Kamis, 17 Desember 2015

HUKUM MEMANGKAS RAMBUT DEPAN KEPALA

HUKUM MEMANGKAS RAMBUT DEPAN KEPALA

Syaikh Ibnu Baz rahimahullah

Pertanyaan:
Apa hukum memangkas rambut depan yakni jambul di atas wajah, karena saya mendengar perbuatan itu menyerupai Yahudi dan Nasrani, lalu apabila niat saya adalah memperbagus penampilan dan bukan untuk menyerupai sebuah jalan, sebab amalan itu berdasarkan niatnya, berdosakah saya?

Jawaban:
Memangkas rambut itu, jika ada faedahnya dan tidak mengandung penyerupaan (tasyabbuh) dengan wanita kafir, tidak masalah, dan apabila dia memiliki suami, maka harus memperhatikan keridhaannya. Namun apabila tujuannya adalah menyerupai wanita kafir, maka tidak boleh dilakukan, berdasarkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:" Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia bagian dari mereka."
Dan telah tsabit dari Ummahatul Mukminin yakni istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam setelah wafatnya Beliau, mereka memangkas rambut kepala mereka untuk meringankan dalam merawat.

💻🔍
http://www.binbaz.org.sa/node/18625

📱📡AL-UKHUWWAH

📠http://bit.ly/Al-Ukhuwwah

🇸🇦

حكم قص مقدمة شعر الرأس

ما حكم قص الشعر من الأمام أي القصة على الوجه؛ لأني سمعت أن في ذلك تشبهاً باليهود والنصارى، وهل إذا كانت نيتي صالحة في التجمل وليس إلى التشبه سبيل لأن الأعمال بالنيات، فهل أكون آثمة؟
قص الشعر إذا كان لمصلحة وليس فيه تشبهاً بالكافرات لا بأس، وإذا كان لها زوج لا بد من مراعاة رضاه، أما إذا كان القصد التشبه بالكافرات فلا يجوز، لقوله صلى الله عليه وسلم: (من تشبه بقوم فهو منهم)، وقد ثبت عن أمهات المؤمنين أزواج النبي صلى الله عليه وسلم أنهن بعد وفاته قصصن من رؤوسهن للتخفيف.

※※※※※※※※※※※※※※※※
🅾 MAJMU'AH AL ISTIFADAH 🅾
※※※※※※※※※※※※※※※※

Ⓜ مجموعة الاستفادة
🌍 http://bit.ly/tentangwalis
▶ Telegram http://bit.ly/alistifadah JOIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar