JANGAN MENUNDA TAUBAT

Posted On // Leave a Comment
JANGAN MENUNDA TAUBAT

Berkata Ibnul Qayyim -rahimahullah-:

"Bergegas untuk bertaubat dari dosa adalah wajib untuk disegerakan dan tidak boleh ditunda. Kapan saja ia menundanya maka ia TELAH BERMAKSIAT DENGAN SEBAB PENUNDAAN tersebut. Jika ia telah bertaubat dari suatu dosa maka masih tersisa atasnya kewajiban taubat yang lain, yaitu BERTAUBAT DARI DOSA PENUNDAAN TAUBAT, dan sangat sedikit perkara ini terbetik di benak orang yang bertaubat, menurutnya jika ia sudah bertaubat dari dosa maka tidak tersisa lagi atasnya sesuatu dosa yang lain, padahal ia masih punya kewajiban untuk bertaubat dari penundaan taubat.
Dan tidaklah bisa menyelamatkan dari perkara ini kecuali TAUBAT SECARA MENYELURUH dari dosa-dosa yang ia ketahui maupun yang tidak ia ketahui, karena sesungguhnya dosa-dosa yang tidak diketahui oleh seorang hamba itu lebih banyak daripada yang diketahuinya".

[ Madarijus Salikin: 1/283 ]

------------------------------

قال ابن القيم – رحمه الله في كتابه 
مدارج السالكين ج1 ص283 :

"المبادرة إلى التوبة من الذنب فرض على الفور، ولايجوز تأخيرها، فمتى أخرها عصى بالتأخير، فإذا تاب من الذنب بقي عليه توبة أخرى، وهي توبته من تأخير التوبة، وقَلَّ أن تخطر هذه ببال التائب، بل عنده أنه إذا تاب من الذنب لم يبق عليه شيء آخر، وقد بقي عليه التوبة من تأخير التوبة، ولا ينجي من هذا إلا توبة عامة مما يعلم من ذنوبه ومما لا يعلم، فإن ما لا يعلمه العبد من ذنوبه أكثر مما يعلمه

Alih Bahasa: Abu Salim ibnu Shalih Al Jawi

0 komentar:

Posting Komentar