MENJADI SUTRAH UNTUK YANG MASBUQ DI SHAF BELAKANGNYA

Posted On // Leave a Comment

MENJADI SUTRAH UNTUK YANG MASBUQ DI SHAF BELAKANGNYA

🔵 Asy Syaikh Salim bin 'Abdillah Bamuhriz hafizhahullah

P E R T A N Y A A N
"Wahai Syaikh, sebagian orang yang shalat di masjid sebagai masbuq, setelah selesai shalat ia berdiri untuk menyempurnakan shalatnya lalu ia menjadikan orang yang di depannya sebagai sutrah baginya, apakah wajib bagi orang yang dijadikan sebagai sutrah oleh masbuq ini untuk tetap duduk sampai orang yang masbuq itu menyelesaikan shalatnya ?, berilah kami faedah barakallahu fiikum.."

J A W A B A N
"Ini masuk dalam kategori menolong pada perkara ketaatan. Jika engkau merasa bahwa ada orang yang shalat di belakangmu dan menjadikanmu sebagai sutrah, maka dalam rangka menolongnya pada perkara kebaikan hendaknya engkau menunggunya. Secara syariat memang tidaklah harus, tidak harus, tidak ada dalil yang mewajibkanmu di mana seandainya engkau berdiri berarti engkau telah berbuat maksiat atau berdosa, kami katakan; engkau tidaklah berdosa, namun itu hanya dalam rangka menolong, Allah berfirman :

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰى

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa" [QS. Al-Ma'idah: Ayat 2]

Apabila engkau merasa bahwa saudaramu meminta tolong kepadamu dengan menjadikanmu sebagai sutrah, dia masbuq sementara engkau ada di depannya, maka mohonlah pertolongan kepada Allah dan tolonglah dia pada perkara itu -semoga Allah memberimu taufik- dan bagimu ganjaran dan pahala".

__________
Link audio || http://c.top4top.net/m_107z5cw2.mp3

*****
🗃 Arsip WALIS »
🗳 Kritik dan saran » http://goo.gl/d0M01P
🕰 Faedah Lain » http://walis.salafymedia.com/

---------------
السؤال الثاني :
يا شيخ بعض المصلين في المسجد يكون مسبوقا وبعد إنتهاء الصلاة يقوم ليكمل صلاته ويتخذ من الشخص الذي أمامه سترة له، فهل يجب على على هذا الرجل الذي اتخذه المسبوق سترة أن يجلس حتى ينهي المسبوق صلاته ؟ أفيدونا بارك الله فيكم.

الجواب الثاني :
هذا من باب الإعانة على الطاعة، فإذا شعرت أن رجلا يصلي وراءك واتخذك سترة، فمن باب التعاون على البر أنك تنتظر، ولا يلزمك شرعا، ما يلزمك، ما هناك إلزام عليك بحيث أنك لو قمت تقول أنك عاصٍ أو عليك إثم! نقول ما عليك إثم، لكن من باب الإعانة ، الله ـ تعالى ـ يقول : (وتعاونوا على البر والتقوى) فإن أحسست أن أخاك يستعين بك، ويجعلك سترة، ومسبوق وأنت أمامه فاستعن بالله تعالى وأعنه على ذلك، وفقك الله ، ولك الأجر واثواب ، نعم.

http://c.top4top.net/m_107z5cw2.mp3

•••••••
🖲 Majmu'ah AL ISTIFADAH
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
🛰 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
📲 مجموعة الاستفادة
📆 Senin, 09 Sya'ban 1437 H // 16 Mei 2016 M

☄☄☄☄☄☄☄☄☄

0 komentar:

Posting Komentar