Sabtu, 30 Januari 2016

DiNAMAKAN MUKJIZAT ATAU AYAT?

DiNAMAKAN MUKJIZAT ATAU AYAT?

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ما من الأنبياء من نبي إلا قد أعطي من الآيات ما مثله آمن عليه البشر. وإنما كان الذي أوتيت وحيا أوحى الله إلي. فأرجو أن أكون أكثرهم تابعا يوم القيامة

 “Tidak ada seorang nabi  pun, kecuali diberi ayat yang dengan semisal itu manusia beriman, dan (diantara) ayat yang aku dianugerahi adalah wahyu yang Allah wahyukan kepadaku, dan aku berharap menjadi nabi yang terbanyak pengikutnya di hari kiamat.” (Shahih Muslim no. 152 dari hadits Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu).

Syaikh Ibnu al-'Utsaimin berkata:

Dalam hadits ini ada dalil atas perkara yang diberikan kepada para Nabi berupa hal-hal  luar biasa yang dinamakan 'Ayat-Ayat' dan bukan dinamakan mukjizat.
Sehingga apa yang terkenal di kalangan ulama dengan penamaan mukjizat, memiliki kekurangan, dikarenakan istilah mukjizat termasuk di dalamnya hal luar biasa dari tukang sihir dan setan sebab hal tersebut adalah mukjizat, namun jika kita katakan: 'Ayat' yakni tanda atas kebenaran orang yang mendatangkannya, maka tidak termasuk di dalamnya perkara selain ayat tersebut. Sehingga mengungkapkan dengan 'Ayat-Ayat' lebih baik daripada mengungkapkan dengan mukjizat karena dua sebab:

Pertama: Karena lafazh tersebut ada dalam al-Quran dan Sunnah

Kedua: Lafazh tersebut tidak membawa kepada makna seperti hal-hal luar bisa yang ada pada tukang sihir dan setan.

📚Ta'liq 'ala Shahih Muslim, hal. 484

📱📡Al-UKHUWWAH

📁http://bit.ly/Al-Ukhuwwah

🇸🇦
عن أبي هريرة قال : قال رسول الله : ( ما من الأنبياء من نبي إلا قد أعطي من الآيات ما مثله آمن عليه البشر ، وإنما كان الذي أوتيت وحياً أوحى الله إلي ، فأرجو أن أكون أكثرهم تابعاً يوم القيامة ) .

في هذا الحديث دليل على : أن ما يأتي به الأنبياء من خوارق العادات يسمى آيات ، ولا يسمى معجزات .

وما اشتهر من العلماء بتسميتها بالمعجزات ففيه قصور ، وذلك لأن المعجزات يدخل فيها معجزات السحرة ، وخوارق الشياطين لأنها معجزة ، لكن لو قلنا : آية ، أي علامة على صدق من جاء بها ، لم يدخل فيها ما سواها ، فالتعبير بالآيات خير من التعبير بالمعجزات لسببين :

أولاً : لأنه اللفظ الذي جاء في الكتاب والسنة .

ثانياً : أنه لايرد عليه مثل الخوارق التي تكون من السحرة والشياطين . ص484 .

※※※※※※※※※※※※※※※※
🅾 MAJMU'AH AL ISTIFADAH 🅾
※※※※※※※※※※※※※※※※

Ⓜ مجموعة الاستفادة
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
▶ Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar