CARA SHALAT ORANG YANG SAKIT DENGAN DUDUK

Posted On // Leave a Comment

*CARA SHALAT ORANG YANG SAKIT DENGAN DUDUK*

*_Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah berkata:_*

*Pertanyaan:*
Bagaimana orang yang sakit shalat dengan duduk? Apakah dia duduk dengan tarabbu' (bersila) atau seperti bentuk duduk tasyahhud? Apa dalilnya hafizhakallah?

*Jawaban:*
Orang yang sakit jika shalat dengan duduk atau jika orang yang sehat shalat sunnah dengan duduk maka dia duduk bersila ketika kondisi berdiri dan rukuk.

Adapun dalam kondisi sujud dan duduk, maka seperti bentuk dalam duduk tasyahhud atau duduk diantara dua sujud.

Dalilnya adalah bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ketika shalat dengan duduk, maka Beliau shalat dengan duduk bersila.

Adapun dalam kondisi sujud, duduk di antara dua sujud, dan tasyahhud,  maka duduk iftirasylah (pantat menduduki kaki kiri dan menegakkan kaki kanan) yang lebih dekat untuk bentuk duduk yang benar. Sedangkan perkara yang lebih dekat kepada bentuk yang benar, lebih utama dilakukan.

📀Al-Liqa' asy-Syahri 1

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwah

كيفية صلاة المريض جالساً
السؤال: كيف يصلي المريض جالساً؟ هل يجلس متربعاً أو كهيئة التشهد؟ وما هو الدليل على ذلك حفظك الله؟الجواب: المريض إذا صلى جالساً أو إذا صلى غير المريض النفل جالساً، فإنه يتربع في حال القيام وفي حال الركوع، أما في حال السجود والجلوس، فإنه يكون كهيئته في جلوس التشهد أو الجلسة بين السجدتين، ودليل ذلك أن النبي صلى الله عليه وسلم لما صلى جالساً صلى متربعاً، وأما في حال السجود وفي حال الجلوس بين السجدتين وفي حال التشهد فإن الافتراش هو الأقرب إلى هيئة الصحيح، وما كان هو الأقرب إلى هيئة الصحيح فهو أولى.

0 komentar:

Posting Komentar