APA HUKUM MENGGERAKKAN JARI TELUNJUK PADA TASYAHHUD DARI AWAL HINGGA AKHIRNYA ?

Posted On // Leave a Comment
APA HUKUM MENGGERAKKAN JARI TELUNJUK PADA TASYAHHUD DARI AWAL HINGGA AKHIRNYA ?

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah berkata:

"Menggerakkan jari telunjuk hanyalah terjadi ketika berdoa, tidak pada seluruh tasyahhud, sehingga apabila berdoa, dia gerakkan jari telunjuknya sebagaimana disebutkan hal itu dalam sebagian hadits; (Beliau menggerak-gerakkannya seraya berdoa dengannya). Sisi pendalilannya adalah bahwa seorang yang berdoa hanyalah berdoa kepada Allah 'azza wa jalla dan Allah Subhanahu wa ta'ala berada di langit berdasarkan firman Allah ta'ala:

{أَأَمِنْتُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ أَنْ يَخْسِفَ بِكُمُ الْأَرْضَ فَإِذَا هِيَ تَمُورُ* أَمْ أَمِنْتُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ أَنْ يُرْسِلَ عَلَيْكُمْ حَاصِباً فَسَتَعْلَمُونَ كَيْفَ نَذِيرِ}،.

"Sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan mengirimkan badai yang berbatu kepadamu? Namun kelak kamu akan mengerahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku. (Al Mulk:17)

Bersabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam: "Tidakkah emgkau percaya kepadaku sedangkan aku dipercaya oleh yang ada di langit."

Maka Allah ta'ala ada di langit yakni pada ketinggian di atas segala sesuatu, sehingga apabila Anda berdoa kepada Allah, maka Anda mengisyaratkan ke atas, dan oleh karena ini telah tetap dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa Beliau berkhutbah di hadapan manusia ketika haji wada' dan berkata: "Ketahuilah, bukankah telah aku sampaikan?, mereka menjawab: ya, kemudian Beliau mengangkat jarinya mengarah ke langit, lalu mengarah ke manusia seraya berkata: Ya Allah saksikanlah sebanyak tiga kali. Maka hal ini menunjukkan bahwa Allah ta'ala tinggi di atas segala sesuatu dan merupakan perkara yang jelas lagi diketahui dengan fitrah, akal, pendengaran, dan ijma' (kesepakatan).

Atas dasar ini maka setiap kali anda berdoa kepada Allah, Anda gerakkan jari telunjuk seraya mengisyaratkan dengannya ke langit, dan pada selain itu Anda menjadikannya diam. Sekarang, kami akan menyebutkan secara urut tempat-tempat doa dalam tasyahhud yaitu:

-Assalaamualaika Ayyuhan Nabiyyu warahmatullah wa barakatuh

—Assalaamu ‘Alainaa wa 'ala ibadillahish shalihin

—Allahumma Shalli ‘Ala Muhammad

—Allahumma Barik ‘Ala Muhammad wa 'ala alii Muhammad

—A’udzu billah Min ‘Adzaabi Jahannam Wa Min ‘Adzaabil Qobr Wa Min Fitnatil Mahyaa wal Mamaa Wa Min Fitnatil Masih ad Dajjal.

Inilah delapan tempat yang seseorang menggerakkan padanya jarinya ke arah langit dan apabila berdoa selain itu, dia juga mengangkatnya, karena kaedahnya adalah mengangkatnya setiap kali doa. (Majmu' Fatawa wa Rasail Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin, jilid 13, sifat duduk tasyahhud)

➡Berkata Syaikh Abdul Aziz bin  Abdullah bin Baz rahimahullah:

"Yang sesuai dengan sunnah bagi orang yang shalat ketika tasyahhud adalah menggenggam semua jari kanannya dan memberi isyarat dengan jari telunjuknya dan menggerakkannya ketika berdoa dengan

☝gerakan yang ringan

sebagai isyarat kepada tauhid, dan kalau dia mau maka bisa menggenggamkan jari kecil dan jari manis kemudian membuat lingkaran antara jempol dengan jari tengah, dan memberi isyarat dengan jari telunjuk, kedua cara ini telah shahih dari nabi shallallahu 'alaihi wa sallam" (Maj'mu Fatawa Syeikh Bin Baz 11/185)

➡Berkata Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad:

"Saya tidak tahu dalil yang menunjukkan bahwa seseorang menggerakkan jari telunjuk secara terus menerus, akan tetapi menggerakannya dan berdoa dengannya, yaitu: ketika melewati doa (Allahumma…Allahumma) menggerakkannya" (Jawaban dari pertanyaan yang diajukan kepada beliau ketika mensyarh Sunan Abi Dawud, setelah Bab fil Hadab dari Kitab Al-Libas)


http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=127112

AL-UKHUWWAH

http://bit.ly/Al-Ukhuwwah



ما حكم تحريك السبابة في التشهد من أوله إلى آخره ؟




السؤال: ما حكم تحريك السبابة في التشهد من أوله إلى آخره؟

الإجابة: تحريك السبابة إنما يكون عند الدعاء، وليس في جميع التشهد، فإذا دعا حركها كما جاء ذلك في بعض الأحاديث: "يحركها يدعو بها"، ووجه ذلك أن الداعي إنما يدعو الله عز وجل، والله سبحانه وتعالى في السماء لقوله تعالى: {أَأَمِنْتُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ أَنْ يَخْسِفَ بِكُمُ الْأَرْضَ فَإِذَا هِيَ تَمُورُ* أَمْ أَمِنْتُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ أَنْ يُرْسِلَ عَلَيْكُمْ حَاصِباً فَسَتَعْلَمُونَ كَيْفَ نَذِيرِ}، وقال النبي صلى الله عليه وسلم: "ألا تأمنوني وأنا أمين من في السماء"، فالله تعالى في السماء -أي في العلو- فوق كل شيء، فإذا دعوت الله فإنك تشير إلى العلو، ولهذا ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه خطب الناس في حجة الوداع وقال: "ألا هل بلغت؟"، قالوا: نعم، فرفع إصبعه إلى السماء وجعل ينكتها إلى الناس يقول: "اللهم اشهد، اللهم اشهد، اللهم اشهد ثلاثاً"، وهذا يدل على أن الله تعالى فوق كل شيء، وهو أمر واضح معلوم بالفطرة، والعقل، والسمع، والإجماع.

وعلى هذا فكلما دعوت الله عز وجل فإنك تحرك السبابة تشير بها إلى السماء، وفي غير ذلك تجعلها ساكنة، فلنتتبع الآن مواضع الدعاء في التشهد وهي:
* السلام عليك أيها النبي ورحمة الله وبركاته.
* السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين
* اللهم صل على محمد وعلى آل محمد
* اللهم بارك على محمد وعلى آل محمد
* أعوذ بالله من عذاب جهنم، ومن عذاب القبر، ومن فتنة المحيا والممات، ومن فتنة المسيح الدجال.
هذه ثمانية مواضع يحرك الإنسان إصبعه فيها نحو السماء، وإن دعا بغير ذلك أيضاً رفعها؛ لأن القاعدة أن يرفعها عند كل دعاء.

ــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ

مجموع فتاوى و رسائل الشيخ محمد صالح العثيمين المجلد الثالث عشر - صفة الجلوس للتشهد

⬅قال شيخ ابن باز
السنة للمصلي حال التشهد أن يقبض أصابعه كلها أعني أصابع اليمنى ويشير بالسبابة ويحركها عند الدعاء تحريكا خفيفا إشارة للتوحيد وإن شاء قبض الخنصر والبنصر وحلق الإبهام مع الوسطى وأشار بالسبابة كلتا الصفتين صحتا عن النبي صلى الله عليه وسلم

⬅قال شيخ عبد المحسن العباد
لا أعلم شيئاً يدل على أن الإنسان يحركها باستمرار، وإنما يحركها ويدعو بها، أي: عندما يأتي الدعاء: اللهم.. اللهم.. يحركها.

•••••••••••••••••••
 Majmu'ah AL ISTIFADAH
 http://bit.ly/tentangwalis
▶ Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN

0 komentar:

Posting Komentar