PERBEDAAN ANTARA IBADAH DAN MUAMALAH

Posted On // Leave a Comment
PERBEDAAN ANTARA IBADAH DAN MUAMALAH

๐Ÿ’บ Oleh : Asy Syaikh Muqbil bin Hady Al Wadi'iy ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡


                         ✹✹✹ 


๐Ÿ“ž PERTANYAAN:

Telah diketahui (kaidah dasar ilmu fiqih)  bahwasanya hukum asal IBADAH adalah HARAM dan Pada dasarnya semua bentuk MUAMALAH itu DIPERBOLEHKAN ,maka bagaimanakah membedakan antara muamalah dan ibadah, dan apakah diantaranya terdapat keumuman dan khusus ?


๐Ÿ“ญ  J A W A B A N  :


Asal Ibadah adalah TAUQIFIYYAH (berhenti) pada dalil yang jelas (shahih) baik Al-Qur’an dan Al-hadits, Nabi Muhammad ๏ทบ bersabda :


 ุตَู„ُّู€ْูˆْุง ูƒَู…َุง ุฑَุฃَูŠู€ْู€ุชُู…ُูˆْู†ِู‰ ุฃُุตَู„ِّู‰.( ุงู„ุจุฎุงุฑู‰ ูˆู…ุณู€ู„ู…)

Artinya: " Shalatlah kalian sekalian sebagaimana kalian melihat aku shalat ".

Dan dalam Bab Haji beliau bersabda :

  ู„ِุชَุฃْุฎُุฐُูˆْุง ุนَู†ّูŠ ู…َู†َุงุณِูƒَูƒُู…ْ

Artinya: " Hendaklah kalian mengambil (dariku) cara-cara ibadah haji kalian " .

๐ŸšฉTetapi dalam perkara muamalah itu LEBIH LUAS DARIPADA PERKARA IBADAH , Allah Subhana wa Ta'ala berfirman :

ูˆَุนุงุดِุฑูˆู‡ُู†َّ ุจِุงู„ู…َุนุฑูˆูِ ۚ  [ ุงู„ู†ุณุงุก :ูกูฉ ]

Artinya : " ...Dan bergaullah dengan mereka (istri-istri) dengan secara patut...”.
[Q.S. An-Nisa:19]


Dan bersabda Rasulullah ๏ทบ pada hadist 'Aisyah yang shohih muttafaqun alaihi (yang telah diriwayatkan bukhori dan muslim) ,bersabda kepada Hindun, dan dia (hindun) berkata :

" Sesungguhnya Abu Sufyan adalah seorang lelaki yang bakhil (pelit), dia tidak memberikanku dan kepada anakku apa-apa yang mencukupiku ",  maka Rasulullah menjawab :

" Ambillah (hakmu) yang mencukupimu dan anakmu dengan cara yang ma'ruf atau (cara yang baik) ",

๐ŸŒณ Yakni dengan Al-'Urf ,maksudnya adalah dengan kebiasaan umum (yang baik) atau dengan cara sebaik mungkin, maka terdapat beberapa masalah yang harus dikembalikan kepada (kebiasaan) para leluhur dan kepada adat-adat yang terdahulu YANG TIDAK MENYELISIHI Al-Qur'an dan As-Sunnah.

๐Ÿ‘‰Adapun jika para leluhur dan adat istiadat MENYELISIHI apa yang ada dalam Al-Qur'an As-Sunnah, maka perbuatan itu dipermisalkan sebuah Thoghut-iyyah (atau apa-apa yang disembah selain Allah) maka tidak boleh kita ambil perkara tersebut.

ูุงู„ู…ุนุงู…ู„ุฉ ู‡ูŠ ุญุงุฌุงุช ุงู„ู†ุงุณ ุฃูˆุณุน ู…ู…ุง ูˆุฑุฏ ุจู‡ ุงู„ุดุฑุน ، ูˆู„ุง ู†ุถูŠู‚ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุงุณ ุดูŠุฆุงً ุฃุญู„ู‡ ุงู„ู„ู‡ ู„ู‡ู… .
❗Maka muamalah adalah kebutuhan-kebutuhan manusia yang mana LEBIH LUAS ataupun lebih DETAIL dari yang tersirat pada Syari'at, dan agama Islam TIDAK MEMPERSULIT manusia dalam perkara-perkara yang Allah halal-kan bagi mereka.

_____________
๐Ÿ“ˆDari kaset : (Pertanyaan-pertanyaan di Abu Dhabi)

                      ---๐ŸŒณ๐ŸŒณ๐ŸŒณ---


_________________
๐Ÿ“ฎุงู„ูุฑู‚ ุจูŠู† ุงู„ุนุจุงุฏุฉ ูˆุงู„ู…ุนุงู…ู„ุฉ

❓ู†ุต ุงู„ุณุคุงู„:
ุงู„ู…ุนุฑูˆู ุฃู† ุงู„ุฃุตู„ ููŠ ุงู„ุนุจุงุฏุฉ ุงู„ุชุญุฑูŠู… ูˆุงู„ุฃุตู„ ููŠ ุงู„ู…ุนุงู…ู„ุฉ ุงู„ุฅุจุงุญุฉ ููƒูŠู ุงู„ุชูุฑูŠู‚ ุจูŠู† ุงู„ู…ุนุงู…ู„ุฉ ูˆุงู„ุนุจุงุฏุฉ ูˆู‡ู„ ุจูŠู†ู‡ู…ุง ุนู…ูˆู… ูˆุฎุตูˆุต ؟


๐Ÿ”ู†ุต ุงู„ุฅุฌุงุจุฉ:

ุงู„ุนุจุงุฏุฉ ุชูˆู‚ูŠููŠุฉ ؛ ูˆุงู„ู†ุจูŠ - ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… - ูŠู‚ูˆู„ : " ุตู„ูˆุง ูƒู…ุง ุฑุฃูŠุชู…ูˆู†ูŠ ุฃุตู„ูŠ " ، ูˆูŠู‚ูˆู„ ููŠ ุงู„ุญุฌ : " ู„ุชุฃุฎุฐูˆุง ุนู†ูŠ ู…ู†ุงุณูƒูƒู… " .

๐Ÿšฉุฃู…ุง ุงู„ู…ุนุงู…ู„ุฉ ูุฅู†ู‡ุง ุฃูˆุณุน ู…ู† ุฐู„ูƒ ؛ ูŠู‚ูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰ : " ูˆَุนَุงุดِุฑُูˆู‡ُู†َّ ุจِุงู„ْู…َุนْุฑُูˆูِ " [ ุงู„ู†ุณุงุก : 19 ] ، ูˆูŠู‚ูˆู„ ุงู„ู†ุจูŠ - ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุณู„ู… - ูƒู…ุง ููŠ ุญุฏูŠุซ ุนุงุฆุดุฉ ุงู„ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡ ูŠู‚ูˆู„ ู„ู‡ู†ุฏ ูˆู‚ุฏ ู‚ุงู„ุช : ุฅู† ุฃุจุง ุณููŠุงู† ุฑุฌู„ ุดุญูŠุญ ู„ุง ูŠุนุทูŠู†ูŠ ูˆูˆู„ุฏูŠ ู…ุง ูŠูƒููŠู†ูŠ ، ูู‚ุงู„ : " ุฎุฐูŠ ู…ุง ูŠูƒููŠูƒ ูˆูˆู„ุฏูƒ ุจุงู„ู…ุนุฑูˆู "
๐Ÿšฉ ุฃูŠ ุจุงู„ุนุฑู ، ูู‡ู†ุงูƒ ู‚ุถุงูŠุง ู„ุง ุจุฏ ู…ู† ุงู„ุฑุฌูˆุน ู„ู„ุฃุณู„ุงู ูˆุงู„ุฃุนุฑุงู ุงู„ุชูŠ ู„ุง ุชุฎุงู„ู ุงู„ูƒุชุงุจ ูˆุงู„ุณู†ุฉ ، ุฃู…ุง ุฅุฐุง ุฎุงู„ูุช ุงู„ุฃุณู„ุงู ูˆุงู„ุฃุนุฑุงู ุงู„ูƒุชุงุจ ูˆุงู„ุณู†ุฉ ูู‡ูŠ ุทุงุบูˆุชูŠุฉ ูˆู„ุง ูŠุฌูˆุฒ ุงู„ุฃุฎุฐ ุจู‡ุง .

ูุงู„ู…ุนุงู…ู„ุฉ ู‡ูŠ ุญุงุฌุงุช ุงู„ู†ุงุณ ุฃูˆุณุน ู…ู…ุง ูˆุฑุฏ ุจู‡ ุงู„ุดุฑุน ، ูˆู„ุง ู†ุถูŠู‚ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุงุณ ุดูŠุฆุงً ุฃุญู„ู‡ ุงู„ู„ู‡ ู„ู‡ู… .
๐Ÿ“ผ ู…ู† ุดุฑูŠุท : ( ุฃุณุฆู„ุฉ ุฃุจูˆ ุธุจูŠ )


๐Ÿ“ƒSumber:
http://www.muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=3866
✒ Alih Bahasa:
Abu 'Utsman Affan 'Ali Sungkar ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ - [FBF 6]

                                     ✲✲✲

__________________
 ู…ุฌู…ูˆุนู€ู€ู€ู€ู€ุฉ ุชูˆุฒูŠุน ุงู„ูู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ูˆุงุฆุฏ
๐Ÿ“Œ❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www.alfawaaid.net

____________________________
๐Ÿ“ฒTurut  ⇲
۞ ู…ุฌู…ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ูˆุนุฉ ุงู„ุงุณู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ุชูุงุฏุฉ ۞

0 komentar:

Posting Komentar