HUKUM MENGADAKAN WALIMAH DI MASJID

Posted On // Leave a Comment

HUKUM MENGADAKAN WALIMAH DI MASJID

[Dijawab oleh Al Ustadz Abu 'Utsman Kharisman hafizhahullah via WA Al I'tishom]

Pertanyaan : Bolehkah mengadakan akad nikah dan walimatul ursy dimasjid ? Atau didepan masjid ?
Apakah hal semacam itu termasuk bid'ah dan tasyabbuh?

Jawaban : jika walimatul Urs itu sekedar makan-makan di masjid dan tdk ada hal-hal yg menyebabkan kotornya masjid atau ucapan dan perbuatan yg menodai kesucian masjid, maka insyaAllah tdk mengapa.

Fatwa Syaikh Sholih alFauzan ttg hal semacam itu bisa didengarkan di sini:

http://www.alfawzan.af.org.sa/node/10978

Yang menjadi masalah adalah jika dalam acara walimah itu ada kebid'ahan-kebid'ahan seperti pembacaan Diba', Barzanji, sholawat bid'ah, dan semisalnya, maka hal itu terlarang karena kebid'ahannya. Atau mungkin ada kemaksiatan di dalamnya, maka terlarang krn kemaksiatan itu.

Wallaahu A'lam.

Pertanyaan : Apakah yg demikian(akad nikah dimasjid) pernah terjadi dizaman 3 generasi terbaik ? Atau  ada ulama yg membolehkan ? Khawatir masuk tasyabbuh yg dilakukan nashara, dimana mereka biasa melakukan pernikahan digereja mereka.

Jawaban : Ana tdk mengetahui apakah pernah terjadi di masa 3 generasi terbaik atau tidak. Yg jelas sebagian Ulama membolehkan, seperti Syaikh Sholih al-Fauzan pada link di atas.

Tidak setiap hal yg tdk ada di 3 generasi terbaik kemudian dilakukan setelahnya adalah bid'ah. Selama hal itu tdk ada unsur ta'abbud (merasa lebih mendekatkan diri kepada Allah jika dilakukan di masjid), maka insyaAllah tdk mengapa.

Jika misalkan seseorang di rumahnya sempit. Tdk memungkinkan menyewa gedung. Ada masjid yg luas yg bisa menampung orang yg diundang, dgn memperhatikan ketentuan penghormatan thd masjid dan adab-adab di masjid, maka insyaAllah tdk mengapa.

Adapun seseorang yg mengadakan walimah di masjid karena merasa lebih sakral, lebih mampu menciptakan sakinah, mawaddah, wa rohmah, atau keyakinan-keyakinan tidak berdasar lainnya maka hal itu bisa menjadi bid'ah krn ada unsur taabbud di dalamnya.

Wallaahu A'lam

※※※※※※※※※※※※※※※※
🅾 MAJMU'AH AL ISTIFADAH 🅾
※※※※※※※※※※※※※※※※

Ⓜ مجموعة الاستفادة
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
▶ Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
📆 Sabtu, 28 Rabi'ul Awwal 1437 H // 09 January 2016 M

🔗📌🔗📌🔗📌🔗📌🔗📌🔗📌🔗

0 komentar:

Posting Komentar