BOLEHKAH MEMBUANG KERTAS BERTULISKAN NAMA ALLAH SETELAH MENGHAPUSNYA ?

Posted On // Leave a Comment
SILSILAH NASEHAT ULAMA

—◎※◎—  —◎※◎—

Waspadai penistaan terhadap syiar Islam

—◎※◎— 💎—◎※◎—


Ketika saya mendapatkan kertas yang ada 'lafdzul jalalah' (tulisan الله) atau salah satu nama Allah maka saya hapus nama tersebut lantas saya buang ke sampah.
Apakah perbuatan ini diperbolehkan atau harus dibakar?

Jawaban : jika anda telah menghilangkan tulisan الله / nama Allah lainnya yang ada di kertas dengan dihapus, dipotong/ yang lainnya, maka tidak mengapa setelahya membuang kertas itu ke sampah.
Karena tidak adanya larangan lagi untuk membuangnya. Kertas tersebut bukan lagi sesuatu yang dimulyakan.
 Ini merupakan salah satu perkara yang harus diperhatikan. Hati-hati dari perbuatan menghinakan sesuatu yang ada penyebutan Allah, ayat Al Qur'an, hadis/ penyebutan tentang hukum syariat. Sungguh kebanyakan manusia telah menyepelekan hal ini.
 Sehingga mereka menghinakan kertas yang harus dimulyakan karena ada penyebutan lafad Allah. Sehingga membuat kertas itu menjadi kantong, cover atau bungkus untuk kepentingan mereka. Atau membuangnya ke sampah/ tempat sampah padahal ada lafad الله. Maka wajib mewaspadai hal tersebut & memperingatkannya. Hanya Allah Pemberi taufik.

 Sumber : Al Muntaqo min Fatawa Asy Syaikh Al Fauzan


السؤال :
 عندما أجد ورقة عليها لفظ الجلالة أو أي اسم من أسماء الله أطمس الاسم ثم ألقيها في القمامة، فهل هذا جائز أم لابد من حرقها‏؟‏
الجواب
 إذا أزلت اسم الجلالة أو أي اسم من أسماء الله الموجود في الورقة بطمس أو قطع أو أي شيء من ذلك، فلا بأس بإلقاء الورقة بعد ذك في القمامة لزوال المحذور من إلقائها؛ لأنها أصبحت غير محترمة، وهذا مما يوجب العناية والاهتمام بهذا الجانب فيحذر من امتهان شيء فيه ذكر الله، أو شيء من القرآن أو الأحاديث أو ذكر أي شيء من الأحكام الشرعية، وقد صار كثير من الناس يتساهلون في ذلك فيمتهنون أوراقًا يجب احترامها لما فيها من ذكر الله تعالى، فيجعلونها أكياسًا أو أغلفة أو لفافات لأغراضهم أو يلقونها في القمامات أو في سلات المهملات وفيها ذكر الله فيجب التنبه لذلك والتنبيه عليه، والله الموفق‏.‏


◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐◑◐

✍ Alih bahasa: TIM KITasatu

 WA KITASATU

Join Channel Telegram:
http://bit.ly/KajianIslamTemanggung

Untuk faedah lain kunjungi:

www.Tashfiyah.com
www.Serambiharamain.com

•••••••
 Majmu'ah AL ISTIFADAH
 http://bit.ly/tentangwalis
 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
 مجموعة الاستفادة

0 komentar:

Posting Komentar