HUKUM MEMAKAI SALIB, DAN KAPAN BISA DIKAFIRKAN DENGAN ITU

Posted On // Leave a Comment

HUKUM MEMAKAI SALIB, DAN KAPAN BISA DIKAFIRKAN DENGAN ITU

Al Lajnah Ad Da'imah Lil Buhutsil 'Ilmiyyah wal Ifta' || Fatwa nomor 2245

Pertanyaan : "Kami berselisih pendapat tentang seorang muslim yang memakai salib yang itu syi'arnya Nashara. Sebagian kami menghukuminya kafir tidak perlu diskusi. Dan sebagian yang lain mengatakan : "Kita tidak menghukuminya kafir sampai kita berdiskusi dengannya dan menjelaskan kepadanya tentang keharamannya, dan bahwa itu adalah syi'ar Nashara. Jika dia tetap membawanya barulah kita menghukuminya kafir."

Jawaban : "Perincian dalam masalah ini dan yang semisalnya itulah yang wajib. Jika telah dijelaskan kepadanya tentang hukum memakai salib, dan bahwa itu adalah syi'ar Nashara, dan merupakan bukti bahwa pemakainya itu ridha dengan penisbatan dirinya kepada mereka, dan ridha dengan (keyakinan kufur) yang mereka ada diatasnya, lalu dia tetap diatas perkara itu (tetap memakainya_pent) maka ia dihukumi kafir. Berdasarkan firman Allah 'Azza wa Jalla :

وَمَنْ يَّتَوَلَّهُمْ مِّنْكُمْ فَاِنَّهٗ مِنْهُم  ؕ  اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ

"Barang siapa di antara kamu yang menjadikan mereka teman setia, maka sesungguhnya dia termasuk golongan mereka. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zhalim." [QS. Al-Ma'idah: Ayat 51]

Azh Zhulmu (kezhaliman) jika dimutlakkan penyebutannya maka yang dimaksud ialah syirik besar.

Pada perbuatan itu juga menampakkan kecocokannya dengan Nashara atas apa yang mereka sangka berupa terbunuhnya Nabi 'Isa 'alaihish shalatu was salam, padahal Allah  Subhanah telah menafikan dan membatilkannya dalam kitab-Nya yang mulia, dimana Allah 'Azza wa Jalla berfirman :

وَمَا قَتَلُوْهُ وَمَا صَلَبُوْهُ وَلٰـكِنْ شُبِّهَ لَهُم

"Padahal, mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh adalah) orang yang diserupakan dengan 'Isa." [QS. An-Nisa': Ayat 157]

وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم.

==============
✏ Tim Istifadah
💽 Arsip WALIS »
📮 Kritik dan saran » http://goo.gl/d0M01P
🔎 Faedah Lain » http://salafymedia.com/blog/category/al-istifadah/

حكم لبس الصليب ومتى يكفر بذلك؟
فتوى رقم ( 2245 ):

س: اختلفنا في المسلم الذي يلبس الصليب شعار النصارى ، فبعضنا حكم بكفره بدون مناقشة، والبعض الآخر قال: لا نحكم بكفره حتى نناقشه ونبين له تحريم ذلك وأنه شعار النصارى فإن أصر على حمله حكمنا بكفره.

ج: التفصيل في هذا الأمر وأمثاله هو الواجب، فإذا بين له حكم لبس الصليب، وأنه شعار النصارى ، ودليل على أن لابسه راض بانتسابه إليهم والرضا بما هم عليه وأصر على ذلك حكم بكفره؛ لقوله عز وجل: (ومن يتولهم منكم فإنه منهم إن الله لا يهدي القوم الظالمين ) والظلم إذا أطلق يراد به: الشرك الأكبر.
وفيه أيضًا إظهار لموافقة النصارى على ما زعموه من قتل عيسى عليه الصلاة والسلام، والله سبحانه قد نفى ذلك وأبطله في كتابه الكريم حيث قال عز وجل:  وما قتلوه و ما صلبوه و لكن شبه لهم ) الآية.
وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم.

   اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإِفتاء
عضو عبد الله بن قعود 
عضو  عبد الله بن غديان 
نائب رئيس اللجنة  عبد الرزاق عفيفي
الرئيس
عبد العزيز بن عبد الله بن باز

※※※※※※※※※※※※※※※※
🅾 MAJMU'AH AL ISTIFADAH 🅾
※※※※※※※※※※※※※※※※

Ⓜ مجموعة الاستفادة
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
▶ Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN

🔗📌🔗📌🔗📌🔗📌🔗📌🔗📌🔗

0 komentar:

Posting Komentar