~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
1~ Berkata Ibnu Katsir _rahimahullah_ :
dia (al-hallaj) adalah al-Husain bin Manshur al-Hallaj, kakeknya adalah seorang Majusi yang berasal dari penduduk Faris, dia tumbuh besar yakni al-hallaj di daerah Wasith lalu ia masuk ke kota Bagdad dan berbolak-balik ke Mekah, dia banyak berteman dengan pemimpin-pemimpin sufi , seperti al-Junaidi dan Amr al-Makki.
Diriwayatkan lebih dari satu ulama atas kesepakatan mereka untuk membunuhnya, dan bahwasanya ia di bunuh karena kekafirannya. Dia adalah tukang sihir yang MUTALLAWWIN (BERUBAH-RUBAH PENDIRIAN), maka dia berada diatas madzhab semua golongan sekalipun golongan itu adalah ahlus sunnah,rafidhah, mu'tazilah,sufiyah atau orang-orang fasik dan selainnya. Dia senantiasa menyesatkan manusia dan... sampai-sampai dia mengaku-ngaku memiliki sifat Rububiyyah , maka diapun kemudian di penjara di Bagdad . Para Ulama ahli fiqih bersepakat untuk megkafirkannya dan menyatakan bahwa dia adalah seorang zindik, dan bahwasanya dia adalah tukang sihir lagi pendusta yang di bunuh di Bagdad setelah mendapat fatwa dari para Ulama untuk membunuhnya. ( al-bidayah wan nihayah ,11/138 )
١~ قال ابن كثير _رحمه الله_ في ترجمة الحلاج :
هو الحسين بن منصور الحلاج، كان جده مجوسيا من أهل فارس، نشأ أي الحلاج بواسط و دخل بغداد و تردد إلى مكة، و قد صحب سادات الصوفية كالجنيد و عمرو المكي.
و حكي عن غير واحد من العلماء إجماعا على قتله، و أنه قتل كافرا، و كان مشعوذا متلونا، فهو مع كل قوم على مذهبهم إن كانوا أهل سنة أو رافضة أو معتزلة أو صوفية أو فساقا و غيرهم، و ما زال يضل الناس و يسموه عليهم حتى ادعى الربوبية فسجن في بغداد بعد فتوى العلماء. (البداية و النهاية ، ١١/١٣٨).
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Berkata Imam adz-Dzahabi didalam kitab (al-Mizan ) :
al-Husain bin Manshur al-Hallaj yang di bunuh karena ia seorang zindiq, dia tidak pernah meriwayatkan (segala puji hanya milik Allah) sedikitpun dari ilmu, dia memiliki pemikiran al-bidayah , at-ta-alluh, dan tasawwuf, kemudian berpaling dari agama dan belajar ilmu sihir dan dia memperlihatkan kepada manusia keanehan-keanehan. Para Ulama telah menghalalkan darahnya.
٢~ وقال الإمام الذهبي في (( الميزان )) :
الحسين بن منصور الحلاج المقتول على زندقة ما روى ولله الحمد شيئا من العلم، وكان له بداية و تأله و تصوف، ثم انسلخ من الدين و تعلم السحر و أراهم المخاريق و أباح العلماء دمه. انتهى
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
🔪
berkata Imam asy-Syaukani _rahimahullah_ :
adapun al-Hallaj maka dia adalah pembuka pintu wihdatul wujud yang kemudian Ibnu Arabi menyibukkan umurnya dengannya (wihdatul wujud) dan orang-orang yang mengikuti pemikirannya. Dan telah lalu bait sya'ir (yang ditulis oleh Ibnu Arabi) yang didalamnya terdapat ucapan-ucapan kufur. ( ash-shawarim al-Haddad, hal 97-98 )
٣~ قال الإمام الشوكاني _رحمه الله_ :
أما الحلاج فهو الفاتح لباب الوحدة الذي شغل بها ابن عربي و أهل نحلته عمره، و تقدم القافلة في هذه المقالة الكفرية. (( الصوارم الحداد، ص ٩٧- ٩٨ ))
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
berkata asy-Syaikh Muqbil _rahimahullah_ :
dan diantara orang-orang sufi yang menjadi zindik serta dibunuh dengan sebab kezindikan adalah al-Husain bin Manshur al-Hallaj dan kemudian dia diikuti oleh Abul Abbas bin Atha, lalu al-Husain bin Manshur al-Hallaj dibunuh dan setelah beberapa lama kemudian diunuhlah Abul Abbas karena kezindikannya.
al-Husain bin Manshur mendengar ada seseorang membaca ayat al-qur'an lalu ia(al-Hallaj) berkata : kalau engkau mau akau akan berkata sama sepertinya (yakni ,perkataannya itu sama seperti ayat al-qur'an -pen). Demikianpula Ibnul Faridh dia juga seorang zindik dan dalam bait sya'ir at-taa'iyyahnya terdapat kekufuran yang sangat jelas. ( al-Mushara'ah, hal 377 )
٤~ قال الشيخ مقبل _رحمه الله_ :
و من الصوفية أيضا من أصبح زنديقا و قتل بسبب الزندقة، وهو الحسين بن منصور الحلاج و تبعه أبو العباس بن عطاء، فقتل الحسين بن منصور الحلاج ثم بعد زمن قتل أبو العباس على الزندقة.
و سمع الحسين بن منصور الحلاج رجلا يتلو آية فقال : لو شئت لقلت مثلها، و هكذا ابن الفارض فإنه أيضا تزندقة و في تائيته التي فيها الكفر الصراح. (( المصارعة ،ص٣٧٧ ))
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
🏮
berkata asy-Syaikh Muhammad bin Rabi' al-Madkhali _hafizhahullah_ :
Madzhab al-hulul adalah madzhab yang mengatakan bahwasanya Allah ta'aalaa bersatu dangan manusia -maha tinggi Allah dari yang demikian itu- , dan sebagian al-Ghulah dari kalangan orang-orang sufi menyatakan demikian seperti al-Husain bin Manshur al-Hallaj, dimana para Ulama telah memfatwakan atas kekafirannya dan memfatwakan agar membunuhnya. Dia dibunuh dan di salib pada tahun (309.H ), dan di nisbatkan sebuah sya'ir kepadanya :
siapakah aku apakah dia adalah aku
kita adalah ruh yang bersatu dalam badan kita
jika engkau melihatku engkau melihatnya
dan jika engkau melihatnya engkau melihat kami
maka al-Hallaj adalah Haluli, dia percaya kepada penyatuan hakikat ilahiyyah,sehingga dia menyangka bahwa Ilaah memilki dua tabi'at yaitu al-laahut dan an-Naasut, dan (menurutnya) al-Laahut telah menyatu dengan an-Naasut, maka ruh manusia (menurut al-Hallaj) adalah al-Laahut dan badannya adalah an-Naasut.
Hinalah dia bahwa dia dibunuh. Sebagian dari orang-orang sufi berlepas diri dari (kesesatannya), adapun sebagian mereka maka mereka telah mengeluarkannya dari golongan sufi, dan membenarkan keadaannya (yakni, keadaanya dibunuh karena kafir -pen), dan menganggap hina ucapannya. (haqiqatush shufiyyah , hal 16-17 )
و قال الشيخ محمد بن ربيع المدخلي _حفظه الله_ :
و مذهب الحلول و هم القائلون بأن الله يحل في الإنسان تعالى الله عن ذلك، و قد نادى بذلك بعض الغلاة من الصوفية كالحسين بن منصور الحلاج، الذي أفتى العلماء بكفره و قتله، و قد قتل و صلب سنة ( ٣٠٩ ه)، و قد نسب إليه قوله :
أنا من أهوى أنا نحن روحان حللنا بدنا
فإذا أبصرتني أبصرته وإذا أبصرته أبصرتنا
فالحلاج حلولي يؤمن بثنائية الحقيقة الإلهية، فيزعم أن الإله له طبيعتان هما اللاهوت و الناسوت، وقد حل اللاهوت في الناسوت، فروح الإنسان هي اللاهوت و بدنه ناسوته.
و رغم أنه قتل فقد تبرأ منه بعض الصوفية، و أما بعضهم فقد عدوه من الصوفية و صححوا له حاله، و دونوا كلامه. (( حقيقة الصوفية ، ص ١٦- ١٧ ))
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
..............................
📤Dikirim oleh:
Abu Zakariya al-Gorontali
📚 وآتسأب طلاب الفيوش
.........➰➰➰✒✏📙📘📓
Wa Thulab Al-Fuyus & SLN
0 komentar:
Posting Komentar