HUKUM MEMPERPANJANG KHUTBAH JUMAT

Posted On // Leave a Comment

HUKUM MEMPERPANJANG KHUTBAH JUMAT

🔉Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah

Pertanyaan:
Apa hukum syar'i menurut pandangan Anda dan dalilnya tentang memperpanjang khutbah pada hari jumat lebih dari tiga puluh lima menit?

Jawaban:
Ini menyelisihi sunnah, karena yang sunnah adalah  Anda menjadikan khutbah itu ringkas dan terfokus, lafadh-lafadhnya sedikit dan luas maknanya, serta berfaidah sebagaimana sabda Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam, 

"Sesungguhnya panjangnya shalat seseorang"

Yang dituntut adalah memanjangkan shalat dan bukan memanjangkan khutbah

إِنَّ طُولَ صَلَاةِ الرَّجُلِ وَقِصَرَ خُطْبَتِهِ مَئِنَّةٌ مِنْ فِقْهِهِ فَأَطِيلُوا الصَّلَاةَ وَاقْصُرُوا الْخُطْبَةَ وَإِنَّ مِنْ الْبَيَانِ سِحْرًا

“Sesungguhnya penjang shalat seseorang dan khutbahnya yang pendek menjadi tanda dari kedalaman pemahaman agamanya. Maka panjangkanlah shalat dan pendekkanlah khutbah. Sesungguhnya sebagian dari kata-kata itu ada yang bisa menjadi sihir.” (HR. Muslim no. 866, Ahmad 4/263, al-Darimi no. 1556, dan lainnya dari Amar bin Yasir).

Inilah yang sunnah. Adapun sebaliknya orang yang memanjangkan khutbah dan berkomentar ucapan yang tidak berfaidah, memendekkan dan menyingkat shalat, maka yang demikian ini menyelisihi sunnah yang Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memerintahkannya.

📀Fatawa 'Ala al-Hawa'

http://www.alfawzan.af.org.sa/node/16198

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwah

السؤال: ما الحكم الشرعي في نظركم والأدلة في ذلك في إطالة الخطبة يوم الجمعة أكثر من خمسة وثلاثين دقيقة ؟
الجواب: هذا خلاف السنة، السنة أن تكون الخطبة مُختصرة ومُركزة ألفاظها قليلة وجزلة ومفيدة وكما قال النَّبِيِّ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- : " إِنَّ طُولَ صَلَاةَ الرَّجُل " المطلوب إطالة الصلاة لا إطالة الخطبة " إِنَّ طُولَ صَلَاةَ الرَّجُل وَقِصَرَ خِطْبَتِهِ مَئِنَةٌ مِنْ فِقْهِهِ عَلَامَةٌ عَلَى فِقْهِهِ، فَأَطِلُوا الصَّلَاةَ وَاقْصُرُوا الْخُطْبَة " هذه السُنة أما العكس الذين يُطيلونَ الخُطبة ويحشونها بالكلام غير المُفيد ويقصرون الصلاة ويختصرونها هذا خِلاف السُنة التي أمر النَّبِيِّ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- بها .

0 komentar:

Posting Komentar