KEKEKALAN AKHIRAT
Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah
Pertanyaan:
Mohon penjelasan firman Allah ta'ala:
فَأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّارِ لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ (106) خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ (107) وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ (108) [هود: 106 – 108[
Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih), mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki. Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam syurga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya (QS Hud : 106-108). Apakah yang dimaksud dari firman Allah ini bahwa orang yang telah masuk surga akan keluar darinya bila Allah berkehendak? Apakah dua ayat ini dihapus dengan ayat al-Qur'an yang lainnya karena keduanya disebutkan dalam surat Makiyyah?
Jawaban:
Dua ayat ini tidak di-mansukh (dihapus) bahkan ayat yang muhkam (jelas). Dan firman Allah ta'ala:
ُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ,
"Kecuali jika Tuhanmu menghendaki yang lain
Para ulama berbeda pendapat tentang maknanya, namun mereka bersepakat bahwa kenikmatan surga itu abadi selamanya, tidak terlepas, tidak hilang, dan penghuninya tidak keluar darinya, sehingga Allah berfirman:
إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ * ادْخُلُوهَا بِسَلامٍ آمِنِينَ
"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam syurga (taman-taman) dan di (dekat) mata air-mata air (yang mengalir). Dikatakan kepada mereka: "Masuklah ke dalamnya dengan sejahtera lagi aman." [Al-Hijr: 45-46]
Maksudnya aman dari kematian, aman keluar dari syurga, dan aman dari penyakit. Allah berfirman setelahnya:
وَنَزَعْنَا مَا فِي صُدُورِهِمْ مِنْ غِلٍّ إِخْوَانًا عَلَى سُرُرٍ مُتَقَابِلِينَ * لا يَمَسُّهُمْ فِيهَا نَصَبٌ وَمَا هُمْ مِنْهَا بِمُخْرَجِينَ
"Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka sekali-kali tidak akan dikeluarkan daripadanya. [Al-Hijr: 48]
Sehingga para penghuni syurga berada selamanya di dalamnya, tidak keluar darinya, dan tidak pula mati. Allah ta'ala berfirman
إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ * فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ * يَلْبَسُونَ مِنْ سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُتَقَابِلِينَ * كَذَلِكَ وَزَوَّجْنَاهُمْ بِحُورٍ عِينٍ * يَدْعُونَ فِيهَا بِكُلِّ فَاكِهَةٍ آمِنِينَ * لا يَذُوقُونَ فِيهَا الْمَوْتَ إِلا الْمَوْتَةَ الْأُولَى وَوَقَاهُمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ * فَضْلًا مِنْ رَبِّكَ ذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman. Yaitu di dalam taman-taman dan mata air-mata air. Mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, duduk berhadap-hadapan. Demikianlah, dan kami berikan kepada mereka bidadari. Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman dari segala kekhawatiran. Mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka. Sebagai karunia dari Tuhanmu. Yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar. [Ad-Dukhan: 51-57]
Allah pun mengabarkan bahwa penduduk surga di tempat tinggal yang aman, terbebas dari kehancuran dan kemusnahan, mereka juga dalam kondisi aman, tidak terjadi kematian atas mereka, tidak tertimpa sakit, tidak keluar darinya dan tidak mati selamanya.
Dan firmannya إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ, sebagian ulama berkata maksudnya selama tempat mereka di kubur, maka mereka tidak berada di syurga. Dan bila dia seorang mukmin maka dia berada di salah satu taman syurga, namun taman itu bukan syurga tetapi sesuatu yang berasal darinya. Sesungguhnya pintu syurga akan dibuka untuk seorang mukmin sedangkan dia di kuburnya, dan akan tercium aroma, wangi, dan kenikmatannya. Lalu setelah itu dia berpindah ke syurga yang ada di atas langit yang lebih tinggi dari sesuatu. Dan sebagian ulama berpendapat: إِلا مَا شَاءَ رَبك maksudnya selama tinggalnyanya mereka di tempat pemberhentian hari kiamat untuk dihisab dan dibalas. Hal itu terjadi setelah keluarnya mereka dari kubur. Lalu setelah itu mereka berpindah ke syurga. Sebagian ulama lain berpendapat, terkumpul dua perkara yakni selama tinggalnya mereka di kubur dan selama tinggalnya mereka di tempat pemberhentian dan lewatnya mereka di sirafh (jembatan di atas neraka jahanam).
..di setiap tempat ini meteka tidak di syurga namun mereka berpindah dari tempat itu ke syurga. Dan dari penjelasan ini diketahui bahwa tempat tinggal itu adalah tempat yang jelas tiadak ada kesamaran dan keraguan padanya. Sehingga penduduk syurga berada di syurga selama-lamanya, tiada kematian, tiada penyakit, tiada keluar, tiada kesusahan, tiada kesedihan,tiada haidh, dan tiada nifas bahkan yang ada kenikmatan dan kebaikan yang kekal.
Demikian pula penduduk neraka mereka kekal di dalamnya selama-lamanya dan tidak keluar darinya, sebagaimana firman Allah ta'ala:
لا يُقْضَى عَلَيْهِمْ فَيَمُوتُوا وَلا يُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِنْ عَذَابِهَا كَذَلِكَ نَجْزِي كُلَّ كَفُورٍ
"Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak pula diringankan dari mereka azabnya. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat kafir. [Al-Fathir:36].
Dan ayat-ayat yang memiliki makna yang semisal ini banyak jumlahnya. Adapun firman Allah ta'ala tentang nasib mereka إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ , maka ada ulama yang berpendapat: sesungguhnya yang dimaksud dengan firman Allah itu adalah tempat tinggal mereka di kubur. Ulama lain berpendapat tempat mereka di mauqif (tempat pemberhentian) dan setelah itu mereka digiring ke nereka dan di dalamnya mereka kekal selama-lamanya. Sebagaimana firman Allah ta'ala tentang nasib mereka di surat al-Baqarah: 167
كَذَلِكَ يُرِيهِمُ اللَّهُ أَعْمَالَهُمْ حَسَرَاتٍ عَلَيْهِمْ وَمَا هُمْ بِخَارِجِينَ مِنَ النَّارِ
"Demikianlah Allah memperlihatkan kepada mereka amal perbuatannya menjadi sesalan bagi mereka, dan sekali-kali mereka tidak akan keluar dari api neraka. [Al-Baqarah: 167]
يُرِيدُونَ أَنْ يَخْرُجُوا مِنَ النَّارِ وَمَا هُمْ بِخَارِجِينَ مِنْهَا وَلَهُمْ عَذَابٌ مُقِيمٌ
"Mereka ingin keluar dari neraka, padahal mereka sekali-kali tidak dapat keluar daripadanya, dan mereka beroleh azab yang kekal." [Al-Maidah:37].
Dan Allah lah yang memberi taufiq.
http://www.binbaz.org.sa/fatawa/1825
http://bit.ly/Al-Ukhuwwah
تفسير قوله تعالى: خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ
أرجو شرح قوله تعالى: فأَمَّا الَّذِينَ شَقُوا فَفِي النَّار لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَشَهِيقٌ * خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ إِنَّ رَبَّكَ فَعَّالٌ لِمَا يُرِيدُ * وَأَمَّا الَّذِينَ سُـعِدُوا فَفِي الْجَنَّـةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا دَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ عَطَاءً غَيْـرَ مَجْـذُوذٍ[1]، هل يفهم من هذا أن من دخل الجنـة يخـرج منها إذا شـاء الله؟ وهل نسخت هاتان الآيتـان بشيء من القـرآن إذ أنهما وردتا في سورة مكيـة؟
الآيتان ليستا منسوختين بل محكمتان، وقوله عز وجل: إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ اختلف أهل العلم في معنى ذلك مع إجماعهم على أن نعيم الجنة دائم أبدا لا ينقضي ولا يزول ولا يخرجون منها، ولهذا قال تعالى: عَطَاءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ لإزالة بعض ما قد يتوهم بعض الناس أن هناك خروجا، فهم خالدون فيها أبدا، ولهذا قال سبحانه: إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ * ادْخُلُوهَا بِسَلامٍ آمِنِينَ[2]، يعني آمنين من الموت وآمنين من الخروج، وآمنين من الأمراض، ولهذا قال عز وجل بعد ذلك: وَنَزَعْنَا مَا فِي صُدُورِهِمْ مِنْ غِلٍّ إِخْوَانًا عَلَى سُرُرٍ مُتَقَابِلِينَ * لا يَمَسُّهُمْ فِيهَا نَصَبٌ وَمَا هُمْ مِنْهَا بِمُخْرَجِينَ[3] فهم فيها دائمون ولا يخرجون ولا يموتون وقال تعالى: إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ * فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ * يَلْبَسُونَ مِنْ سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُتَقَابِلِينَ * كَذَلِكَ وَزَوَّجْنَاهُمْ بِحُورٍ عِينٍ * يَدْعُونَ فِيهَا بِكُلِّ فَاكِهَةٍ آمِنِينَ * لا يَذُوقُونَ فِيهَا الْمَوْتَ إِلا الْمَوْتَةَ الْأُولَى وَوَقَاهُمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ * فَضْلًا مِنْ رَبِّكَ ذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ[4] فأخبر سبحانه أن أهل الجنة في مقام أمين لا يعتريه خراب ولا زوال وأنهم آمنون أيضا لا خطر عليهم من موت ولا مرض ولا خروج ولا يموتون أبداً.
فقوله: إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ قال بعض أهل العلم: معناه: مدة مقامهم في القبور ليسوا في الجنة وإن كان المؤمن في روضة من رياض الجنة لكنها ليست هي الجنة ولكنه شيء منها، فإنه يفتح للمؤمن وهو في قبره باب إلى الجنة يأتيه من ريحها وطيبها ونعيمها وينقل بعد ذلك إلى الجنة فوق السماوات في أعلى شيء.
وقال بعضهم: إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ يعني مدة إقامتهم في موقف القيامة للحساب والجزاء، وذلك بعد خروجهم من القبور، فإنهم بعد ذلك ينقلون إلى الجنة، وقال بعضهم: مجموع الأمرين مدة بقائهم في القبور ومدة بقائهم في الموقف ومرورهم على الصراط... في كل هذه الأماكن ليسوا في الجنة لكنهم ينقلون منها إلى الجنة.
ومن هذا يعلم أن المقام مقام واضح ليس فيه شبهة ولا شك فأهل الجنة في الجنة أبد الآباد ولا موت ولا مرض ولا خروج ولا كدر ولا حزن ولا حيض ولا نفاس، بل في نعيم دائم وخير دائم. وهكذا أهل النار يخلدون فيها أبد الآباد ولا يخرجون منها كما قال عز وجل في حقهم: لا يُقْضَى عَلَيْهِمْ فَيَمُوتُوا وَلا يُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِنْ عَذَابِهَا كَذَلِكَ نَجْزِي كُلَّ كَفُورٍ[5] والآيات في هذا المعنى كثيرة. أما قوله عز وجل في حقهم: إِلا مَا شَاءَ رَبُّكَ فقيل: إن المراد بذلك مقامهم في القبور، وقيل مقامهم في الموقف، وهم بعد ذلك يساقون إلى النار ويخلدون فيها أبد الآباد، كما قال تعالى في حقهم في سورة البقرة: كَذَلِكَ يُرِيهِمُ اللَّهُ أَعْمَالَهُمْ حَسَرَاتٍ عَلَيْهِمْ وَمَا هُمْ بِخَارِجِينَ مِنَ النَّارِ[6]، وقال سبحانه في سورة المائدة: يُرِيدُونَ أَنْ يَخْرُجُوا مِنَ النَّارِ وَمَا هُمْ بِخَارِجِينَ مِنْهَا وَلَهُمْ عَذَابٌ مُقِيمٌ[7] والله ولي التوفيق.
[1] سورة هود الآيات 106-108.
[2] سورة الحجر الآيتان 45-46.
[3] سورة الحجر الآيات 46-48.
[4] سورة الدخان الآيات 51-57.
[5] سورة فاطر من الآية 36.
[6] سورة البقرة من الآية 167.
[7] سورة المائدة الآية 37.
•••••••
🖲 Majmu'ah AL ISTIFADAH
http://bit.ly/tentangwalis
🛰 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
📲 مجموعة الاستفادة
☄☄☄☄☄☄☄☄☄
0 komentar:
Posting Komentar