Dakwah kepada Allah Bersifat Tauqifi di Satu Sisi dan Bersifat Taufiqi di Sisi Lain

Posted On // Leave a Comment
Dakwah kepada Allah Bersifat Tauqifi di Satu Sisi dan Bersifat Taufiqi di Sisi Lain

📈Pertanyaan Kedua dari Fatwa Nomor:9457

📁Pertanyaan 2:
Apakah dakwah kepada Allah itu bersifat tauqifi atau taufiqi?

🌷Jawaban 2:
Dakwah kepada Allah bersifat tauqifi (berdasarkan petunjuk Alah) dari sisi bahwa dalam berdakwah dai mengikuti cara yang ditunjukkan oleh Allah kepada para dai berupa hikmah, nasihat yang baik, dan berdialog dalam masalah-masalah yang bersifat ijtihad dengan cara yang lebih baik untuk mencapai kebenaran, bukan untuk mengalahkan orang lain dan fanatik terhadap pendapat pribadinya. Allah Ta'ala berfirman Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. dan seterusnya. Dia menolak kemungkaran dengan kekuasaannya jika dia mampu dan memiliki kapasitas untuk melakukan itu. Jika dia tidak mampu, maka dia menolaknya dengan lisannya. Jika dia tidak mampu, maka dia menolaknya dengan hatinya meskipun itu adalah selemah-lemahnya iman. Dakwah itu hukumnya fardu kifayah. Jika sebagian orang melakukannya, maka gugurlah kewajiban sebagian yang lain. Hukumnya menjadi fardu `ain bagi orang yang menjadi prasyarat terlaksananya dakwah tersebut.
Adapun dari sisi terjadinya, dakwah itu bersifat taufiqi (berdasarkan kemudahan dari Allah). Artinya, orang yang dikehendaki oleh Allah diberi pertolongan untuk menunaikan kewajiban berdakwah kepada-Nya, maka Dia akan memberinya kelapangan hati dan mempermudah jalannya untuk melakukan itu, sebagai kebaikan dan rahmat yang diberikan Allah kepadanya.
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

🇸🇦Al-Lajnah ad-Daimah Lilbuhutsil Ilmiyyah wal Ifta'

Ketua: Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Wakil: Abdurrazzaq 'Afifi

Anggota: Abdullah bin Ghudayyan

📱📡AL-UKHUWWAH

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwah.me

🇸🇦

السؤال الثاني من الفتوى رقم (9457):
س2: هل الدعوة إلى الله توقيفية أو توفيقية؟

ج2: الدعوة إلى الله توقيفية من جهة أن الداعي يتبع في دعوته المنهاج الذي أرشد الله الدعاة إليه من الحكمة والموعظة الحسنة والمناقشة في المسائل الاجتهادية بالتي هي أحسن للوصول إلى الحق لا لقصد التغلب على غيره والتعصب لرأي نفسه، قال الله تعالى: { ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ } (1) الآية ، وأنه ينكر المنكر بيده إن استطاع وكان أهلا لذلك، فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك أضعف الإيمان، وهي فرض كفاية إذا قام بها البعض سقطت عن الباقين وتتعين على من لا تقوم إلا بهم.
أما من جهة الوقوع فهي توفيقية بمعنى أن من شاء الله تعالى له التوفيق لأداء واجب الدعوة إلى الله شرح صدره لها وهيأ له أسبابها؛ فضلا منه تعالى ورحمة.
وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

عضو // نائب رئيس اللجنة // الرئيس //

عبد الله بن غديان // عبد الرزاق عفيفي // عبد العزيز بن عبد الله بن باز //
_________
(1) سورة النحل ، الآية 125

※※※※※※※※※※※※※※※※
🅾 MAJMU'AH AL ISTIFADAH 🅾
※※※※※※※※※※※※※※※※

Ⓜ مجموعة الاستفادة
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
▶ Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN

0 komentar:

Posting Komentar