SEPUTAR I'TIKAF

Posted On // Leave a Comment
🔘 SEPUTAR I'TIKAF.
————————————————
🎓 Fadhilatus Syaikh Sholeh Al-Fawzan حفظه اللّٰهُ تعالى.


✒__ PERTANYAAN:
Apakah i'tikaf itu? Dan apa hukumnya? Dan apakah boleh i'tikaf di rumah?

🔏 JAWABAN:


☝ I'tikaf adalah ibadah yang agung, Alloh Jalla wa 'Ala telah menyebutkan perkaranya di dalam kitab-Nya yang mulia, dan di dalam beberapa ayat dari kitab-Nya dan diantaranya ialah firman-Nya kepada sang kekasih Ibrahim dan putranya, Isma'il, 'alaihimas salam:

وَطَهِّرْ بَيْتِي لِلطَّائِفِينَ وَالْقَائِمِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ..الحج : 26

"dan sucikanlah rumah-Ku ini bagi orang-orang yang thawaf, dan orang-orang yang beribadat dan orang-orang yang ruku' dan sujud." [Qs. Al-Hajj: 26].
Dan diantaranya firman Alloh ta'ala:

وَلا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ..البقرة:187
" janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid." [Qs. Al-Baqoroh: 187]

🔖 Dan i'tikaf termasuk sunnah Nabi ﷺ yang benar dari beliau.
Dan beliau  ﷺ seringnya beri'tikaf di sepuluh hari pertengahan dari bulan ramadhan demi mencari malam Al-Qodar, kemudian di akhir hayat beliau ﷺ jadilah beliau beri'tikaf di sepuluh hari terakhir dari ramadhan karena adanya kejelasan bahwasanya malam Al-Qodar (lailatul qodar) diharapkan (dijumpai) pada sepuluh malam terakhir, dan istri-istrinya pun beri'tikaf bersama beliau ﷺ maka i'tikaf adalah ibadah yang agung, yaitu menetap di sebuah masjid dari masjid-masjid dalam rangka beribadah kepada Alloh 'Azza wa Jalla semata yang tidak ada sekutu bagi-Nya dengan sholat, membaca Alquran dan dzikrulloh -'Azza wa Jalla-, dan melepaskan diri dari amaliah duniawi, dan menyibukkan diri kepada Alloh subhanahu wa ta'ala, inilah ibadah i'tikaf, dan dia disyariatkan pada setiap waktu, akan tetapi tidak disyariatkan kecuali pada masjid yang ditegakkan di dalamnya sholat berjamaah, berdasarkan firman Alloh ta'ala:

وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ..البقرة:187

"sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid." [Qs. Al-Baqoroh: 187]

✋ Adapun jika seseorang beri'tikaf di rumahnya atau di masjid keluarga, karena keluarganya dapat berpindah di sekitarnya, dan tidak ditegakkan sholat (berjamaah) padanya maka ini tidak dibolehkan bagi seorang muslim karena dia akan terputus dari sholat berjamaah maka tidak disyariatkan kecuali pada masjid yang ditegakkan sholat berjamaah padanya
 وبالله التوفيق.
                 —※○●○※—

🌐 Sumber:
https://m.facebook.com/SfhtTalbAllm/posts/916239821774999
————————————————

◑↰سُئل العلامة صالح بن فوزان الفوزان حفظه الله :

"ما هو الاعتكاف؟ وما حكمه؟ وهل يجوز الاعتكاف في البيت؟"

◑↰فأجاب حفظه الله:

الاعتكاف عبادة عظيمة، نص الله -جل وعلا- عليه في كتابه الكريم، وفي آيات من كتابه، منها قوله تعالى لخليله إبراهيم وابنه إسماعيل عليهما السلام : وَطَهِّرْ بَيْتِي لِلطَّائِفِينَ وَالْقَائِمِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ ..الحج : 26، ومنها قوله تعالى :

وَلا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ..البقرة:187، وهو من سنة النبي ﷺ الثابتة عنه، وقد كان عليه الصلاة والسلام يعتكف في العشر الأوسط من رمضان طلبًا لليلة القدر، ثم في آخر حياته ﷺ صار يعتكف في العشر الأواخر من رمضان لما تبين له أن ليلة القدر ترجى في العشر الأواخر، واعتكف معه نساؤه عليه الصلاة والسلام، فالاعتكاف عبادة عظيمة، وهو المكث في مسجد
من المساجد لأجل عبادة الله وحده لا شريك له بالصلاة وتلاوة القرآن، وذكر الله -عز وجل-، والتفرغ لذلك من أعمال الدنيا، والاشتغال بالله سبحانه وتعالى، هذا هو الاعتكاف، وهو مشروع كل وقت ولكنه لا يشرع إلا في مسجد تصلى فيه صلاة الجماعة، لقوله تعالى:

وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ..البقرة:187، أما أن يعتكف الإنسان في بيته، أو في مسجد مهجو، لانتقال أهله من حوله، ولا يصلى فيه فهذا لا يجوز للمسلم لأنه منقطع بذلك عن صلاة الجماعة فلا يشرع الاعتكاف إلا في مسجد تصلى فيه صلاة الجماعة وبالله التوفيق.

✏__ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh عَفَا اللّٰهُ عَنْهُ.
————————————————
🌏 WA Ahlus Sunnah Karawang.

✆ WA Lintas Ilmu Shiyam ※ WALIS ✆
✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧

🛅➠http://walis-net.blogspot.com/p/depan.html

0 komentar:

Posting Komentar