WASIAT SALAFUSH SHOLIH KEPADA KAUM MUSLIMIN

Posted On // Leave a Comment
✒📜 WASIAT SALAFUSH SHOLIH KEPADA KAUM MUSLIMIN

✒📃✒📃✒📃✒

 قال سفيان الثوري -رحمه الله-: فيما أوصى به علي بن الحسن السلمي:
( عليك بالصدق في المواطن كلها،وإياك و الكذب و الخيانة و مجالسة أصحابها، فإنها وزر كله،

و إياك ياأخي و الرياء في القول و العمل فإنه شرك بعينه،

وإياك و العجب فإن العمل الصالح لا يرفع وفيه عجب، ولاتأخذن إلا ممن هو مشفق على دينه،فإن مثل الذي هو غير مشفق على دينه، كمثل طبيب به داء لا يستطيع أن يعالج داء نفسه، و ينصح لنفسه، كيف يعالج داء الناس و ينصح لهم؟! فهذا الذي لا يشفق على دينه كيف يشفق على دينك؟

و يا أخي إنما دينك لحمك و دمك، ابك على نفسك و ارحمها فإن أنت لم ترحمها لم ترحم، و ليكن جليسك من يزهد في الدنيا و يرغب في الآخرة،
و إياك و مجالسة أهل الدنيا الذين يخوضون في حديث الدنيا فإنهم يفسدون دينك و قلبك،

و أكثر ذكر الموت و أكثر الاستغفار مما قد سلف من ذنوبك، وسل الله السلامة لما بقي من عمرك ثم عليك ياأخي بأدب حسن و خلق حسن ولا تخالفن الجماعة فإن الخير فيها إلا من هو مكب على الدنيا كالذين يعمر بيتا و يخرب آخر ... )

[ لم الدرر المنثور من قول المأثور ص ٢٥٥ ]

📎 Berkata Sufyan at tsauri -rahimahullah-: yang telah diwasiatkan kepadanya Ali bin Al Hasan as silmy:


"Berbuat jujurlah engkau di seluruh tempat yang engkau berpijak, dan jauhilah kedustaan, khianat dan duduk bersama orang yang berdusta dan berkhianat, karena sesungguhnya seluruh (perbuatan tersebut) dosa dan buruk, jauhilah wahai saudaraku dari riya' dalam perkataan dan perbuatan karena sesungguhnya (riya) adalah perbuatan syirik itu sendiri, dan jauhilah dari sifat kagum (pada diri sendiri) karena sesungguhnya amal sholeh tidak akan di angkat (amal perbuatannya kepada Allah) yang di dalamnya terdapat sifat kagum, dan janganlah sekali-kali kamu mengambil (agama ) kecuali dari orang-orang yang mempunyai simpati atas agamanya, karena sesungguhnya perumpamaan orang yang tidak memiliki simpati atas agamanya seperti dokter yang (berpenyakit) yang tidak dapat menyembuhkan penyakitnya sendiri dan tidak dapat menasehati dirinya sendiri, lantas bagaimana ia menyembuhkan penyakit orang lain ? dan bagaimana ia menasehati mereka ?! Maka orang yang tidak memiliki simpati atas agamanya bagaimana ia bisa bersimpati atas agamamu? , dan wahai saudaraku sesungguhnya agamamu dagingmu dan darahmu !!
Menangislah atas dirimu sendiri dan sayangilah ia, karena jika engkau tidak menyayanginya maka engkau tidak akan dikasih sayangi, dan jadikan teman dudukmu adalah orang yang meninggalkan kesenangan duniawi dan mencari akhirat, dan waspadalah kamu dari duduk bersama orang yang cinta dunia yaitu orang yang membawamu dalam percakapan duniawi karena sesungguhnya mereka akan merusak agamamu dan hatimu, dan perbanyaklah mengingat kematian dan banyaklah memohon ampun terhadap perbuatan-perbuatan dosamu yang telah lampau, dan mintalah kepada Allah azza wa jalla keselamatan dari sisa umurmu, kemudian atasmu wahai saudaraku untuk berprilaku baik dan berakhlak baik, dan janganlah engkau menyelisihi jama'ah karena sesungguhnya kebaikan terdapat di dalamnya, kecuali siapa dari mereka yang tersungkur atas dunia layaknya mereka yang membangun rumah dan yang lainnya menghancurkan ...”

(Lamuddurar al Mantsur min Qoulil Ma'tsur hal. 255)

✒ Dialih bahasakan oleh Abu Kuraib Bandung

0 komentar:

Posting Komentar