BATASAN MENGIKUTI IMAM

Posted On // Leave a Comment

FAIDAH FIQHIYYAH

Mufti: al-Imam Rabi' bin Hadi al-Madkhali hafizhahullaah

PERTANYAAN:

🏻Apabila imam berpendapat menggenggam kedua tangannya(bersedekap) setelah ruku', dan makmum tidak berpendapat seperti itu, maka apakah wajib atas makmum mengikuti imam?

Jawaban:

🏻Aku tidak berpendapat seperti itu. Dia mengikutinya ketika ruku', ketika sujud, dan ketika perpindahan gerakan seluruhnya. Dia tidak menyelisihinya dalam perbuatan-perbuatan tersebut. Adapun pada gambaran yang seperti ini, apabila dia mempunyai keyakinan (yang berbeda dengan imam), maka janganlah dia meletakkan kedua tangannya di dadanya. Dia tidak harus begitu. Adapun peniadaan mendahului imam(dalam hadits), maka yang dimaksud dengannya adalah tidak boleh mendahuluinya ketika ruku', tidak ketika sujud, dan tidak pula ketika bangkit. (Rasulullah shallallaahu 'alayhi wa sallam bersabda):
"Hanyalah imam itu dijadikan untuk diikuti."(1)

Semisal sang imam adalah Hanafiy (penganut madzhab Hanafiyyah). Dia tidak berpendapat(sunnahnya) duduk tawarruk(2). Sedangkan aku bertawarruk ketika shalatku. Dia tidak berpendapat tawarruk itu sunnah, sedangkan aku berpendapat itu sunnah. Demikian pula mengangkat kedua tangan, dia tidak berpendapat(sunnahnya) mengangkat kedua tangan(3). Adapun aku, aku berpendapat mengangkat kedua tangan(sunnah), maka aku mengangkatnya. Karena Rasulullah shallallaahu 'alayhi wa sallam bersabda:
"Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat."(4) Dan aku tidak  akan mendahuluinya pada rukun yang telah kusebutkan pada kalian.

Sumber: Qanah asy-Syaikh Rabi' ar-Rasmiyyah

Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i(TwIS)

🔎Muraja'ah: al-Ustadz Abu Muhammad Musa hafizhahullaah

✏ Catatan Kaki:

1. Muttafaqun 'alayhi dari 'Aisyah radliyallaahu 'anha

2. Posisi duduk ketika tasyahhud akhir.

3. Madzhab Hanafiyyah berpendapat tidak disunnahkan mengangkat tangan ketika shalat kecuali takbiratul ihram(takbir permulaan shalat).

4. Muttafaqun 'alayhi dari Malik Ibnu al-Huwairits

Situbondo, 20 Jumadats Tsaniyah 1437H/29 Maret 2016
_______________________

Arabic

إذا كان الإمام يرى قبض اليدين بعد الركوع, والمأموم لا يرى ذلك, فهل على المأموم اتّباع الإمام؟

الجواب؛
لا أرى ذلك؛ يتابعه في الركوع, وفي السجود, وفي الانتقالات كلّها, لا يخالفه في الأفعال, وفي هذه الصورة إذا كان عنده قناعة فلا يضع يديه على صدره, لا يلزمه ذلك, أمّا عدم مسابقة الإمام فالمقصود بها, لا تسبقه في الركوع, ولا في السجود, ولا في النهوض "إنّما جُعل الإمام ليؤتمّ به".

مثلا الإمام حنفي لا يرى التورك فأنا أتورك في صلاتي, هو لا يرى التورك سنة وأنا أراه سنة, كذلك رفع اليدين؛ هو لا يرى رفع اليدين أما أنا فأرى الرفع فأرفع, لأن الرسول صلى الله عليه وسلم يقول: "صلوا كما رأيتموني أصلي", ولا أسبقه في الأركان التي قلتها لكم.

[فتاوى فقهية متنوعة (الحلقة الأولى)]

•••••••
🖲 Majmu'ah AL ISTIFADAH
http://bit.ly/tentangwalis
🛰 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
📲 مجموعة الاستفادة

☄☄☄☄☄☄☄☄☄

0 komentar:

Posting Komentar