HUKUM MENGAMBIL UPAH DARI MENGAJARKAN ATAU MEMBACAKAN AL-QURAN

Posted On // Leave a Comment

HUKUM MENGAMBIL UPAH DARI MENGAJARKAN ATAU MEMBACAKAN AL-QURAN

Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah:

"Bila ada yang bertanya: Jika tidak saya dapati orang yang mangajariku al-Fatihah kecuali dengan upah, haruskah bagiku memberikan upah kepadanya?

Jawabannya: Ya. Seperti bila dia tidak mendapat air kecuali dengan jual beli maka wajib baginya membelinya untuk berwudhu. Namun tinggal dirinci: "Bolehkah bagi orang lain meminta upah atas pengajaran al-Quran?

Jawabannya: Benar, boleh berdasarkan keumuman Sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam:

إِنَّ أَحَقَّ مَا أَخَذْتُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا كِتَابُ اللَّهِ ( رواه البخاري) ....

“ Sesungguhnya yang paling berhak untuk diambil upahnya adalah mengajar Al Qur’an. “ ( HR Bukhari)

Hadits ini untuk orang yang menyewa atau meminta upah atas amalan yang bermashlahat yaitu pengajaran.

Berbeda dengan orang yang meminta upah karena membaca al-Quran, maka hal ini tidak boleh seperti bila dia berkata:" Saya akan membaca surat al-Baqarah namun Engkau berikan kepadaku demikian dan demikian. Kami katakan: Ini haram.

Adapun bila dia berkata: Saya ajarkan Engkau surat Al-Quran dengan upah demikian dan demikia, maka hal ini boleh. Berdasarkan perbuatan Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menikahkan seseorang yang tidak mendapati mahar,
dengan hafalan Al-Quran yang dia ajarkan kepada istrinya.

📚Asy-Syarhu al-Mumti'

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwah

فإذا قال قائل: إذا لم أجد من يعلمني إياها إلا بأجرة، فهل يلزمني دفع أجرة إليه؟
فالجواب: نعم؛ كما لو لم يجد ماء إلا ببيع، فإنه يلزمه شراؤه للوضوء، ولكن يبقى النظر: هل يجوز للآخر أن يطلب أجرة على تعليم القرآن؟

الجواب: الصحيح: الجواز؛ لعموم قول النبي صلى الله عليه وسلم: «إن أحق ما أخذتم عليه أجرا كتاب الله» وهذا الذي استؤجر أو طلب الأجرة طلب على عمل متعد وهو التعليم، بخلاف من طلب أجرة على القراءة، فإنه لا يجوز، كما لو قال: أنا أقرأ سورة البقرة وتعطيني كذا وكذا. قلنا: هذا حرام. أما إذا قال: أعلمك إياها بكذا وكذا؛ فهذا جائز، ولهذا زوج النبي صلى الله عليه وسلم الرجل الذي لم يجد مهرا بما معه من القرآن يعلمها إياه .

0 komentar:

Posting Komentar