Silsilah Fatawa Hukum Hari Raya
------------------------
Hukum puasa 10 hari di bulan Dzulhijjah.
Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi'y rohimahulloh.
~~~~~~~~~~~~~~~~
📞 Pertanyaan:
Seorang wanita bernadzar puasa 10 hari di bulan Dzulhijjah pada setiap tahunnya, akan tetapi setelah dia menikah suaminya menolak memberi izin untuk wanita tersebut melanjutkan puasa yang sepuluh hari di bulan Dzulhijjah maka apa yang harus dia lakukan?
Jawaban:
Puasa 10 hari di bulan Dzulhijjah tidak shahih padanya satu hadits pun dari Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam secara khusus.
Bukhori meriwayatkan di dalam shahihnya dari Ibnu Abbas rodhiallohu 'anhuma dari Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda:
«ما من أيام العمل فيها أفضل عند الله من عشر ذي الحجة» قيل: ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: «ولا الجهاد في سبيل الله؛ إلا رجل خرج بنفسه وماله ولم يرجع من ذلك بشيء».
"Tidak ada dari hari-hari amalan yang di dalamnya lebih utama di sisi Alloh dari sepuluh hari di bulan Dzulhijjah " beliau ditanya: tidak pula jihad di jalan Alloh? Beliau menjawab: "tidak pula jihad di jalan Alloh; kecuali seorang pria yang pergi (berperang) dengan jiwa dan hartanya dan tidak kembali darinya sedikitpun ".
📛 Maka tidak shahih dari Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam tentang puasa 10 hari di bulan Dzulhijjah kecuali puasa di hari Arofah; maka (diriwayatkan) dari Abu Qotadah rodhiallohu 'anhu berkata: telah bersabda Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam:
«صيام يوم عرفة يكفر السنة الماضية والسنة القادمة» رواه مسلم.
"Puasa hari Arofah akan menghapus (dosa) satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang". [HR. Muslim]
🔖 Maka berdasarkan ini kami nasehatkan untuk memperbanyak ibadah, adapun mengkhususkan puasa maka tidak shahih dari Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam, dan kalau sekiranya ada seseorang berpuasa maka kami tidak akan sanggup untuk mengingkarinya dan kami tidak akan mengatakan bahwa dia mubtadi' berdasarkan keumuman hadits terdahulu yaitu hadits Ibnu Abbas rodhiallohu 'anhuma.
Adapun nadzarnya untuk berpuasa sepuluh hari di bulan Dzulhijjah, maka yang tampak adalah wajib baginya (ditunaikan) karena Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda:
«من نذر أن يطيع الله فليطعه، ومن نذر أن يعص الله فلا يعصه»
"Barangsiapa bernadzar untuk taat kepada Alloh maka taatilah Dia (penuhi nadzar tersebut), dan barangsiapa bernadzar untuk bermaksiat kepada Alloh maka jangan maksiat kepada-Nya ".
Dan ini bukan nadzar maksiat.
Dan Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda tentang masalah nadzar puasa:
«من مات وعليه صوم -وفي بعضها- نذر صومٍ صام عنه وليه»
"Barangsiapa mati dan dia mempunyai tanggungan puasa -pada sebagian riwayat- nadzar puasa maka walinya yang menggantikannya berpuasa".
Maka suaminya tidak sepantasnya menghalangi wanita tersebut dari sesuatu yang telah diwajibkan atas dirinya, benar Nabi shollallohu 'alaihi wa salla telah melarang wanita berpuasa sedangkan suaminya hadir kecuali dengan seizin darinya dan dalam sebagian riwayat: "untuk berpuasa sunnah", adapun ini maka telah menjadi wajib atas diri wanita tersebut.
Yang tampak bahwa wajib bagi suaminya untuk tidak melarangnya.
📙 Lihat kitab: Qom'ul mu'anid (2/574-575).
~~~~~ ~~~~~~
حكم صيام عشر ذي الحجة
لفضيلة الشيخ الإمام مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله
📋 السؤال:
امرأة نذرت صيام عشرة أيام من ذي الحجة من كل سنة ولكنها بعد أن تزوجت رفض زوجها أن يأذن لها بمواصلة الصيام الذي هو عشرة أيام من ذي الحجة فماذا عليها ؟
الإجابة:
صيام عشر ذي الحجة لم يثبت فيه حديث عن النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - بخصوصه .
روى البخاري في صحيحه عن ابن عباس رضي الله عنهما عن النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - أنه قال : " ما من أيام العمل فيها أفضل عند الله من عشر ذي الحجة " قيل : ولا الجهاد في سبيل الله ؟ ، قال : " ولا الجهاد في سبيل الله ؛ إلا رجل خرج بنفسه وماله ولم يرجع من ذلك بشئ " .
فلم يثبت عن النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - في صيام عشر ذي الحجة إلا صيام يوم عرفة ؛ فعن أبي قتادة رضي الله عنه قال : قال رسول الله - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - : " صيام يوم عرفة يكفر السنة الماضية والسنة القادمة " رواه مسلم .
🔖 فعلى هذا فننصح بإكثار العبادة ، أما تخصيص الصوم فلم يثبت عن النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - ، ولو صام أحدٌ ما استطعنا أن ننكر عليه ولا أن نقول أنه مبتدع لعموم الحديث المتقدم وهو حديث ابن عباس رضي الله عنهما .
أما نذرها أن تصوم عشر ذي الحجة ، فالذي يظهر أنه يلزمها لأن النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - يقول : " من نذر أن يطيع الله فليطعه ، ومن نذر أن يعص الله فلا يعصه " وهذا ليس نذر معصية .
ويقول النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - في شأن نذر الصوم : " من مات وعليه صوم - وفي بعضها - نذر صومٍ صام عنه وليه " ، فزوجها لا ينبغي أن يمنعها من شيئ أوجبت على نفسها ، نعم أن النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - نهى المرأة أن تصوم وزوجها شاهدٌ إلا بإذنه وفي بعض الروايات : أن تصوم تطوعاً ، أما هذه فقد أوجبت على نفسها .
فالظاهر أنه يجب على زوجها ألا يمنعها .
~~~~~~~~~~~~~~~~
📚 راجع كتاب : ( قمع المعاند 2 / 574 - 575 ) .
------------------------
الفتوى الصوتية من هنا :
http://www.muqbel.net/fatwa.
------------------------
___✏ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu Abduh.
------------------------
🌏 WA Ahlus Sunnah Karawang.
0 komentar:
Posting Komentar