Jumat, 29 Januari 2016

DISKUSI SANTAI SEPUTAR MAULID NABI shallallaahu 'alayhi wa sallam (Bagian keempat-terakhir)

DISKUSI SANTAI SEPUTAR MAULID NABI shallallaahu 'alayhi wa sallam
(Bagian keempat-terakhir)

1⃣. Apakah amalan maulid Nabi adalah ketaatan atau kemaksiatan?

❎ Tentu saja mereka akan mengatakan itu adalah amalan ketaatan! Bila tidak-jika mereka mengatakan itu adalah perbuatan maksiat-selesailah perdebatan bersama mereka.

2⃣. Baiklah. Kalian mengatakan bahwa amalan itu adalah ketaatan yang kalian akan diberi pahalanya karenanya. (Maka pertanyaan selanjutnya), apakah Nabi shallallaahu 'alayhi wa sallam mengetahui ketaatan ini atau tidak mengetahuinya?

๐Ÿ’ฅJika kalian mengatakan beliau tidak mengetahuinya, maka betapa celaka kalian! Sungguh kalian telah menuduh sang pengajar teragung (Rasulullah shallallaahu 'alayhi wa sallam) dengan ketidaktahuan (tentang sebuah ibadah-pent). Ini benar-benar kezindikan (kekafiran).

✳ Andai kalian mengatakan "beliau mengetahuinya." Maka sekarang kita akan berpindah pada pertanyaan ketiga, yaitu:

3⃣. Kalian mengatakan bahwa hal itu adalah amalan ketaatan. Dan Nabi shallallaahu 'alayhi wa sallam mengetahuinya. (Pertanyaannya) apakah beliau menyampaikannya pada ummat ini atau tidak?

❌ Jika kalian mengatakan beliau tidak menyampaikannya, maka ini adalah puncak celaan. Karena (pernyataan) itu (mengandung) tuduhan pada Nabi shallallaahu 'alayhi wa sallam bahwa beliau menyembunyikan sesuatu dari risalah (yang beliau emban-pent). Padahal dalam al-Qur'an, Allah berfirman (artinya):
"Wahai Rasul sampaikanlah apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Jika kamu tidak melakukan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan (amanat) risalah-Nya(18).

❇ Jika kalian mengatakan,"beliau telah menyampaikannya." Maka kami katakan:" Tunjukkanlah dalilnya! Dan mana amalan para salaf (pendahulu kita yang shalih) dalam hal ini? Apakah tersembunyi dalil-dalil (dalam masalah ini) dari para sahabat, tabi'in, dan yang mengikuti mereka di sepanjang masa yang dimuliakan(19) dan tidak ada yang mendapat petunjuk padanya (untuk merayakan maulid) kecuali orang-orang najis dari kalangan Fathimiyyun(20)??!"


✅ Jika demikian halnya, maka kami menetapkan bahwa hal itu adalah bid'ah yang diada-adakan. Inilah! Apa yang ada di dalamnya (perayaan maulid) berupa kemungkaran yang besar dan yang kecil. Dan semua ini (dilakukan) dengan klaim (atas nama) perayaan maulid (kelahiran) Nabi shallallaahu 'alayhi wa sallam. Dan Allahlah sebaik-baik tempat memohon pertolongan.

❄ Manhaj Salafus Shalih adalah pertengahan antara (sikap) berlebihan (terlalu mengagungkan) dengan (sikap) merendahkan (kurang menghormati)

♻ Sebarkanlah diantara manusia agar manusia mengetahui hakekat maulid...

๐Ÿ“"Dan orang yang menunjukkan pada kebaikan (maka dia mendapat pahala) seperti pelaku kebaikan tersebut"(21)

๐Ÿ’งKita memohon pada Allah agar memberi kita hidayah dan agar Dia memberi hidayah (manusia) dengan (perantara) kita. Dan agar dia memberi taufiq pada semuanya dan menunjukkan pada mereka untuk mengenal kebenaran.

๐Ÿ“š Kami Ahlus Sunnah wal Jama'ah, ketika kami berbicara, hujjah (argumentasi) kami adalah dalil (al-Qur'an dan as-Sunnah)
_______________________

1. ู‡ู„ ุนู…ู„ ุงู„ู…ูˆู„ุฏ ุทุงุนุฉ ุฃูˆ ู…ุนุตูŠุฉ ؟
●●●●●●●●●●●●●●●●
ุทุจุนุงً ุณูŠู‚ูˆู„ูˆู† ุทุงุนุฉ! ูˆุฅู„ุง ูู„ูˆ ู‚ุงู„ูˆุง ุจุฃู†ู‡ ู…ุนุตูŠุฉ ุฅู†ุชู‡ู‰ ู…ุนู‡ู… ุงู„ู†ุฒุงุน ..!
●●●●●●●●●●●●●●●●
2. ุทูŠุจ ู‚ู„ุชู… ุจุฃู†ู‡ ุทุงุนุฉ ุชุซุงุจูˆู† ุนู„ูŠู‡ุง ! ูู‡ู„ (ุนู„ู…) ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‡ุฐู‡ ุงู„ุทุงุนุฉ ุฃู… (ุฌู‡ู„ู‡ุง) ؟
●●●●●●●●●●●●●●●●
* ูู„ูˆ ู‚ู„ุชู… (ุฌู‡ู„ู‡ุง) ููŠุง ูˆูŠู„ูƒู…! ูู‚ุฏ ุงุชู‡ู…ุชู… ุงู„ู…ُุนู„ู… ุงู„ุฃูƒุจุฑ ุจุงู„ุฌู‡ู„ ูˆู‡ุฐู‡ ุฒู†ุฏู‚ุฉ ู…ุญุถุฉ ..!
●●●●●●●●●●●●●●●●
* ูˆู„ูˆ ู‚ู„ุชู… (ุนู„ู…ู‡ุง) ูุญูŠู†ุฆุฐ ู†ู†ุชู‚ู„ ุฅู„ู‰ ุงู„ุณุคุงู„ (ุงู„ุซุงู„ุซ) ูˆู‡ูˆ:
●●●●●●●●●●●●●●●●
3. ู‚ُู„ْุชُู… ู‡ูˆ ุทุงุนุฉ ، ูˆุนู„ู…ู‡ุง ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูู‡ู„ ุจู„ุบู‡ุง ู„ู„ุฃู…ุฉ ุฃู… ู„ุง ؟
●●●●●●●●●●●●●●●●
* ูุฅู† ู‚ู„ุชู… ู„ู… ูŠุจู„ุบู‡ุง ูู‡ุฐุง ุบุงูŠุฉ ููŠ ุงู„ู‚ุจุญ ู„ุฃู†ู‡ ุฅุชู‡ุงู… ู„ู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุจูƒุชู… ุดูŠุก ู…ู† ุงู„ุฑุณุงู„ุฉ ูˆููŠ ุงู„ุชู†ุฒูŠู„: {ูŠุง ุฃูŠู‡ุง ุงู„ุฑุณูˆู„ ุจู„ุบ ู…ุง ุฃู†ุฒู„ ุฅู„ูŠูƒ ู…ู† ุฑุจูƒ ูˆุฅู† ู„ู… ุชูุนู„ ูู…ุง ุจู„ุบุช ุฑุณุงู„ุชู‡}
●●●●●●●●●●●●●●●●
* ูˆุฅู† ู‚ู„ุชู… ุจู„ุบู‡ุง ! ู‚ู„ู†ุง: ู‡ุงุชูˆุง ุงู„ุฏู„ูŠู„ ، ูˆุฃูŠู† ุนู…ู„ ุงู„ุณู„ู ู„ู‡ ، ูˆู‡ู„ ุบุงุจุช ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃุฏู„ุฉ ุนู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ ูˆุงู„ุชุงุจุนูŠู† ูˆุชุงุจุนูŠู‡ู… ุทูŠู„ุฉ ุงู„ู‚ุฑูˆู† (ุงู„ู…ูุถู„ุฉ) ูˆู„ู… ูŠู‡ุชุฏูŠ ุฅู„ูŠู‡ุง ุฅู„ุง ุงู„ุฃู†ุฌุงุณ ุงู„ูุงุทู…ูŠูˆู† ؟!
●●●●●●●●●●●●●●●●
* ูˆุฅุฐ ูƒุงู† ูƒุฐู„ูƒ ูุฅู†ู†ุง ู†ุฌุฒู… ุจุฃู†ู‡ ู…ู† ุงู„ุจุฏุน ุงู„ู…ุญุฏุซุฉ ู‡ุฐุง ู…ุง ููŠู‡ ู…ู† ุงู„ู…ู†ูƒุฑุงุช ุงู„ูƒุจุฑู‰ ูˆุงู„ุต ุบุฑู‰ ูˆูƒู„ ู‡ุฐุง ุจุฒุนู… ุงู„ุฅุญุชูุงู„ ุจุงู„ู…ูˆู„ุฏ ูˆุงู„ู„ู‡ ุงู„ู…ุณุชุนุงู† .
-----------------
ู…ู†ู‡ู€ู€ุฌ ุงู„ุณู„ู€ู€ู ุงู„ุตุงู„ู€ู€ุญ ูˆุณู€ู€ุท ุจูŠู€ู€ู† ุงู„ุบู„ู€ู€ูˆ ูˆ ุงู„ุฌูู€ู€ุงุก ..
-------------------
ุงู†ุดุฑูˆู‡ู€ู€ุง ุจูŠู€ู€ู† ุงู„ู†ุงุณ ู„ูŠุนู€ู€ุฑู ุงู„ู†ู€ู€ุงุณ ุญู‚ูŠู‚ู€ู€ุฉ ุจุฏุนู€ู€ุฉ ุงู„ู…ูˆู„ู€ู€ุฏ ..
''ูˆุงู„ู€ุฏุงู„ ุนู„ู€ู‰ ุงู„ุฎูŠู€ุฑ ูƒูุงุนู„ู€ู€ู‡ ''
ู†ุณู€ุงู„ ุงู„ู„ู‡ ูŠู‡ุฏูŠู†ู€ุง ูˆุฃู† ูŠู‡ู€ุฏูŠ ุจู†ุง
ูˆุฃู† ูŠูˆูู€ู‚ ุงู„ุฌู…ูŠุน ูˆุงู† ูŠู‡ุฏูŠู‡ู€ู… ู„ู…ุนุฑูุฉ ุงู„ุญู€ู‚ .
ู†ุญู† ุงู‡ู„ ุงู„ุณู†ู€ู‡ ูˆุงู„ุฌู…ุงุนู‡ ุนู†ุฏู…ุง ู†ุชูƒู„ู… ุญุฌุชู†ู€ุง ู‡ูŠ ุงู„ุฏู„ูŠู„ .


Catatan penerjemah:

18. Al-Maidah:67

19. Lihat catatan kaki no 13 pada diskusi bagian kedua

20. Lihat bagaimana hakikat pemerintahan Dinasti Fathimiyyun pada diskusi bagian tiga.

21. Diriwayatkan dari banyak sahabat. Mereka adalah: Abu Mas'ud al-Badri, Abdullah bin Mas'ud, Sahl bin Sa'd, Buraidah bin Hushaib, Anas bin Malik, Abdullah bin Abbas, dan Abdullah bin Umar radliyallaahu 'anhum. Lihat as-Silsilah ash-Shahihah 1660.

๐Ÿ“ Alih Bahasa: Abu Abdillah ุนูุง ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡  ูˆู„ูˆุงู„ุฏูŠู‡ ูˆู„ุฌุฏุชู‡ ูˆู„ู„ู…ุคู…ู†ูŠู†...ุขู…ูŠู†

๐Ÿ”Ž Muraja'ah: al-Ustadz Kharisman ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡

♻ Sumber:telegram al-Islam al-Haq

๐ŸŠ TwIS

Dengan sedikit perubahan pada tulisan Arab pada hadits dari naskah asli karena ada kesalahan.

Kamis, 12 Rabi' al-Awwal 1437H/24 Desember 2015.
Selesai dikoreksi ulang saat puncak hari maulid Nabi shallallaahu 'alayhi wa sallam (menurut mereka).

#Diskusi_Santai
#Seputar_Maulid_Nabi
๐Ÿพ๐Ÿพ๐Ÿพ๐Ÿพ๐Ÿพ๐Ÿพ๐Ÿพ๐Ÿพ

※※※※※※※※※※※※※※※※※
๐Ÿ…พ WA AL ISTIQOMAH || WALIS ๐Ÿ…พ
※※※※※※※※※※※※※※※※※

Ⓜ ู…ุฌู…ูˆุนุฉ ุงู„ุงุณุชูุงุฏุฉ
๐ŸŒ http://bit.ly/tentangwalis
▶ Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar