"TIDAKLAH BERUNTUNG SUATU KAUM YANG TIDAK MENGENAL ALLAH MELAINKAN PADA BULAN RAMADHAN", APAKAH INI HADITS ?"

Posted On // Leave a Comment

ADA SEBUAH UCAPAN; "TIDAKLAH BERUNTUNG SUATU KAUM YANG TIDAK MENGENAL ALLAH MELAINKAN PADA BULAN RAMADHAN", APAKAH INI HADITS ?"

J A W A B A N
Oleh Asy Syaikh Al 'Allamah 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baz rahimahullah

"Ini dari ucapan sebagian salaf. Sebagian salaf ditanya tentang suatu kaum yang beribadah dan bersungguh-sungguh di bulan Ramadhan, apabila telah keluar dari Ramadhan maka mereka meninggalkan (kesungguh-sungguhan) itu. Maka sebagian salaf itu mengatakan : "Sejelek-jelek kaum adalah yang tidak mengenal Allah melainkan pada bulan Ramadhan".

Dan ucapan ini adalah benar, apabila mereka menyia-nyiakan kewajiban-kewajiban. Adapun jika tidak demikian melainkan hanya meninggalkan sebagian kesungguh-sungguhan maka ucapan ini tidak benar.

Namun yang dimaksud dalam ucapan ini adalah mereka yang meninggalkan kewajiban-kewajiban, yaitu dia shalat di bulan Ramadhan dan meninggalkan shalat di selain Ramadhan, ini sebagai misal, maka ini sejelek-jelek kaum, karena dengan ini mereka telah kafir, meninggalkan shalat adalah kekufuran, kami memohon perlindungan kepada Allah.

Adapun jika meninggalkan sebagian amalan sunnah pada selain bulan Ramadhan maka ini tidak memudharatkannya.

Karena sebagian manusia pada bulan Ramadhan bersungguh-sungguh mengerjakan berbagai macam amalan sunnah, sedekah-sedekah dan semisalnya. Apabila ia tidak bersungguh-sungguh lagi padanya setelah keluarnya Ramadhan dalam amalan-amalan sunnah maka ia tidaklah dikatakan sebagai "sejelek-jelek kaum"

________________
Link Fatwa || http://www.binbaz.org.sa/noor/10454

*****
🗃 Arsip WALIS »
🗳 Kritik dan saran » http://goo.gl/d0M01P
🕰 Faedah Lain » http://walis.salafymedia.com/

-------------------------
🔖 _عـبـارة : لا يفلـح قـوم لا يعرفـون الله إلا في رمـضـان_ .

▪سُئل الشَّـيخ العلّامـة بنُ بـازٍ-رَحِمهُ الله-:

❪📜❫ السُّــــ☟ـــؤَالُ:
• هناك قول يقول: (لا يفلح قوم لا يعرفون الله إلا في رمضان)، هل هذا حديث؟

❪📜❫ الجَـــ☟ـــوَابُ:
”هذا من قول بعض السلف، سئل بعض السلف عن قوم يتعبدون، ويجتهدون في رمضان، فإذا خرج رمضان تركوا فقال: بئس القوم لا يعرفون الله إلا في رمضان. وهذا صحيح إذا كانوا يضيعون الفرائض، أما إذا كان، لا، إنما يتركون بعض الاجتهاد، فالقول هذا مو صحيح، لكن مراده الذين يتركون الفرائض، يعني يصلي في رمضان، ويترك الصلاة فيما سوا رمضان، مثلاً فهذا بئس القوم؛ لأنهم كفروا بهذا، ترك الصلاة كفر، نسأل الله العافية، أما لو ترك بعض المستحبات في غير رمضان هذا لا يضر؛ لأن الناس في رمضان يجتهدون بأنواع العبادة المستحبة، والصدقات ونحو ذلك، فإذا تساهل في ذلك بعد خروج رمضان في المستحبات ما يقال فيه بئس القوم“.
ــــ
📝المصــدَرُ :
[ http://cutt.us/xxvS ]

•••••••
🖲 Majmu'ah AL ISTIFADAH
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
🛰 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
📲 مجموعة الاستفادة
📆 Sabtu, 04 Syawwal 1437 H // 09 Juli  2016 M

☄☄☄☄☄☄☄☄☄

0 komentar:

Posting Komentar