BOLEHKAH SIMBOL ACUNGAN JEMPOL ?

Posted On // Leave a Comment

" KABAR GEMBIRA "

Jempol kanan
         /  (|
        (    :
     __\    \  ____________[
   (____)    |
  (____)|     |
    (____) __|
      (___)__  |_________________

Sebuah gerakan jari dengan mengepalkan 4 jari dan menegakkan ibu jari ( jempol ) , yang dilakukan untuk mengungkapkan rasa kagum atau menganggap baik suatu perkara ternyata gerakan ini biasa dipakai salafuna sholih untuk mengungkapkan rasa kagum atau menganggap baik suatu perkara.

Mungkin sebagian pihak ada yang mengklaim bahwa gerakan jari ini merupakan warisan kufar yang diadobsi dari orang-orang barat untuk mengungkapkan rasa kagum terhadap suatu perkara sambil mengucapkan kata " OKE "....

Namun - alhamdulillah - ternyata salafuna sholih yang menjadi tauladan terbaik bagi umat ini juga biasa menggunakan gerakan jari ini , sehingga bukanlah orang-orang barat yang menjadi contohan kita akan tetapi para salaf lah yang menjadi pendahulu kita dalam hal ini.

Oleh karena itu mari kita simak kisah berikut ini yang membuktikan gerakan jari ini  pun telah dipakai oleh salafuna sholih... ❗

Telah diriwayatkan dalam kitab " TARIKH IBNU MU'IN " (4/60) no (231) dari riwayat AD DURI dia mengatakan : " aku mendengar AL ABBAS mengkhabarkan : " aku mendengar AHMAD BIN HANBAL ditanya -  yang waktu itu beliau berada dirumah ABU NADHR HASYIM BIN QOSIM - beliau ditanya : " wahai ABU ABDILLAH ( imam ahmad ) bagaimana pendapat mu tentang MUSA BIN UBAIDAH AR RODZI dan MUHAMAD BIN ISHAQ

  Maka imam Ahmad pun menjawab : " Adapun Muhamad bin lshaq maka tidak mengapa mengambil hadis darinya - berkata rowi kisah ini , yang dimaksud adalah hadis - hadis tentang peperangan rasulullah atau yang semisalnya - .

" Adapun Musa bin Ubaidah juga tidak mengapa mengambil hadis darinya hanya saja ia pernah meriwayatkan hadis munkar dari ABDILLAH BIN DINAR dari IBNU UMAR dari RASULULLAH.

Kemudian imam Ahmad berkata : " Adapun pada permasalahan HALAL dan HARAM kami menginginkan perkara tersebut diriwayatkan orang-orang yang "DEMIKIAN KEADAANYA"
(maksud kalimat " demikian keadaanya " dijelaskan oleh seorang rowi kisah ini yang berkunyah ABU FADL).

Maka abu Fadl pun memaknakan ucapan imam Ahmad dengan " MENGEPALKAN 4 JEMARINYA dari kedua tangannya dan TIDAK MENGEPALKAN IBU JARINYA.
Kemudian abu Fadl memperlihatkan gerakan jari tersebut kepada kami dan Abul Abbas pun menampakkan nya kepada kami.

Dan disebutkan pada tempat yang lain (4/274) no (1161) .Berkata Imam Ahmad : " Apabila pada  perkara halal dan haram maka kami menginginkan yang meriwayatkan nya adalah orang-orang yang " demikian keadaanya " .Kemudian imam Ahmad MENGEPALKAN 4 JEMARI dari kedua tangannya dan MENEGAKKAN KEDUA IBU JARINYA

Dengan shohihnya kisah diatas maka menjadi kabar gembira bagi umat islam secara umum bahwa salafuna sholih adalah tauladan terbaik bagi umat ini dalam setiap perkara baik perkara yang sepele maupun perkara yang besar sebagaimana yang telah disabdakan rasulallah bahwa para salaf adalah sebaik- baik tauladan umat ini.

Sekian semoga bermanfaat...

Ustadz abu Abdillah syukri

Salafy sangatta

•••••••
🖲 Majmu'ah AL ISTIFADAH
http://bit.ly/tentangwalis
🛰 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
📲 مجموعة الاستفادة

☄☄☄☄☄☄☄☄☄

0 komentar:

Posting Komentar