Selasa, 31 Mei 2016

TAUBAT DARI PEKERJAAN HARAM, BAGAIMANA DENGAN HARTA YANG TELAH DIHASILKAN DARINYA SEBELUMNYA?

TAUBAT DARI PEKERJAAN HARAM, BAGAIMANA DENGAN HARTA YANG TELAH DIHASILKAN DARINYA SEBELUMNYA?

P E R T A N Y A A N
"Saya telah menghasilkan harta dari pekerjaan saya sebagai fotografer, dan saya sudah siap untuk meninggalkan pekerjaan tersebut demi mencari ridha Allah dan Rasul-Nya. Bagaimana hukum harta itu, apakah itu haram, atau apa yang harus saya perbuat dengan harta tersebut ?"

J A W A B A N
"Aku berharap anda tidak berdosa dengan menggunakan harta itu, karena di saat mencarinya kondisi anda belum yakin tentang keharamannya dengan sebab kebodohan terhadap hukum syariat atau karena syubhat dari orang yang membolehkan menggambar dengan alat foto. Allah Subhanah berfirman tentang pemakan riba :

فَمَنْ جَآءَهٗ مَوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّهٖ فَانْتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَ  ؕ  وَاَمْرُهٗۤ اِلَى اللّٰهِ  ؕ  وَمَنْ عَادَ فَاُولٰٓئِكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ  هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

"Barang siapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barang siapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya." [QS. Al-Baqarah: Ayat 275]

Semoga Allah melindungi kami dan kalian darinya.

Ayat yang mulia ini mengandung faedah halalnya harta penghasilan di masa lampau yang diperoleh dari pekerjaan yang tidak sesuai syariat apabila seorang hamba bertaubat kepada Allah dan rujuk daripadanya.

Apabila anda bersedekah dengannya atau dengan sedikit daripadanya demi kehati-hatian maka itu bagus. Berdasarkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam :

من اتقى الشبهات فقد استبرأ لدينه وعرضه

"Barangsiapa menjaga diri dari perkara syubhat maka sungguh dia telah membersihkan agama dan kehormatannya"

Adapun tentang kewajiban bersedekah dengannya maka aku tidak mengetahui adanya dalil yang jelas yang menunjukkan akan hal itu".

__________
Link fatwa || http://www.ibnbaz.org.sa/fatawa/88

*****
🗃 Arsip WALIS »
🗳 Kritik dan saran » http://goo.gl/d0M01P
🕰 Faedah Lain » http://walis.salafymedia.com/

----------
كسب المصور

لقد اكتسبت من عمل التصوير مالا وأنا مستعد للتنازل عنه إرضاء لله ورسوله ، فما حكم ذلك المال هل هو حرام أم ماذا أصنع فيه ؟
أرجو أن لا يكون عليكم فيه حرج لأنكم حين اكتسابه لم تكونوا متأكدين تحريمه جهلا بالحكم الشرعي أو لشبهة من أجاز التصوير الشمسي، وقد قال الله سبحانه في أهل الربا: فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ[1] أعاذنا الله وإياكم منها، فهذه الآية الكريمة يستفاد منها حل الكسب الماضي من العمل غير المشروع إذا تاب العبد إلى الله ورجع عن ذلك وإن تصدقتم به أو بشيء منه احتياطا فحسن، لقول النبي صلى الله عليه وسلم: ((من اتقى الشبهات فقد استبرأ لدينه وعرضه))، أما وجوب الصدقة به فلا أعلم دليلا واضحا يدل عليه.

[1] سورة البقرة الآية 275.

http://www.ibnbaz.org.sa/fatawa/88

•••••••
🖲 Majmu'ah AL ISTIFADAH
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
🛰 Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN
📲 مجموعة الاستفادة
📆 Selasa, 24 Sya'ban 1437 H // 31 Mei 2016 M

☄☄☄☄☄☄☄☄☄

Tidak ada komentar:

Posting Komentar