BOLEHKAH SHALAT RAWATIB QABLIYAH ZHUHUR SEBANYAK EMPAT RAKAAT DENGAN SATU TASYAHUD SEKALI SALAM ?
Asy Syaikh Sulaiman Ar Ruhaili hafizhahullah
J A W A B A N
Telah datang dalam sebuah hadits :
صلاة الليل والنهار مثنى مثنى
"Shalat malam dan siang itu dua rakaat dua rakaat"
Tambahan ini shahih berdasarkan yang nampak bagi kami -wallahu a'lam-.
Maka yang sunnah adalah shalat dua rakaat dengan satu tasyahud dan salam, kemudian shalat dua rakaat lagi dengan satu tasyahud dan salam.
Telah datang sebuah hadits yang dikuatkan oleh sebagian ulama bahwa beliau (Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam) shalat empat rakaat sekaligus tanpa duduk tasyahud setelah rakaat kedua, dan tanpa salam setelah rakaat kedua.
Maknanya -wahai ikhwah sekalian- di sini ada tiga cara :
1. Cara pertama : Shalat dua rakaat kemudian salam, kemudian shalat lagi dua rakaat lalu salam.
Dan barangsiapa shalat sebelum zhuhur empat rakaat dan setelah zhuhur empat rakaat maka Allah haramkan atasnya api neraka.
Empat rakaat di sini, cara pertama adalah dengan shalat dua rakaat, duduk dan tasyahud lalu salam, kemudian berdiri lagi shalat dua rakaat, duduk dan tasyahud lalu salam.
2. Cara kedua : Menjadikannya seperti shalat zhuhur. Shalat dua rakaat dan duduk tasyahud kemudian berdiri, tidak salam, shalat dua rakaat lagi lalu salam pada rakaat keempat. Ini dilarang. Kita dilarang menjadikan shalat sunnah seperti shalat wajib. Larangan ini terdapat juga pada shalat witir, tidak boleh menjadikan witir seperti shalat maghrib.
3. Cara ketiga : Shalat empat rakaat sekaligus dengan satu tasyahud setelah rakaat keempat lalu salam setelah tasyahud ini, ini ada haditsnya dan dikuatkan oleh sebagian ulama. Dan yang nampak bagiku -wallahu a'lam- bahwa itu boleh.
Dan yang afdhal adalah cara yang pertama.
Jadi kesimpulannya :
- Empat rakaat sekaligus dengan tasyahud di akhirnya lalu salam, hukumnya boleh.
- Empat rakaat dibagi dua rakaat dua rakaat, dengan salam pada setiap dua rakaat, ini yang afdhal.
- Melakukannya seperti shalat zhuhur, ini dilarang.
_______________
Pertanyaan ke-delapan dari Syarh Kitabit Tauhid, kaset ke.10, tgl 13 Dzulqa'dah 1437H
*****
🗃 Arsip WALIS »
🗳 Kritik dan saran » http://goo.gl/d0M01P
🕰 Faedah Lain » http://walis.salafymedia.com/
•┈┈┈┈•◈◉✹❒📚❒✹◉◈•┈┈┈┈•
#فتاوى_فقهية
#الصلاة
أحسن الله إليكم، هل يجوز صلاة راتبة الظهر القبلية (أربعة) بتشهد وسلام واحد ؟
✍《الجواب: ورد في الحديث: (صلاة الليل والنهار مثنى مثنى)، وهذه الزيادة صحيحة بما ظهر لنا -والله أعلم- فالسنة أن يُصلّي ركعتين بتشهد وتسليم ثم يصلي ركعتين بتشهد وتسليم.
ورد حديث قوّاه بعض أهل العلم في أنه يُصلّي الأربع سرداً بدون أن يجلس بعد الثانية، وبدون أن يُسلّم بعد الثانية.
بمعنى -يا إخوة- الصور ثلاث:
الصورة الأولى:
أن يُصلّيَ ركعتين، ثم يُسلّم، ثم يُصلّي ركعتين، ثم يُسلّم.
ومن صلّى قبل الظهر أربعاً وبعد الظهر أربعاً حرّمه الله على النار، فالأربع هنا، الصورة الأولى فيها: أن يُصلّي ركعتين ويجلس ويتشهّد ويُسلّم، ثم يقوم ويُصلّي ركعتين ويجلس ويتشهّد ويُسلّم.
الصورة الثانية:
أن يجعلها كالظهر، فيُصلّي ركعتين ويجلس للتشهد ثم يقوم ما يُسلّم، ثم يُصلي ركعتين ثم يُسلّم بعد الرابعة، وهذا منهي عنه، منهي أن نجعل النافلة كالفرض، وهذا جاء في الوتر أنه لا يُجعل الوتر كالمغرب.
والصورة الثالثة:
أن يُصلّي الأربعة سرداً بتشهّد واحد بعد الرابعة ويُسلّم بعد هذا التشهّد، وهذا ورد فيه حديث، وقوّاه بعض أهل العلم، والذي يظهر لي -والله أعلم- أنه جائز.
والأفضل الصورة الأولى.
إذن:
- سرد الأربع بتشهّد في آخرها وتسليم (جائز).
- تقسيم الأربع ركعتين ركعتين بتسليم بعد كل ركعتين (أفضل).
- وصلاتها كصلاة الظهر منهي عنه.》
الشريط رقم [٠۱] من شرح كتاب التوحيد
🖊السؤال الثامن
[13- 11- 1437 هـ]
════ ❁✿❁ ════
🖇رابط جوابِ الشّيخ سليمان بن سليم الله الرحيلي -وفقه الله- :
📥 [http://gulf-up.com/do.php?id=157859]
═══ ¤❁✿❁¤ ═══
📌قناة دروس الشيخ سليمان بن سليم الله الرحيلي -حفظه الله-
https://tlgrm.me/alrhailisolaiman
•••••••
📲 *Majmu'ah AL ISTIFADAH*
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
🔵 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
📲 مجموعة الاستفادة
🗓 Jum'at, 21 Dzulhijjah 1437H / 23 September 2016M
•┈┈┈┈•◈◉✹❒📚❒✹◉◈•┈┈┈┈•
0 komentar:
Posting Komentar