FAEDAH : MAKSUD DARI LAILATUL QADR BUKANLAH AGAR MEMPERBANYAK SHALAT, KARENA SESUNGGUHNYA AR RASUL shallallahu 'alaihi wa sallam PADA BULAN RAMADHAN MAUPUN SELAINNYA SHALAT MALAM BELIAU TIDAKLAH MELEBIHI 11 RAKAAT.
Bukanlah yang dimaksud daripada Ar Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam apabila memasuki sepuluh malam terakhir beliau mengencangkan ikat pinggangnya adalah untuk memperbanyak shalat, namun tujuannya adalah untuk beri'tikaf sebagaimana keadaan beliau shallallahu 'alaihi wa sallam dalam perjalanan hidupnya.
Bukanlah dimaksudkan untuk melakukan ritual tertentu pada malam tersebut. Bukan, bukan itu yang dimaksud.
Maksud dan tujuannya adalah agar seorang hamba menyiapkan diri dengan doa dan dzikir.
Tidakkah engkau lihat dalam hadits yang dikeluarkan oleh At Tirmidzi no.3513
عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ القَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا؟ قَالَ: قُولِي: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي». وقال الترمذي: "هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ" اﻫ
Dari 'Aisyah -radhiyallahu 'anha-berkata : "Saya bertanya : "Wahai Rasulullah, bagaimana menurut engkau bila saya mengetahui di malam yang mana Lailatul Qadr itu, apa yang hendaknya saya ucapkan ketika itu ?". Beliau menjawab : "Ucapkanlah :
اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, Engkau mencintai pemberian maaf, maka maafkanlah aku"
At Tirmidzi mengatakan : "Ini hadits hasan shahih." -selesai ucapan beliau.-
Sesungguhnya Ar Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam tidaklah membimbingnya agar banyak shalat, tidak pula banyak doa, tidak pula ritual ibadah tertentu, beliau hanyalah membimbingnya dengan doa ini.
Dan dalam Al Muwaththa' kitab; Al I'tikaf, bab; tentang Lailatul Qadr, dari Malik, sampai kepada beliau berita bahwa Sa'id bin Al Musayyib mengatakan : "Barangsiapa menyaksikan shalat isya (secara berjamaah) di malam Lailatul Qadr maka ia telah mengambil bagian pahala daripadanya".
Ini, dan taufik hanyalah milik Allah".
Faedah dari :
Asy Syaikh Ad Duktur Muhammad bin 'Umar Bazmul hafizhahullah wa ra'ah
_______________
Sumber || http://mohammadbazmool.blogspot.com/2015/07/blog-post_59.html
*****
🗃 Arsip WALIS »
🗳 Kritik dan saran » http://goo.gl/d0M01P
🕰 Faedah Lain » http://walis.salafymedia.com/
----------------------
[فائدة] ليس المقصود بليلة القدر كثرة الصلاة فإن الرسول ما زاد في رمضان ولا في غيره عن 11 ركعة.
_\للشيــخ الــدكتور/_
محمد بن عمر بازمول
-حَفِظَهُ اللهُ وَرَعَاهُ-
"ليس المقصود بليلة القدر كثرة الصلاة فإن الرسول ﷺ ما زاد في رمضان ولا في غيره عن ١١ ركعة! وليس المقصود بأن الرسول ﷺ إذا دخلت العشر شد المئزر كثرة الصلاة، بل المقصود الاعتكاف كما هو حاله ﷺ في سيرته. وليس المقصود طقوس معينة تقام في هذه الليلة! لا... ليس ذلك المقصود... إنما المقصود أن يتهيأ العبد في هذه الليلة بالدعاء والذكر، ألا ترى في الحديث الذي أخرجه الترمذي تحت رقم (٣٥١٣) «عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ القَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا؟ قَالَ: قُولِي: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي». وقال الترمذي: "هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ" اﻫ.
فإن الرسول لم يرشدها إلى كثير صلاة. ولا إلى كثير دعاء ولا إلى طقس عبادة معينة، إنما أرشدها إلى هذا الدعاء. وفي الموطأ في كتاب الاعتكاف باب ما جاء في ليلة القدر: عَنْ مَالِكٍ أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ سَعِيدَ بْنَ الْمُسَيِّبِ كَانَ يَقُولُ: «مَنْ شَهِدَ الْعِشَاءَ مِنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ، فَقَدْ أَخَذَ بِحَظِّهِ مِنْهَا». هذا وبالله التوفيق.
http://mohammadbazmool.blogspot.com/2015/07/blog-post_59.html
✍ قنــ↡كُنُوزُ ـ الفَوَائِد↡ـاة
📮ا➣ @salafyat ↓↓
📮ا bit.ly/1q6dbjA
ـــــــــ ❁✿❁ ـــــــــ
•••••••
🖲 Majmu'ah AL ISTIFADAH
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
🛰 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
📲 مجموعة الاستفادة
📆 Sabtu, 20 Ramadhan 1437 H // 25 Juni 2016 M
☄☄☄☄☄☄☄☄☄
Tidak ada komentar:
Posting Komentar