Selasa, 07 Juni 2016

SMS HADITS DI HP

SMS HADITS DI HP

Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah

Pertanyaan:
Di masa kita sekarang ini khususnya SMS sebagian hadits datang kepada kami dan disebutkan di akhirnya sebarkan itu dan Anda mendapat pahala sepertinya atau lebih banyak. Maka apa pendapat Anda tentang pengiriman sebagian hadits yang tidak kami ketahui keshahihannya?

Jawaban:
Tidak boleh bagimu menyebarkannya. Hadits-hadits dikembalikan kepada tempat rujukannya dan ditanyakan kepada ulama tentang keshahihannya. Jangan Anda mengambilnya dari HP atau dari orang-orang yang menyuruh Anda untuk menyebarkannya dan menjanjikan Anda dengan pahala. Mereka ini tidak diketahui tentang tujuan mereka dan bisa jadi mereka memiliki makar dan kedustaan sehingga dikhawatirkan kejelekan mereka.

Maka jauhilah yang demikian itu dan jangan beramal dengan hal-hal yang disebarkan dalam HP serta jangan mematuhi perintah mereka atau takut dengan janji dan ancaman mereka.

http://www.alfawzan.af.org.sa/node/16192

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwah

إرسال الاحاديث عن طريق الجوالات.

السؤال:
في وقِتنا الحاضِر وخُصوصًا رسائل الجوال تأتينا بعضُ الأحاديثِ ويُذْكَر في آخرها: "اُنشُر ذلك ولك الأجر بمِثْلِهِ أو أكثر"، فما رأيُكم في إرسالِ بعض الأحاديثِ ولا ندري عن صِحَّتِها؟
الجواب: لا يجوزُ لكَ نَشْر هذا، الأحاديث يُرْجَع فيها إلى مَظَانِّها ويُسأل أهل العِلْمِ عنها، ولا تأخُذها مِنَ الجَوّالات أو مِنَ الّذين يأمرونك بنَشْرِها ويَعِدُونكَ بالأجرِ، هؤلاء لا يُدْرَى عن مقاصِدِهم، ورُبَّما يكون عندهم دَسٌّ وكَذِبٌ فيُخْشَى مِنْ شَرِّهم.

تَجَنَّب ذلك، ولا تعمل بهذه المنشورات في الجوالات، ولا تمتَثِل أمرهم أو تخاف مِنَ وَعْدِهم أو وعيدِهم.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar