al-Imam al-Albani rahimahullah Mengkhawatirkan Penyimpangan Atas Diri Beliau Padahal Usia Beliau Telah Mencapai 84 Tahun

Posted On // Leave a Comment

💧 *Tahukah Anda Bahwasanya al-Imam al-Albani rahimahullah Mengkhawatirkan Penyimpangan Atas Diri Beliau Padahal Usia Beliau Telah Mencapai 84 Tahun?!!!* 💧
👉🏼 _Apa yang dikatakan oleh Asy-Syaikh al-'Allamah al-Albani rahimahullah tentang diri beliau setelah beliau mencapai usia 84 tahun?!_

📚 Di dalam Shahih Mawariduzh Zham'an (2086) hadits Abu Hurairah radliyallaahu 'anhu beliau berkata: Rasulullah ﷺ bersabda:

أعمار أمتي ما بين الستين إلى السبيعين ، وأقلهم من يجوز ذلك

(Umur umatku antara 60 sampai 70 tahun. Sedikit sekali yang lebih dari itu.¹)

✅ Berkata Ibnu Arafah:
Dan aku termasuk orang sedikit itu.
❎Lalu asy-Syaikh rahimahullah berkata mengomentari perkataan itu:
" Aku katakan: aku juga termasuk yang sedikit tersebut. Aku telah mencapai usia 84 tahun. Aku memohon pada al-Maula (Allah) Ta'ala agar aku termasuk golongan yang panjang umurnya dan baik amalannya². Bersamaan dengan itu, sungguh hampir-hampir aku mengharapkan kematian. Karena apa yang menimpa kaum muslimin berupa penyimpangan dari agama dan kehinaan yang menimpa mereka bahkan (yang berasal) dari orang-orang yang hina. Akan tetapi aku berlindung (kepada Allah) dari mengharap kematian. Sedangkan hadits Anas seperti yang ada di depanku {yakni hadits Abu Hurairah yang beliau bahas. Karena hadits itu juga diriwayatkan dari Anas} (telah kubaca) semenjak kuku-kukuku masih lunak (yakni sejak muda). Maka tidak ada bagiku (yang bisa kulakukan) kecuali aku hanya berdoa sebagaimana Nabiku ﷺ memerintahkanku:

اللهم أحيني ما كانت الحياة خيراً لي وتوفني إذا كانت الوفاة خيراً لي

(Ya Allah hidupkanlah aku apabila hidup itu lebih baik bagiku dan matikanlah aku apabila mati itu lebih baik untukku.)³

Aku juga berdoa dengan doa yang diajarkan beliau ﷺ:

اللهم متعنا بأسماعنا وأبصارنا وقوتنا ما أحييتنا ، وإجعلها الوارث منا

(Ya Allah, berilah kami nikmat dengan pendengaran, penglihatan, dan kekuatan kami. Dan jadikanlah itu semua sebagai pewaris kami.)⁴

❄ Sungguh Allah telah berbuat baik. Dia mengabulkan (doaku) dan memberi kenikmatan pada semua perkara itu. Inilah aku, terus menerus membahas, mentahqiq, dan menulis dengan semangat yang sedikit sekali yang bisa menandinginya. Aku juga masih melakukan shalat-shalat sunnah dengan berdiri, mengendarai mobil sendiri untuk jarak yang cukup jauh dengan mengebut sehingga sebagian orang yang mencintaiku menasehatiku agar aku lebih pelan. Dalam masalah ini aku mempunyai penjelasan yang diketahui oleh sebagian mereka.

👍🏻 Aku menyebut-nyebut semua perkara di atas dalam bab (mengamalkan Firman Allah):

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ [الضحى : 11]
"Adapun nikmat Rabb (Tuhan)mu, hendaklah engkau ceritakan" (adh-Dhuha:11)

💧Aku berharap dari sang Maula (Allah) Subhanahu wa Ta'ala agar menambah karunia-Nya padaku. Sehingga semua hal itu menjadi pewarisku. Dan agar Dia mematikanku sebagai seorang muslim di atas sunnah yang aku telah bernadzar (menyerahkan) hidupku untuknya(sunnah), baik itu (dalam bentuk) dakwah maupun tulisan. (Aku juga berharap) agar Dia mengumpulkan aku bersama para syuhada' dan orang-orang shalih. Merekalah sebaik-baik teman. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan.(Selesai)

💧Semoga Allah merahmati al-Imam al-'Allamah al-Muhaddits al-Faqih asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, mengangkat derajat beliau, dan mengumpulkan kita dengan beliau.

📚 (Dinukil dari) Kitab Shahih Mawariduzh Zham'an Ila Zawaid Ibni Hibban tulisan al-Imam al-'Allamah al-Muhaddits al-Faqih asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani 2/464

🍏 Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)

🔎 Muraja'ah: al-Ustadz Kharisman hafizhahullah

🇸🇦 Sumber: Channel Ittiba'us Sunnah

✒ Catatan Kaki:

1. H.R. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Majah dalam shahihnya, ats-Tsa'labi, al-Qudha'i, al-Hakim, dan al-Khatib. Syaikh al-Albani rahimahullah menyatakan bahwa hadits ini Hasan lidzatih shahih lighairih. Lihat ash-Shahihah no 757

2. H.R. Ahmad dan at-Tirmidzi dari Abdullah bin Busr. Dishahihkan al-Albani rahimahullah dalam Shahihul Jami' 3296

3. Muttafaqun 'alaihi dari Anas

4. H.R. At-Tirmidzi dan al-Hakim dari Ibnu Umar. Dihasankan al-Albani rahimahullah dalam Shahihul Jami' no 1268

=============================

🇸🇦 Arabic

اتباع السنة نجاة:
هل تعلم أن الإمام الألباني يخشى على نفسه الإنحراف وقد بلغ ٨٤ عاما ؟!!!..
ماذا قال الشيخ العلامة الألباني - رحمه الله تعالى - عن نفسه بعد أن تجاوز الرابعة والثمانين ؟!
في صحيح موارد الظمآن ( ٢٠٨٧ ) - حديث أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله ﷺ :
( أعمار أمتي ما بين الستين إلى السبيعين ، وأقلهم من يجوز ذلك ) .
قال إبن عرفة : وأنا من ذلك الأقل ، فعلق الشيخ - رحمه الله تعالى - قائلاً :
❞ قلت : وأنا أيضاً من ذلك الأقل ، فقد جاوزت الرابعة والثمانين ، سائلاً المولى سبحانه وتعالى أن أكون ممن طال عمره وحسن عمله ومع ذلك فإني أكاد أن أتمنى الموت ، لما أصاب المسلمين من الإنحراف عن الدين والذل الذي نزل بهم حتى من الأذلين ، ولكن حاشا أن أتمنى ، وحديث أنس ماثل أمامي منذ نعومة أظفاري ، فليس لي إلا أن أقول كما أمرني نبيي ﷺ ( اللهم أحيني ما كانت الحياة خيراً لي وتوفني إذا كانت الوفاة خيراً لي ) وداعياً بما علمنيه عليه الصلاة والسلام : ( اللهم متعنا بأسماعنا وأبصارنا وقوتنا ما أحييتنا ، وإجعلها الوارث منا ) ، وقد تفضل سبحانه فأستجاب ومتعني بكل ذلك ، فها أنا ذا لا أزال أبحث وأحقق وأكتب بنشاط قل مثيله ، وأصلي النوافل قائما ، وأسوق السيارة بنفسي المسافات الشاسعة ، وبسرعة ينصحني بعض الأحبة بتخفيفها ، ولي في ذلك تفصيل يعرفه بعضهم !!..
أقول ذلك من باب ( وأما بنعمة ربك فحدث ) ، راجياً من المولى سبحانه وتعالى أن يزيدني من فضله ، فيجعل ذلك كله الوارث مني ، وأن يتوفاني مسلماً على السنة التي نذرت لها حياتي دعوة وكتابة ، ويلحقني بالشهداء والصالحين ، وحسن أولئك رفيقا ، إنه سميع مجيب .
رحم الله الإمام العلامة المحدث الفقيه الشيخ محمد ناصر الدين الألباني ، وأعلى درجته وألحقنا به .
* كتاب صحيح موارد الظمآن إلى زوائد ابن حبان .
بقلم الإمام العلامة المحدث الفقيه الشيخ محمد ناصر الدين الألباني .
المجلد الثاني ، رقم الصفحة ٤٦٤
كتاب مواردالظمآن 2مجلد صحيح_ومجلد1 ضعيف
صحيح موارد وضعيف موارد
••••••••••

الكردي

0 komentar:

Posting Komentar