicermati dan diambil manfaat isinya.
🌏https://www.binbaz.org.sa/fatawa/424
http://telegram.me/ukhwh
حكم صيام وعبادة من لا يصلي
هناك من يصوم ويؤدي العبادات، ولكنه لا يصلي فهل يقبل صومه وعبادته؟
بسم الله والحمد لله: الصحيح أن تارك الصلاة عمداً يكفر بذلك كفراً أكبر، وبذلك لا يصح صومه ولا بقية عباداته حتى يتوب إلى الله سبحانه؛ لقول الله عز وجل: وَلَوْ أَشْرَكُوا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ[1] وما جاء في معناها من الآيات والأحاديث.
وذهب جمع من أهل العلم أنه لا يكفر بذلك كفراً أكبر، ولا يبطل صومه ولا عبادته إذا كان مقراً بالوجوب ولكنه ترك الصلاة تساهلاً وكسلاً، والصحيح القول الأول، وهو أنه يكفر بتركها كفراً أكبر إذا كان عامداً ولو أقر بالوجوب؛ لأدلة كثيرة منها قول النبي صلى الله عليه وسلم: (بين الرجل وبين الكفر والشرك ترك الصلاة)[2] خرجه مسلم في صحيحه من حديث جابر بن عبد الله رضي الله عنهما، ولقوله صلى الله عليه وسلم: (العهد الذي بيننا وبينهم الصلاة فمن تركها فقد كفر)[3] خرجه الإمام أحمد وأهل السنن الأربع بإسناد صحيح من حديث بريدة بن الحصيب الأسلمي رضي الله عنه، وقد بسط العلامة ابن القيم رحمه الله القول في ذلك في رسالة مستقلة في أحكام الصلاة وتركها، وهي رسالة مفيدة تحسن مراجعتها والاستفادة منها.
[1] سورة الأنعام، الآية 88.
[2] رواه مسلم في الإيمان باب إطلاق اسم الكفر على من ترك الصلاة برقم 82.
[3] رواه أحمد في باقي مسند الأنصار من حديث بريدة الأسلمي برقم 22428، والترمذي في الإيمان باب ما جاء في ترك الصلاة برقم 2621، وابن ماجة في إقامة الصلاة باب ما جاء فيمن ترك الصلاة برقم 1079.
0 komentar:
Posting Komentar