MAKNA KATA MANHAJ

Posted On // Leave a Comment

MAKNA KATA MANHAJ

Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd al 'Abbad al Badr hafizhahullah

Pertanyaan:
Kami mendengar ucapan Anda tentang kata manhaj dan bahwasannya kata ini sesuai penyandarannya. Apa pendapat Anda tentang ucapan orang yang berpendapat kata ini bid'ah (perkara baru dalam syariat), sehingga tidak boleh digunakan?

Jawaban:
Bagaimana bisa kata manhaj suatu yang bid'ah! sedangkan kata ini termasuk pembicaraan orang arab dan memiliki makna yang benar dalam bahasa arab. Namun kata manhaj sesuai penyandarannya karena manhaj setiap kaum adalah apa yang mereka letakkan dan terima untuk diri mereka.

Sehingga jika manhaj itu benar manhaj itu pun benar dan bila manhaj itu batil maka manhaj itu pun batil.

Oleh karenanya ada yang mengatakan: manhaj ahlussunnah waljamaah dalam masalah aqidah demikian dan demikian, manhaj mereka dalam masalah amal demikian dan demikiaan.Seperti thariqah mereka dalam masalah aqidah adalah mempercayai nash (teks) dan dalil serta tidak mempercayai akal karena akal menurut mereka mengikuti dalil sedangkan akal yang benar itu tidak menyelisihi dalil. Dengan demikian tidak dikatakan sesungguhnya kata manhaj itu bid'ah dan tidak boleh dipakai akan tetapi makna kata manhaj itu benar hanya saja manhaj itu sesuai penyandarannya. Karena setiap kelompok memiliki manhaj dan setiap jamaah memiliki manhaj dan thariqah. Inilah yang terjadi dan tidak berbahaya padanya.

📀Syarh Sunan Abi Dawud 328

http://bit.ly/Al-Ukhuwwah

معنى كلمة (منهج)
السؤال: سمعنا كلامكم في كلمة المنهج، وأنها بحسب ما تضاف إليه، فما رأيكم في قول من قال: هي محدثة لا يجوز استعمالها؟ الجواب: كيف تكون محدثة؟! فهي من كلام العرب، ولها معنىً صحيح في اللغة العربية، ولكنها بحسب الإضافة، فمنهج كل قوم هو ما وضعوه وارتضوه لأنفسهم، وإذا كان ذلك المنهج حقاً فهو حق، وإذا كان باطلاً فهو باطل، ولهذا يقال: منهج أهل السنة والجماعة في العقيدة كذا وكذا، ومنهجهم في العمل كذا وكذا، فالمنهج هو الطريقة، فطريقتهم في العقيدة أنهم يعولون على النصوص والنقول، ولا يعولون على العقول، إذ العقول عندهم تابعة للنقول، والعقل لا يخالف النقل، فلا يقال: إنها محدثة وإنها لا تستعمل، بل معناها صحيح، لكنها بحسب ما تضاف إليه؛ فكل فرقة لها منهج، وكل جماعة لها منهج وطريقة، وهذا هو الواقع، ولا محذور فيه.

0 komentar:

Posting Komentar