MENCELA AGAMA ALLOH ATAU MELAKUKAN PERBUATAN KUFUR DALAM KEADAAN DIA SANGAT MARAH, APAKAH PELAKUNYA TERSEBUT DIKAFIRKAN ?

Posted On // Leave a Comment
🔘 MENCELA AGAMA ALLOH ATAU MELAKUKAN PERBUATAN KUFUR DALAM KEADAAN DIA SANGAT MARAH, APAKAH PELAKUNYA TERSEBUT DIKAFIRKAN ?
_________________________

🎓 Fadhilatusy Syaikh Sholih bin Fauzan Al-Fauzan hafizhahullah

📃 PERTANYAAN:
Barangsiapa mencela agama Alloh atau melakukan perbuatan kufur dalam keadaan dia sangat marah, apakah pelakunya tersebut dikafirkan ?

🔖 J A W A B A N:

Jika seseorang itu mencapai pada puncak amarah yang mengeluarkannya dari kesadaran, maka dalam keadaan seperti ini dia tidak dihukumi (tidak kafir), dikarenakan dia telah menjadi gila (hilang kesadarannya). Akan tetapi jika amarah dia tidak sampai pada taraf hilangnya kesadaran, maka dia tetap terkena hukuman.

👉🏻 Jika dia mentalaq istrinya, atau mengucapkan ucapan kufur, atau ucapan yang mengandung kesyirikan, maka dia dihukumi sesuai dengan apa yang dia ucapkan tersebut, manakala dia mengetahui serta menyadari atas apa yang dia ucapkan.
                    -●○※○●-

📔 Sumber:
Pelajaran dalam Syarhu Nawaqidhul Islam (penjelasan pembatal-pembatal keislaman) hal. 34

ــــــــــــــــــ
السؤال:
من سب دين اللّه أو عمل عملاً مكفرًا عند الغضب الشديد فهل يكفر؟

الجواب:
إذا بلغ الإنسان الغضب الذي يخرجه عن الشعور فإنه لا يؤاخذ، لأنه أصبح المجنون، وأما إذا غضبه لا يصل إلى حد زوال الإدراك فإنه يؤاخذ، فإذا طلق زوجته أو تكلم بالكفر أو الشرك في هذه يحكم عليه بما تكلم به، إذا كان يدري ويعقل ما يقول.

المصدر:
دروس في شرح نواقض الإسلام، ص. ٣٤ - الشيخ صالح بن فوزان الفوزان حفظه اللّه

✏__Alih Bahasa: Azmi Abu Ubaidah (Sangatta) hafizhahullah
_________________________
🌏 WA Ahlus Sunnah Karawang ll www.ahlussunnahkarawang.com

✆ WA Al Istifadah ※ WALIS ✆
✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧
الموقع الرسمي للمجموعة:
🛅➠http://walis-net.blogspot.com/p/depan.html

0 komentar:

Posting Komentar