MABUK ASMARA🌀 🔥 {AL-'ISYQ} 🔥 〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰 🌻 Bagian 2⃣ selesai ...

Posted On // Leave a Comment
MABUK ASMARA🌀
        🔥 {AL-'ISYQ} 🔥
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

     🌻 Bagian 2⃣ selesai ...

💺📚 AL-IMAM IBNUL QOYYIM AL-JAUZIYYAH رحمه الله

7⃣☀ Istri al-'Aziz yang meminta, berhasrat, menggoda, dan berusaha Yusuf 'Alaihis Salam tidak perlu meminta dan merendahkan diri. Pihak wanitalah yang berada pada kerendahan itu, sedangkan beliau berada pada posisi yang tinggi serta menjadi pihak yang diinginkan atau obyek sasaran.


8⃣☀Yusuf berada di rumah wanita tersebut dan di bawah kekuasaannya. Jika beliau tidak menuruti permintaan si wanita tersebut, dikhawatirkan ada tindakan yang bukan-bukan. Oleh karena itu terkumpullah antara hasrat dan dorongan dan kekhawatiran.

9⃣☀ Yusuf tidak perlu khawatir bahwa wanita tersebut akan menyebarkan berita buruk tentangnya, karena dia sendiri yang meminta dan berhasrat kepada beliau. Ditambah lagi, wanita tersebut telah mengunci semua pintu dan tidak akan membiarkan seorang pun masuk.

1⃣0⃣☀ Dilihat secara dhohir, Yusuf adalah budak di sana. Beliau keluar masuk bertemu dengan majikannya tanpa ada yang mencela. Telah ada kedekatan di antara mereka, sebelum wanita tersebut merayunya. Kedekatan termasuk faktor pendorong yang paling kuat dalam menyebabkan terjadinya zina.

1⃣1⃣☀ Wanita tersebut menggunakan segala makar dan tipu daya, yaitu dia memperlihatkan Yusuf kepada para wanita lain seraya mengeluh akan kondisinya, tidak lain agar mereka membantunya untuk mendapatkan hati pemuda ini. Maka Yusuf meminta bantuan kepada Alloh untuk menghadapi mereka:

🎆 🌷 [[....وإﻻ تصرف عنّي كيدهن أصب إليهن وأكن من الجهلين]]

🎆🌷.... jika aku tidak Engkau hindarkan dari tipu daya mereka, niacaya aku akan cenderung untuk memenuhi keinginan mereka dan tentu aku termasuk orang yang bodoh {QS. Yusuf: 33}

1⃣2⃣☀ Istri al-'Aziz mengancam Yusuf dengan penjara serta kehinaan. Ini salah satu bentuk pemaksaan, Oleh sebab itu, terkumpullah dorongan syahwat serta keinginan selamat dari kehinaan dan sempitnya penjara.

1⃣3⃣☀ Suami wanita yang merayu Yusuf tersebut tidak menampakkan kecemburuan dan kewibawaan dalam memisahkan keduanya. Sikap tegas al-'Aziz saat menghadapi istrinya hanya berupa seruan kepada Yusuf:

 {.... أعرض عن هذا...…}

 .... Lupakanlah ini...(QS. Yusuf: 29)

💦🌱Adapun kepada isterinya, dia menasihatkan:

🌾🔥 واستغفري لذنبك  إنك كنت من الخاطئين

🌾🔥......dan istriku mohonlah ampunan atas dosamu, karena engkau termasuk orang yang bersalah. (QS.Yusuf: 29)

🌹🚧 Padahal, kecemburuan dari pihak suami termasuk faktor terkuat dalam mencegah perselingkuhan. Namun, suami wanita tadi tidak menampakkannya. Meskipun faktor pendorong zina tadi sangat banyak, Yusuf tetap mengutamakan ridho dan takut kepada Alloh. Kencintaan kepada-Nya membuatnya memilih penjara dibandingkan harus berzina.

🔗🔰 {قال رب السجن أحب إليَّ مما يدعونني إليه....}

🔗🔰Yusuf berkata: wahai Robbku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka ... (QS. Yusuf: 33)

♻💐 Beliau menyadari ketidakmampuannya menghadiri tipu daya. Sekiranya Robb-Nya tidak menjaga dan memalingkan makar mereka, sesuai tabiatnya sebagai manusia, sehingga akhirnya dia termasuk orang-orang bodoh. Ini bukti kesempurnaan ilmu beliau terhadapNya dan diri sendiri.

✒☑ Di dalam kisah tersebut terdapat faedah, pelajaran, dan hikmah yang jumlahnya lebih dari seribu.
Semoga Alloh memberi taufiq kepada kami untuk  mengumpulkannya dalam tulisan tersendiri.                     〰〰〰🌾💐🌾〰〰〰

📚 SUMBER: AD-DAA' WA AD-DAWAA'

📝Alih Bahasa: Miqdad al-Ghifary hafizhahullaah.

-----------------------------
💻  Untuk fawaid lainnya bisa kunjungi website kami:
🌐 www.ittibaus-sunnah.net
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
 أصحاب السنة
📕👍📗👍📘
🌠 Ashhabus Sunnah 💫
____________________________
📲Turut memublikasikan ⇲
۞ مجمـــــــــــوعة الاســـــــــــتفادة ۞


7⃣☀ السابع: أنها طلبت وأرادت وراودت وبذلت الجهد، فكفته مؤنة الطلب وذل الرغبة إليها، بل كانت هى الراغبة الذليلة، وهو العزيز المرغوب إليه.

8⃣☀ الثامن: أنه في دارها وتحت سلطانها وقهرها، بحيث يخشى إن لم يطاوعها من أذاها له، فاجتمع داعى الر غيبة والرهبة.

9⃣☀ التاسع: أنه ﻻ يخشى أن تنم عليه هى، وﻻ أحد من جهتها، فإنها هى الطالبة الراغبة، وقد غلقت اﻷبواب وغيبت الرقاباء

 🔟☀العاشر: أنه كان في الظاهر مملوكا لها في الدار، في حيث يدخل ويخرج ويحضر معها، وﻻ ينكر عليه، وكان اﻹنس سابقا على الطلب، وهو من أقوى الدواعي، كما قيل ﻻ مرأة شريفة من أشراف العرب: ما حملك على الزنا؟ قالت:  قرب الوساد، وطول السرار، تعنى قرب وساد الرجل من وسادتى، وطول السرار بيننا.

 1⃣1⃣☀الحادى عشر: أنها استعانت عليه بأئمة المكر و اﻻحتيال، فأرته إياهن وشكت حالها إليهن لتستعين بهن عليه، فاستعان هو بالله عليهن فقال:

🎆🌷 { وإﻻ تصرف عنّي كيدهن أصب إليهن وأكن من الجاهلين} [يوسف: ٣٣]

2⃣1⃣☀ الثانى عشر: أنها توعدته بالسجن والصغار، وهذا نوع إكراه، إذ هو تهديد من يغلب على الظن  وقوع ما هدّد به، فيجتمع داعى الشهوة ودعى السلامة من ضيق السجن والصغار.

 3⃣1⃣☀الثالث عشر: أن الزوج لم يظهر منه الغيرة والنخوة ما يفرق به بينهما، ويبعد كلاً منهما عن صاحبه، بل كان غاية ما قابلها به أن قال ليوسف:

{ أعرض عن هذا} [يوسف: ٢٩]

💦🌱 وللمرأة:
🌾🔥 {استغفري لذنبك إنك كنت من الخاطئين} [يوسف: ٢٩]

🌹🚧 وشدة الغيرة للرجل من أقوى الموانع، وهذا لم يظهر منه غيرة. ومع هذه الدواعى كلها فآثر مرضاة الله و خوفه، وحمله حبه لله على أن اختار السجن على الزنى:

📎🔰 { قال رب السجن أحب إليَّ مما يدعونني إليه} [يوسف: ٣٣]

♻💐 وعلم أنه ﻻ يطيق صرف ذلك عن نفسه، وأن ربه تعالى إن لم يعصمه ويصرف عنه كيدهن صبا إليهن بطبعه، وكان من الجاهلين، وهذا من كما معرفته بربه وبنفسه.

✒☑ وفي هذه القصة من العبر والفوائد والحكم ما يزيد على اﻷلف فائدة، لعلنا إن وفق الله أن نفردها في مصنف مستقل.
 〰〰〰🌾💐🌾〰〰〰

0 komentar:

Posting Komentar