SUNNAH SALAF MANDI PADA SEPULUH MALAM TERAKHIR RAMADHAN

Posted On // Leave a Comment

SUNNAH SALAF MANDI PADA SEPULUH MALAM TERAKHIR RAMADHAN

Asy Syaikh 'Abdullah bin Shalfiq Azh Zhafiri hafizhahullah

"Telah datang riwayat dari Salaf bahwa mereka mandi dan berhias pada setiap malam dari sepuluh malam terakhir (Ramadhan).

Berkata Ibnu Jarir : "Mereka senang untuk mandi -yakni Salaf- pada setiap malam dari sepuluh malam terakhir, dan di antara mereka ada yang mandi dan memakai wewangian pada malam-malam yang diharapkan sebagai Lailatul Qadr".

Diriwayatkan dari Anas bahwa beliau jika telah tiba malam ke dua puluh empat beliau mandi dan memakai wewangian, lalu mengenakan pakaian, kain sarung dan selendang, jika sudah pagi beliau melipatnya dan tidak memakai yang semisalnya di hari-hari mendatang.

Berkata Hammad bin Salamah : "Dahulu, Tsabit dan Humaid mereka berdua mengenakan pakaian yang paling bagus, dan memakai wewangian, dan mewangikan masjid dengan Nudhuh dan Dukhnah (sejenis parfum asap) pada malam yang diharapkan sebagai Lailatul Qadr".

Berkata Ibnu Rajab : "Maka disunnahkan pada malam-malam yang diharapkan sebagai Lailatul Qadr untuk membersihkan diri, memakai wewangian, berhias dengan mandi, parfum dan pakaian yang bagus, sebagaimana hal itu disyariatkan pada hari-hari Jum'at dan hari raya. Demikian pula disyariatkan untuk berhias dengan pakaian pada keseluruhan shalat, sebagaimana Allah Ta'ala berfirman :

يٰبَنِيْۤ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ
"Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid" [QS. Al-A'raf: Ayat 31]

Berkata Ibnu 'Umar : "Dan Allah lebih berhak untuk seseorang berhias karenanya"

Berkata Ibnu Rajab : "Dan itu adalah peringatan yang sangat sangat sangat penting sekali, penjelasannya akan datang. Maksudnya, bahwa seorang muslim seperti halnya ia berwangi-wangi dan berhias dengan pakaian secara lahiriyah, maka wajib atasnya untuk mengharumkan dan menghias batinnya, memperbaiki hatinya dan bertaubat dari dosa-dosa, serta menjauhkan hatinya dari penyakit-penyakitnya".

________________
Sumber || http://miraath.net/articles.php?cat=11&id=407

*****
🗃 Arsip WALIS »
🗳 Kritik dan saran » http://goo.gl/d0M01P
🕰 Faedah Lain » http://walis.salafymedia.com/

---------------------------
📌 اسْتِحْبَابُ اغْتِسَالُ السَّلَفْ فِي لَيَالِي العَشْرِ الأَوَاخِرِ

✍ قَـالَ الشَّـيْخ عَـبْدُ الله الظّفِـيرِي -حَـفِظَهُ الله- :

❍ أنه ورد عن السلف أنهم كانوا يغتسلون كل ليلة، ويتزينون كل ليلة من ليالي العشر الأواخر، قال ابن جرير:"كانوا يستحبون أن يغتسلوا  -أي السلف- كل ليلة من ليالي العشر الأواخر، ومنهم من كان يغتسل ويتطيب في الليالي التي تكون أرجى لليلة القدر، و روي عن أنس: "أنه إذا كان ليلةُ أربع وعشرين اغتسل وتطيَّب، ولبس حُلَّةً وإزارًا ورداءً، فإذا أصبح طواهما فلم يلبسهما إلى مثلها من قابل". 

◉ وقال حمَّادُ بن سلمةَ: "كان ثابتٌ وحميدٌ يلبسان أحسن ثيابَهما أو ثيابِهما، ويتطيبان، ويُطيبان المسجد بالنضوح والدُّخنة -نوع من أنواع الطيب-، في اللِّيلة التي تُرجى فيها ليلة القدر".

● قال ابن رجب : "فيُستحبُّ في الليالي التي تُرجى فيها ليلةُ القدر التنظُّفُ، والتطيُّبُ، والتزيُّن بالغُسل والطيب، واللباس الحسن، كما شُرع ذلك في الجُمع والأعياد، وكذلك يُشرعُ أخذُ الزينة بالثياب، في سائر الصلوات، كما قال -تعالى-:  ﴿يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ﴾[الأعراف: 31]

❒ وقال ابن عمر: "الله أحق أن يتزين له".

☜ قال ابن رجب: وهو تنبيه مهم جدًا جدًا جدًا والمراد ببيانه وسيأتي؛ أن المراد أن المسلم كما أنه يتطيب ويتزين باللباس الظاهر فعليه أن يتطيب ويُزين الباطن، ويُصلح قلبه ويتوب من الذنوب، ويُبعد عن قلبه الأمراض.

📌 الــمَصْــدَر مِــنْ هُنــ↶ـا :

[http://miraath.net/articles.php?cat=11&id=407]
http://cutt.us/WRFgL

•••••••
🖲 Majmu'ah AL ISTIFADAH
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
🛰 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
📲 مجموعة الاستفادة
📆 Senin, 22 Ramadhan 1437 H // 27 Juni  2016 M

☄☄☄☄☄☄☄☄☄

0 komentar:

Posting Komentar