๐ฉPertanyaan:
Wahai syaikh Muhammad surat ini datang kepada kami dari seorang pendengar yang mulia dengan inisial ู ุณ ุญ tsanawiyah al-Faruq di Riyadh berkata dalam suratnya: " Saya membaca dalam kitab al-Adzkar pada masalah-masalah cabang atas salam bahwasannya diharamkan mencium dan memeluk seorang pemuda, pria yang tampan atau pun al-Amrad (anak muda yang belum berjenggot) dan disebutkan bahwa madzhab yang benar menurut beliau (penulis al-Adzkar) adalah haramnya memandang kepada al-Amrad yang tampan meskipun tanpa syahwat dan aman dari fitnah seperti haramnya memandang wanita karena memiliki sebab yang sama. Apa pandangan Anda fadhilatukum terhadap pendapat ini. Kami mohon jawaban anda beserta dalilnya?
๐Jawaban:
Alhamdulillahirabbil'alamin dan aku memanjatkan shalawat dan salam tercurah untuk Nabi kita Muhammad ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู penutup para nabi dan rasul Rabb semesta alam serta shalawat dan salam untuk keluarga Beliau, para shahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti beliau dengan baik hingga hari kiamat.
Inilah pendapat yang dipegang an-Nawawi ุฑุญู ู ุงููู dalam kitabnya al-Adzkar tentang pengharaman memandang kepada amrad secara mutlak. Beliau memilih pendapat tersebut dalam rangka menutup jalan karena diantara manusia ada yang cita-cita dan keinginannya rendah sehingga ia pun merendahkan dirinya dengan memandang kepada murdan (anak muda yang tampan) seperti memandang kepada para wanita dan hal ini suatu yang ada sedangkan banyak sedikitnya sesuai tempat dan masa padahal perkara ini sangat berbahaya sebab masalah yang berkaitan dengan murdan itu memiliki efek dan tabiat yang buruk darinya yakni akan mengantarkan kepada perbuatan liwath (homoseks) -wal'iyadzubillah -yang sangat keji. Adapun hukuman bagi orang yang terbiasa atau pernah melakukannya
meskipun satu kali sedangkan ia seorang yang baligh, berakal, tanpa paksaan maka hukumannya adalah dijatuhkan dengan segala cara meskipun ia seorang yang belum menikah karena sabda Nabi ุตูู ุงููู ุนููู ู ุณูู :
"Barangsiapa yang kalian dapati berbuat seperti perbuatan kaum Luth maka bunuhlah pelaku dan pasangannya."
Meskipun sebagian ulama melemahkan hadits tersebut namun hukuman mati itu dikuatkan dengan kesepakatan para sahabat ุฑุถู ุงููู ุนููู untuk membunuh pelaku dan pasangannya hanya saja mereka berbeda pendapat tentang cara membunuhnya dan dikuatkan juga hukuman mati itu dengan pertimbangan bahwa perbuatan keji ini adalah tindakan mungkar yang disifati Allah ุชุนุงูู melalui ucapan Nabi Luth ุนููู ุงูุตูุงุฉ ู ุงูุณูุงู dengan sifat yang lebih keji daripada zina. Allah ุชุนุงูู berfirman:
"Dan janganlah kalian dekati zina. Sesungguhnya zina itu perbuatan yang keji."
Yakni zina salah satu perbuatan keji, namun Nabi Luth berkata kepada kaumnya:
ุฃ ุชุฃุชูู ุงููุงุญุดุฉ}
"Apakah kalian mendatangi kekejian?"
sedangkan ุงู (al) disini menunjukkan tentang besarnya cakupan yakni yang tercakupi ุงู berupa perbuatan yang sangat keji yang tidak diakui syariat dan tidak pula tabiat yang selamat. Oleh karena itu pendapat yang kuat dan dikuatkan pula Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah ุฑุญู ู ุงููู dan selain beliau dari para muhaqqiq (peneliti) bahwa dosa liwath hukumannya adalah dijatuhkan dengan segala cara selama pelaku dan pasangannya seorang yang baligh, berakal dan tidak dipaksa. Sehingga berdasarkan atas akibat perbuatan liwath itu yang sering menjadi sebab pendorongnya adalah pandangan maka sebagian ulama berpendapat sebagaimana pendapat yang dipegang an-Nawawi ุฑุญู ู ุงููู tentang pengharaman memandang kepada amrad dan anak muda yang tampan karena khawatir terjatuh kepada fitnah yang besar ini.
Namun pendapat ini lemah selama tidak terwujud sebagai perantara. Adapun jika tewujud sebagai perantara kepada kekejian yakni ketika memandangnya tergerak syahwat orang itu maka ketika itu wajib menahan dan menundukkan pandangan sehingga hal ini menunjukkan lemahnya pendapat tersebut dan bukan suatu yang mutlak karena para pria di masa Nabi ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู didapati seorang pemuda yang tampan seperti al-Fadl bin Abbas ุฑุถู ุงููู ุนููู ุง. Ia seorang pemuda yang tampan meskipun demikian Nabi ุตูู ุงููู ุนููู ู ุณูู tidak mengharamkan untuk memandangnya dan juga seandainya memandang kepada murdan dan pemuda itu diharamkan sebagaimana kepada wanita tentunya wajib atas mereka memakai hijab sebagaimana kewajiban para wanita untuk berhijab namun tidak ada seorang pun ulama yang berpendapat tentang wajibnya atas murdan untuk berhijab dan menutup wajah mereka di pasar maupun ketika tanpa mahram sehingga pendapat ini lemah dan yang menjadi pendukung hal ini adalah apa yang saya dengar tentang selalu adanya murdan ini pada manusia sejak zaman Nabi ุตูู ุงููู ุนููู ู ุณูู hingga hari ini sedangkan Nabi ุตูู ุงููู ุนููู ู ุณูู tidak memerintahkan untuk menahan ataupun menundukkan pandangan kepada mereka dan lagi pula seandainya memandang kepada mereka itu haram tentunya wajib atas mereka berhijab sebagaimana berhijabnya para wanita
Namun ketika seseorang khawatir atas dirinya sehingga hal ini perkaranya khusus maka kami katakan kepadanya janganlah Anda memandang kepada murdan selama anda khawatir atas diri anda bergeloranya syahwat disebabkan memandang kepada mereka.
๐Fatawa Nurun 'alad Darb
〰TEKS ARAB〰
ุงูุณุคุงู:
ูุง ุดูุฎ ู ุญู ุฏ ูุฐู ุฑุณุงูุฉ ูุฑุฏุชูุง ู ู ุงูู ุณุชู ุน ุงููุฑูู ู ุณ ุญ ุซุงูููุฉ ุงููุงุฑูู ุจุงูุฑูุงุถ ูููู ูู ุฑุณุงูุชู ูุฑุฃุช ูู ูุชุงุจ (ุงูุฃุฐูุงุฑ) ูู ุจุงุจ ูู ู ุณุงุฆู ุชุชูุฑุน ุนูู ุงูุณูุงู ุฃูู ุญุฑู ุงูุชูุจูู ูุงูู ุนุงููุฉ ููุดุงุจ ุฃู ุงูุฑุฌู ุงูุฌู ูู ูุงูุฃู ุฑุฏ ูุฐูุฑ ุฃู ุงูู ุฐูุจ ุงูุตุญูุญ ุนูุฏู ุชุญุฑูู ุงููุธุฑ ุฅูู ุงูุฃู ุฑุฏ ูุงูุญุณู ููู ูุงู ุจุบูุฑ ุดููุฉ ููุฏ ุฃู ู ุงููุชูุฉ ููู ุญุฑุงู ูุงูู ุฑุฃุฉ ููููู ูู ู ุนูุงูุง ู ุง ุฑุฃู ูุถููุชูู ูู ูุฐุง ุงูููู ูุฑุฌู ุฃู ููุฑู ููููู ุจุงูุฅุฌุงุจุฉ ุจุงูุฏููู؟
ุงูุฌูุงุจ
ุงูุดูุฎ: ุงูุญู ุฏ ููู ุฑุจ ุงูุนุงูู ูู ูุฃุตูู ูุฃุณูู ุนูู ูุจููุง ู ุญู ุฏ ุฎุงุชู ุงููุจููู ูุฑุณูู ุฑุจ ุงูุนุงูู ูู ูุนูู ุขูู ูุฃุตุญุงุจู ูู ู ุชุจุนูู ุจุฅุญุณุงู ุฅูู ููู ุงูุฏูู ูุฐุง ุงูุฐู ุฑุขู ุงููููู ุฑุญู ู ุงููู ูู ูุชุงุจ (ุงูุฃุฐูุงุฑ) ู ู ุชุญุฑูู ุงููุธุฑ ุฅูู ุงูุฃู ุฑุฏ ู ุทููุงً ูู ู ุง ุงุฎุชุงุฑู ุณุฏุงً ููุฐุฑูุนุฉ ูุฃู ู ู ุงููุงุณ ู ู ูููู ุณุงูู ุงููู ุฉ ูุงูุฅุฑุงุฏุฉ ูููุฒู ุจููุณู ุฅูู ุฃู ููุธุฑ ุฅูู ุงูู ุฑุฏุงู ูุธุฑู ุฅูู ุงููุณูุงู ููุฐุง ุดูุก ู ูุฌูุฏ ูููุซุฑ ูููู ุจุญุณุจ ุงูุฃู ุงูู ูุงูุฃุฒู ุงู ูุญูุซ ุฅู ูุฐุง ุงูุฃู ุฑ ุฎุทูุฑ ุฌุฏุงً ูุฃู ู ุณุฃูุฉ ุงูุชุนูู ุจุงูู ุฑุฏุงู ููุง ุนูุงูุจ ูุฎูู ุฉ ู ููุง ุฃููุง ูุฏ ุชุคุฏู ุฅูู ุงูููุงุท ูุงูุนูุงุฐ ุจุงููู ููู ุงููุงุญุดุฉ ุงูููุฑุงุก ุงูุชู ุนููุจุฉ ู ู ู ุงุฑุณูุง ุจู ู ู ูุนููุง ููู ู ุฑุฉ ูุงุญุฏุฉ ููู ุจุงูุบ ุนุงูู ุบูุฑ ู ูุฑู ุนููุจุชู ุฃู ُูุนุฏู ุจูู ุญุงู ููู ูุงู ุบูุฑ ู ุญุตู ูููู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ู ู ูุฌุฏุชู ูู ูุนู ู ุนู ู ููู ููุท ูุงูุชููุง ุงููุงุนู ูุงูู ูุนูู ุจู ููุฐุง ูุฅู ูุงู ุจุนุถ ุงูุนูู ุงุก ุถุนูู ููู ูุคูุฏู ุฅุฌู ุงุน ุงูุตุญุงุจุฉ ุฑุถู ุงููู ุนููู ุนูู ูุชู ุงููุงุนู ูุงูู ูุนูู ุจู ูุฅู ูุงููุง ูุฏ ุงุฎุชูููุง ูู ููููุฉ ูุชูู ููุคูุฏู ู ู ุงููุธุฑ ุฃู ูุฐู ุงููุนูุฉ ุงูุฎุจูุซุฉ ูุนูุฉ ู ููุฑุฉ ูุตููุง ุงููู ุชุนุงูู ุนูู ูุณุงู ููุท ุนููู ุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู ุจูุตู ุฃุจูุบ ู ู ูุตู ุงูุฒูุง ูุงู ุงููู ุชุนุงูู ูู ุงูุฒูุง (ููุง ุชูุฑุจูุง ุงูุฒูุง ุฅูู ูุงู ูุงุญุดุฉ) ุฃู ูุงุญุดุฉ ู ู ุงูููุงุญุด ูููู ููุท ูุงู ูููู ู (ุฃุชุฃุชูู ุงููุงุญุดุฉ) ู(ุฃู) ูุฐุง ูุฏู ุนูู ุนุธู ู ุฏุฎูููุง ุฃู ู ุฏุฎูู (ุงู) ููู ุงููุงุญุดุฉ ููู ุงููุงุญุดุฉ ุงูููุฑุงุก ุงูุชู ูุง ููุฑูุง ุดุฑุน ููุง ุทุจุน ุณููู ูููุฐุง ูุงู ุงูููู ุงูุฑุงุฌุญ ุงูุฐู ุฑุฌุญู ุดูุฎ ุงูุฅุณูุงู ุงุจู ุชูู ูุฉ ูุบูุฑู ู ู ุงูู ุญูููู ุฃู ุฌุฑูู ุฉ ุงูููุงุท ุญุฏูุง ุงูุฅุนุฏุงู ุจูู ุญุงู ู ุงุฏุงู ุงููุงุนู ูุงูู ูุนูู ุจู ุจุงูุบุงً ุนุงููุงً ุบูุฑ ู ูุฑู ูุจูุงุกً ุนูู ูุฐู ุงููุชุงุฆุฌ ุงูุชู ูุฏ ูููู ุณุจุจูุง ุงูู ุซูุฑ ููุง ูู ุงููุธุฑ ุฑุฃู ุจุนุถ ุฃูู ุงูุนูู ู ุง ุฑุขู ุงููููู ุฑุญู ู ุงููู ูู ุชุญุฑูู ุงููุธุฑ ุฅูู ุงูุฃู ุฑุฏ ูุงูุดุงุจ ุงูุญุณู ุฎููุงً ู ู ุงููููุน ุจูุฐู ุงููุชูุฉ ุงูุนุธูู ุฉ ูููู ูุฐุง ุงูููู ู ุฑุฌูุญ ู ุง ูู ُ ูุชุญูู ุฃูู ูุณููุฉ ูุฅู ุชُุญِูู ุฃูู ูุณููุฉ ูุตุงุฑ ุงูุฅูุณุงู ุฅุฐุง ูุธุฑ ุชุญุฑูุช ุดููุชู ูุฅูู ุญููุฆุฐ ูุฌุจ ุงููู ุนู ุงููุธุฑ ูุบุถ ุงูุจุตุฑ ููุฏู ุนูู ุถุนู ูุฐุง ุงูููู ูุฃูู ููุณ ุนูู ุฅุทูุงูู ุฃูู ู ุงุฒุงู ูู ุงูุฑุฌุงู ู ูุฐ ุนูุฏ ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ู ู ูููู ุดุงุจุงً ุญุณูุงً ูู ุง ูู ุงููุถู ุจู ุนุจุงุณ ุฑุถู ุงููู ุนููู ุง ุฃูู ูุงู ุดุงุจุงً ุฌู ููุงً ูุณูู ุงً ูู ุน ุฐูู ูู ูุญุฑู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุงููุธุฑ ุฅููู ููุคูุฏู ุฃูุถุงً ุฃูู ูู ูุงู ุงููุธุฑ ุฅูู ุงูู ุฑุฏุงู ูุงูุดุจุงุจ ู ู ุงูุฐููุฑ ู ุญุฑู ูู ุง ูู ูู ุงูู ุฑุฃุฉ ููุงู ูุฌุจ ุนูู ูุคูุงุก ุฃู ูุญุชุฌุจูุง ูู ุง ูุฌุจ ุนูู ุงููุณุงุก ุฃู ูุญุชุฌุจู ููุง ูุงุฆู ู ู ุฃูู ุงูุนูู ุจุฐูู ุฃูู ูุฌุจ ุนูู ุงูู ุฑุฏุงู ุฃู ูุญุชุฌุจูุง ูุฃู ูุบุทูุง ูุฌูููู ูู ุงูุฃุณูุงู ูุนูุฏ ุบูุฑ ุงูู ุญุงุฑู ููุฐุง ุงูููู ุถุนูู ูุฏูููู ู ุง ุณู ุนุช ู ู ุฃู ูุฐุง ูู ูุฒู ู ูุฌูุฏุงً ูู ุงููุงุณ ู ูุฐ ุนูุฏ ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุฅูู ููู ูุง ูุฐุง ููู ูุฃู ุฑ ุงููุจู ุนููู ุงูุตูุงุฉ ูุงูุณูุงู ุจูู ุฃู ุจุบุถ ุงูุจุตุฑ ุนู ุงููุธุฑ ุฅูู ูุคูุงุก ูุฃูุถุงً ูู ูุงู ุงููุธุฑ ุฅูููู ู ุญุฑู ุงً ููุฌุจ ุนูููู ุฃู ูุญุชุฌุจูุง ูู ุง ูุญุชุฌุจ ุงููุณุงุก ูููู ุฅุฐุง ูุงู ุงูุฅูุณุงู ูุฎุดู ุนูู ููุณู ููุฐู ูุถูุฉ ุนูู ูููู ูู ูู ุจููุณู ูุง ุชูุธุฑ ุฅูู ุงูู ุฑุฏุงู ู ุงุฏู ุช ุชุฎุดู ุนูู ููุณู ุฃู ุชุชุญุฑู ุดููุชู ุจุงููุธุฑ ุฅูููู .
๐ป๐
http://www.ibnothaimeen.com/
๐Abu Zulfa
๐ฐWhatsApp Al-Ukhuwwah || Minhaj Ahlul Hadits
๐ฒ【••WALIS ⊙ WA Al-Istifadah••】
✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧
๐ป http://walis-net.blogspot.com/
0 komentar:
Posting Komentar