Seri Pelajaran Tafsir Mudah: Tafsir al-Muyassar (bag ke-1)

Posted On // Leave a Comment

📝💐Seri Pelajaran Tafsir Mudah: Tafsir al-Muyassar (bag ke-1)

📔Surat al-Fatihah

سورة الفاتحة سميت هذه السورة بالفاتحة; لأنه يفتتح بها القرآن العظيم، وتسمى المثاني; لأنها تقرأ في كل ركعة، ولها أسماء أخر.

Surat al-Fatihah. Dinamakan surat ini dengan al-Fatihah (pembuka) karena alQuran yang agung dibuka dengannya. Disebut juga al-Matsaaniy, karena ia dibaca pada setiap rokaat (dalam sholat). Surat ini juga memiliki nama-nama yang lain.

بسم الله الرحمن الرحيم

أبتدئ قراءة القرآن باسم الله مستعينا به، (اللهِ) علم على الرب -تبارك وتعالى- المعبود بحق دون سواه، وهو أخص أسماء الله تعالى، ولا يسمى به غيره سبحانه.

Aku memulai membaca al-Quran dengan Nama Allah (sebagai bentuk) meminta pertolongan kepada-Nya. (Lafadz) "Allah" adalah tanda (penamaan) terhadap Robb - Yang Maha Banyak Keberkahannya lagi Maha Tinggi -  (satu-satunya) yang disembah secara benar, tidak ada yang lain. Nama tersebut adalah Nama Allah yang paling khusus. Tidak ada pihak lain yang (boleh) diberi nama dengan nama itu. Maha Suci Dia.

(الرَّحْمَنِ) ذي الرحمة العامة الذي وسعت رحمته جميع الخلق، (الرَّحِيمِ) بالمؤمنين، وهما اسمان من أسمائه تعالى، يتضمنان إثبات صفة الرحمة لله تعالى كما يليق بجلاله.

arRahmaan adalah Yang Memiliki Rahmat (kasih sayang) yang (bersifat) umum, yang meliputi seluruh makhluk. ArRahiim (kasih sayang) kepada orang-orang beriman. Keduanya adalah Nama Allah Ta'ala, yang mengandung penetapan Sifat Kasih Sayang bagi Allah yang sesuai dengan Kemuliaan-Nya.

Penerjemah: Abu Utsman Kharisman

💡💡📝📝💡💡

WA al-I'tishom

0 komentar:

Posting Komentar