HUKUM MENGAMBIL MUSHAF DENGAN TANGAN KIRI

Posted On // Leave a Comment
HUKUM MENGAMBIL MUSHAF DENGAN TANGAN KIRI

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

Pertanyaan:
Bolehkah mengambil mushaf dan membawanya dengan tangan kiri?

Jawaban:
Saya tidak mengetahui sedikitpun larangan dalam hal ini. Namun apabila dia mengambil nya dengan tangan kanan itu lebih utama. Karena sebelah kanan lebih utama untuk segala hal. Adalah Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mejadikan sebelah kanan dalam bersuci, menyisir rambut mengambil, memberi, berjabat tangan, dan lainnya [HR. Al-Bukhari dan Muslim], dan sebelah kiri untuk perkara selainnya. Namun jika diperlukan untuk mengambil mushaf dengan tangan kiri dikarenakan tangan kanan letih atau lainnya maka tidak masalah insya Allah sebab keduanya adalah dua tangan yang saling bantu membantu dan tujuannya mengambil mushaf bukan dalam rangka menghina dan menggampangkan. Akan tetapi saling membantu untuk perkara ini dan itu, sehingga keduanya saling bantu membantu pada perkara tersebut.
Jika dia mengambilnya dengan tangan kiri lalu membaca atau dengan tangan kanan lalu membaca seluruhnya tidak masalah insya Allah. Hanya saja dia menggunakan tangan kanannya itu lebih pantas dan lebih utama sebagaimana yang telah disebutkan tentang mengutamakan sebelah kanan dalam mengambil, memberi, makan, dan sebagainya.

http://www.binbaz.org.sa/fatawa/4900

http://bit.ly/Al-Ukhuwwah

أخذ المصحف باليد اليسرى
هل يجوز أخذ المصحف وحمله باليد اليسرى؟

لا أعلم في هذا شيئاً، وإن كان أخذه باليمين أفضل، فاليمين أفضل بكل حال، وكان النبي صلى الله عليه وسلم يجعل اليمين لطهارته وترجله، وللأخذ والعطاء، والمصافحة ونحو ذلك[1]. واليسرى لما سوى ذلك، فإذا دعت الحاجة إلى أن يأخذ المصحف باليسار؛ لأن اليمين تعبت أو ما أشبه ذلك فلا حرج إن شاء الله؛ لأنهما، أي اليدان، تتعاونان، وليس المقصود بأخذ المصحف بها إهانة ولا تساهلاً، وإنما تعاون من هذه لهذه، وهما يتعاونان في ذلك، فإن جعلها في اليسرى وقرأ أو في اليمنى وقرأ، فكله لا بأس به إن شاء الله، لكن كونه باليمنى أولى وأفضل لما تقدم من تفضيل اليمنى في الأخذ والعطاء والأكل ونحو ذلك.

[1] رواه البخاري: كتاب: اللباس، باب: يبدأ بالنعل اليمنى، رقم (5854)، ومسلم: كتاب: الطهارة، باب: التيمن في الطهور وغيره، رقم (268).

•••••••
 Majmu'ah AL ISTIFADAH
 http://bit.ly/tentangwalis
 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
 مجموعة الاستفادة

0 komentar:

Posting Komentar