[Dari Fatwa Lajnah Da`imah no.6908]
✹✹✹
📞P E R T A N Y A A N :
Saya menangani seorang pasien muslimah non Arab, dalam keadaan histeris -tidak sadar penuh-. Akan tetapi ia masih mengenali waktu, orang-orang, dan tempat di sekitarnya. Dan kondisinya mengharuskan untuk ia berada di atas ranjang dan beristirahat penuh.
Dia berkali-kali meminta untuk sholat dan saya mengabarkan kepadanya bahwa dia akan sembuh –biidznillah- dan akan bisa menunaikan apa-apa yang disyariatkan atasnya dari kewajiban-kewajiban. Dan agar dia tidak membebani dirinya.
Namun, dua hari berikutnya ia berpindah ke rahmat Allah (meninggal) sebelum bisa menunaikan sholat yang ditinggalkannya.
Apakah saya berdosa? Dan apakah saya boleh menggantikan sholatnya yang tertinggal sementara saya tidak tahu berapa jumlah sholat yang dia tinggalkan?
🔓J A W A B A N :
Wajib bagi orang yang sakit untuk menunaikan sholat sesuai kemampuannya, dengan berdiri, duduk, berbaring atau terlentang berdasarkan Sabda Nabi ﷺ kepada Imron bin Hushoin:
صل قائما فإن لم تستطع فقاعـــدا، فإن لم تستطــع فعــــلى جنب، فإن لم تستطـــــع فمستلقيــــا
“Sholatlah sambil berdiri, jika tidak mampu maka sholat dengan duduk, dan jika tidak mampu maka sholatlah dengan badan miring ke samping, dan jika tidak mampu maka telentang.” (H.R. Bukhori dan Nasa`i, lafadz ini milik Nasa`i).
Dan tidak boleh bagi seseorang untuk sholat dalam rangka menggantikan sholat orang lain.
Jika wanita yang disebutkan diatas telah hilang kesadarannya, maka tidak ada kewajiban apa-apa baginya. Dan Anda patut disyukuri dan mendapat pahala karena membesarkan jiwanya dan memberi kabar gembira akan kesembuhannya.
Wabillahit taufiq, washallahu ala Nabiyyina muhammad wa alihi wa shohbihi wa sallam.
Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa
ــــــــــــــــــــــــــــــ
📮حــــكم الصلاة الفائتة للمريض الذي توفي قبل قضائهـــــــــا
🔻س4: قابلت مريضة مسلمة (غير عربية. وكانت في حالة هستيرية -ليست في الوعي الكامل- ولكنها كانت مدركة للوقت من حولها، وللأشخاص( الصفحة رقم: 74وللمكان، وكانت حالتها تستدعي التزام السرير والراحة، وكانت تردد دائما طلبها للصلاة، وأخبرتها أنها ستشفى بإذن الله، وتـؤدي ما عليها من فرائض ، وعليها ألا ترهق نفسها أبدا، ولكنها بعد يومين انتقلت إلى رحمة الله، ودون أن تؤدي ما فاتها، فهل علي إثم ؟ وهل أستطيع أن أؤدي عنها ما فاتها، مع العلم أنني لا أعلم عدد الفروض الفائتة؟
🔻ج4: يجب على المريض أداء الصلاة حسب استطاعته، قائما أو قاعدا أو على جنبه، أو مستلقيا؛ لقول النبي صلى الله عليه وسلم لعمران بن حصين رضي الله عنهما: صل قائما، فإن لم تستطع فقاعدا، فإن لم تستطع فعلى جنب، فإن لم تستطع فمستلقيا رواه البخاري
ولا يجوز لأحد أن يصلي عن غيره، وإذا كانت المرأة المذكورة قد تغير عقلها فلا شيء عليها، وأنت مشكورة ومأجورة في تهدئة بالها، وتبشيرها بالعافية .وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
من فتاوى اللجنة الدائمة . س 4 من الفتوى رقم 6908
✲✹✲
______________
🌐 Sumber:
"Al-Fatawa al- Muta’alliqah bith-thibbi Wa ahkamil-mardha"| link : http://alifta.net/Fatawa/
✏Alih Bahasa:
Al-Ustadz Abu Abdillah Al-Watesy (Jember) -hafidzahullah- [FBF-2]
__________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
📌❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www.alfawaaid.net
✆ WA Al Istifadah ※ WALIS ✆
✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧
الموقع الرسمي للمجموعة:
🛅➠http://walis-net.blogspot.
0 komentar:
Posting Komentar