Mengqadha Salat Karena Ketiduran dan Kesengajaan

Posted On // Leave a Comment
🌴Mengqadha Salat Karena Ketiduran dan Kesengajaan

♻Pertanyaan Kedua dari Fatwa Nomor:5545

📋Pertanyaan 2:

Rasulullah صلي الله عليه و سلم bersabda, "Orang yang tertidur atau lupa mengerjakan shalat, maka hendaknya dia shalat saat mengingatnya. Tidak ada kafarat bagi shalat tersebut melainkan dengan mengerjakannya." Dalam hadits lain di dalam Shahih Muslim, beliau juga bersabda, "Janganlah kalian mengerjakan shalat ketika matahari terbit, karena dia terbit di antara dua tanduk setan."
Pertanyaan saya, jika seorang muslim tertidur sehingga melewatkan shalat Subuh dan baru bangun ketika matahari terbit, apakah dia mengerjakan shalat saat itu, atau menunggu sampai matahari naik? Bagaimana cara menggabungkan pemahaman kedua hadits ini?

📜Jawaban 2:


Jika seseorang tertidur dari mengerjakan salat Subuh dan baru bangun ketika matahari terbit, hampir terbit, atau beberapa lama setelah terbit, maka saat itu juga dia wajib mengerjakan shalat. Shalat itu wajib dia kerjakan tanpa memedulikan apakah matahari itu akan terbit ketika dia sedang shalat, saat dia baru memulainya, atau setelah terbit dan akan selesai sebelum suasana terang. Hukum yang sama juga berlaku jika seseorang tertidur atau lupa mengerjakan shalat Asar. Dia wajib shalat ketika terbangun dan mengingatnya. Sekalipun dia baru bangun atau sadar saat matahari sudah terbenam, maka dia wajib mengerjakan shalat di saat itu. Semua itu tentu harus diawali dengan berwudhu. Tidak boleh bagi seseorang untuk menunda shalat Subuh sampai matahari naik dan suasana terang. Tidak boleh pula menunda shalat Ashar sampai matahari terbenam (jika tertidur pada waktu Ashar). Dasarnya adalah sabda Nabi صلي الله عليه و سلم, "Orang yang mendapati satu rakaat shalat Subuh sebelum matahari terbit, maka dia dianggap telah mengerjakan shalat Subuh (pada waktunya). Orang yang mendapati satu rakaat shalat Ashar sebelum matahari terbenam, maka dia dianggap telah mengerjakan shalat Ashar (pada waktunya)." (HR. Bukhari dan Muslim). Ini juga didasarkan pada pengertian umum sabda Rasulullah صلي الله عليه و سلم, "Orang yang tertidur atau lupa mengerjakan shalat, maka dia harus shalat saat mengingatnya. Tidak ada kafarat bagi shalat tersebut melainkan dengan menunaikannya.
Menurut para ulama peneliti hadits, hadits-hadits tersebut ada pada konteks pelarangan shalat sunnah mutlak yang tidak ada sebabnya, shalat yang bukan fardhu, dan shalat sunnah yang terlewat karena tertidur. Demikianlah penggabungan pengertian dari keduanya.

Wabillãhit Taufíq washallallãhu 'alã Nabiyyinã Muhammad wa 'alã ãlihí wa shohbihí wasallam

🔗Al-Lajnah Ad-Dã'imah lil Buhúts Ilmiyyah wal Iftã'
Ketua      : Abdul Azíz bin Bãz
Wakil       : Abdurrozãq Afifiy
Anggota  : Abdullah bin Ghudayyan | Abdullah bin Qu'ud

〰TEKS ARAB〰

 السؤال الثاني من الفتوى رقم 5545

س‏:‏ قال رسول الله صلى الله عليه وسلم‏:‏ ‏"‏من نام عن صلاة أو نسيها فليصلها إذا ذكرها لاكفارة لها إلا ذلك‏"‏ وقال صلى الله عليه وسلم في حديث آخر في صحيح مسلم‏:‏ ‏"‏وإذا طلعت الشمس فأمسك عن الصلاة فإنها تطلع بين قرني شيطان‏"‏‏[‏أخرجه أحمد في المسند 4/111 ، 112 ، 385 واللفظ له من حديث عمرو بن عبسة أبي نجيم السلمي وأخرجه مسلم في الصحيح رقم 832‏.‏‏]‏

سؤالي هو إذا نام المسلم عن صلاة الفجر ولم يستيقظ إلا عند طلوع الشمس فهل يصلي أم يمسك عن الصلاة حتى ترتفع الشمس وكيف نوفق بين هذين الحديثين‏)‏‏.‏

جـ‏:‏ إذا نام المسلم عن صلاة الفجر ولم يستيقظ إلا حين طلوع الشمس أو قبل طلوعها بقليل أو بعد طلوعها بقليل وجب عليه أن يصلي الفجر حين يقوم سواء طلعت عليه وهو يصلي أو بدأ الصلاة حين طلوعها أو بدأ الصلاة بعد طلوعها وأتمها قبل أن تبيض، وكذا الحكم في صلاة العصر إذا نام عنها أو نسيها فيصليها حين يستيقظ أو يذكر ولو غابت الشمس وهو فيها، وله أن يبدأ صلاتها حين غروبها كل ذلك بعد أن يتطهر قبل الدخول فيها‏.‏ وليس له أن يمسك عن صلاة الفجر حتى ترتفع الشمس وتبيض‏.‏ ولا عن صلاة العصر حتى تغيب لما ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال‏:‏ ‏"‏من أدرك ركعة من الصبح قبل أن تطلع الشمس فقد أدرك الصبح ومن أدرك ركعة من العصر قبل أن تغرب الشمس فقد أدرك العصر‏"‏ ‏أخرجه أحمد في المسند 2/254 و 282 و 412 و 348 و 459 من حديث أبي هريره وأخرجه البخاري في الصحيح رقم 579 ومسلم في الصحيح رقم 608 واللفظ له والترمذي برقم 186 ومالك في الموطأ 1/6 وأبو داود برقم 408 والنسائي 1/205ط الحلبي‏.‏‏]‏ رواه البخاري ومسلم‏.‏ ولعموم قوله صلى الله عليه وسلم‏:‏ ‏"‏من نام عن صلاة أو نسيها فليصلها إذا ذكرها ليس لها كفارة إلا ذلك‏"‏‏.‏ وأما ما ذكرت من الحديثين فالجمع بينهما عند المحققين من أهل العلم هو حمل أحاديث النهي على صلاة النوافل غير ذوات الأسباب وعلى غير الفريضة المنسية والتي نام المسلم عنها‏.‏

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم‏.‏

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

الرئيس‏:‏ عبدالعزيز بن عبدالله بن باز

نائب رئيس اللجنة‏:‏ عبدالرزاق عفيفي

عضو‏:‏ عبدالله بن قعود

📝Abu Zulfa

🚰WhatsApp Al-Ukhuwwah
Wa''Salafy Manokwari''

📲【••WALIS ⊙ WA Al-Istifadah••】
✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧

💻 http://walis-net.blogspot.com/p/depan.html?m=1

0 komentar:

Posting Komentar