FATWA LAJNAH DAIMAH
Pertanyaan Keenam dari Fatwa Nomor:9184
Pertanyaan 6:
Bagaimana cara Nabi .صلى الله عليه وسلم meminta syafaat kepada Allah untuk umat beliau di hari kiamat kelak? Dan bagaimana juga para sahabat, orang-orang saleh dan para malaikat memberi syafaat kepada para pelaku dosa? Hadits Nabi صلى الله عليه و سلم: Syafaatku untuk para pelaku dosa besar dari kalangan umatku Apakah sanadnya shahih? Jika hadits ini shahih, apa maknanya?
Jawaban 6:
Syafaat dari Nabi صلى الله عليه و سلم dan orang-orang saleh dijelaskan dalam Al-Quran. Terdapat hadits-hadits shahih yang menafsirkan ayat tentang syafaat yang disebutkan dalam Al-Quran, di antaranya terkait hadits syafaat yang Anda sebutkan dalam pertanyaan, sesungguhnya syafaat ada beberapa macam. Syaikh Abdurrahman bin Hasan رحمه الله menyebutkan hal ini dalam kitab Fathul Majid, dan Imam Ibnu al-Qayyim menyebutkan bahwa syafaat ada enam macam:
1⃣Pertama: Syafaat Kubra yang tidak diberikan kepada para rasul ulul azmi عليهم الصلاة و سلم namun hanya diperuntukkan bagi Rasulullah صلى الله عليه و سلم. Beliau bersabda, "Aku yang akan memintakannya". Itu terjadi ketika manusia mendatangi para nabi untuk memohonkan syafaat kepada Allah bagi mereka supaya mereka dimudahkan menghadapi kondisi yang sedang mereka hadapi. Syafaat Kubra ini hanya dikhususkan untuk Nabi صلى الله عليه و سلم, dan tidak ada seorang pun memilikinya selain beliau.
2⃣Kedua: Syafaat untuk penghuni surga ketika mereka memasukinya. Ini disebutkan oleh Abu Hurairah dalam hadits panjang yang diriwayatkan al-Bukhari dan Muslim.
3⃣Ketiga: Syafaat untuk pelaku maksiat dari umat Nabi صلى الله عليه و سلم yang telah ditetapkan sebagai penghuni neraka disebabkan dosa-dosa mereka. Kemudian beliau memberikan syafaat supaya mereka tidak masuk neraka.
4⃣Keempat: Syafaat bagi pelaku maksiat dari ahli tauhid yang masuk neraka dikarenakan dosa-dosa mereka. Hadits-hadits terkait syafaat jenis ini diriwayatkan secara mutawatir dari Nabi صلى الله عليه و سلم. Ini juga menjadi ijmak seluruh sahabat dan Ahlussunnah, dan mereka membid'ahkan orang-orang yang mengingkarinya, mengumumkannya di setiap tempat dan menyatakan mereka sebagai orang-orang sesat.
5⃣Kelima: Syafaat untuk penghuni surga agar ada penambahan pahala dan peningkatan derajat untuk mereka. Tidak ada seorang pun yang menentang hal ini, dan semua ini dikhususkan untuk para pelaku tauhid yang tidak menjadikan selain Allah sebagai penolong dan pelindung sebagaimana dinyatakan dalam firman Allah تعالى Dan berilah peringatan dengan apa yang diwahyukan itu kepada orang-orang yang takut akan dihimpunkan kepada Tuhannya (pada hari kiamat), sedang bagi mereka tidak ada seorang pelindung dan pemberi syafa’at pun selain daripada Allah
6⃣Keenam: Syafaat beliau untuk sebagian keluarganya yang kafir dan ditetapkan menjadi penghuni neraka supaya siksaanya diringankan, dan ini dikhususkan untuk Abu Thalib saja.
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `Ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.
Al-Lajnah ad-Daimah Lilbuhutsil Ilmiyyah wal Ifta'
Ketua: Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
WHATSAPP AL-UKHUWWAH
〰TEKS ARAB〰
أنواع الشفاعة
السؤال السادس من الفتوى رقم ( 9184 ) :
س6: كيف يشفع النبي صلى الله عليه وسلم لأمته عند ربه يوم القيامة، وكيف يشفع الصحابة والصالحون والملائكة للمذنبين وحديث: « شفاعتي لأهل الكبائر من أمتي » (1) ، هل صحيح السند وما معناه إن صح الحديث؟
ج6 : شفاعة النبي صلى الله عليه وسلم وشفاعة الصالحين يوم القيامة ثابتة في القرآن، وقد وردت فيها أحاديث صحيحة تفسر ما جاء في القرآن، ومنها الحديث الذي أشرت إليه في سؤالك وهي أنواع. قال الشيخ عبد الرحمن بن حسن رحمه الله في كتاب [فتح المجيد]: (وذكر أيضا رحمه الله - يعني ابن القيم - أن الشفاعة ستة أنواع: الأول: الشفاعة الكبرى التي يتأخر عنها أولوا العزم عليهم الصلاة والسلام حتى تنتهي إليه صلى الله عليه وسلم فيقول: أنا لها، وذلك حين يرغب الخلائق إلى الأنبياء ليتشفعوا لهم إلى ربهم حتى يريحهم من مقامهم في الموقف، وهذه شفاعة يختص بها لا يشركه فيها أحد.
__________
(1) أحمد (3 / 230)، وأبو داود برقم (4739)، والترمذي برقم (2437)، وابن حبان في [الصحيح] برقم (2596، موارد) والحاكم في [المستدرك] (1 / 9).
الثاني: شفاعته لأهل الجنة في دخولها، وقد ذكرها أبوهريرة في حديثه الطويل المتفق عليه. الثالث: شفاعته لقوم من العصاة من أمته قد استوجبوا النار بذنوبهم فيشفع لهم ألا يدخلوها. ا هـ. الرابع: شفاعته في العصاة من أهل التوحيد الذين يدخلون النار بذنوبهم، والأحاديث بها متواترة عن النبي صلى الله عليه وسلم، وقد أجمع عليها الصحابة وأهل السنة قاطبة وبدعوا من أنكرها، وصاحوا به كل جانب، ونادوا عليه بالضلال. الخامس: شفاعته لقوم من أهل الجنة في زيادة ثوابهم ورفعة درجاتهم، وهذه مما لم ينازع فيها أحد وكلها مختصة بأهل الإخلاص الذين لم يتخذوا من دون الله وليا ولا شفيعا، كما قال تعالى: { وَأَنْذِرْ بِهِ الَّذِينَ يَخَافُونَ أَنْ يُحْشَرُوا إِلَى رَبِّهِمْ لَيْسَ لَهُمْ مِنْ دُونِهِ وَلِيٌّ وَلَا شَفِيعٌ } (1) السادس شفاعته في بعض أهله الكفار من أهل النار حتى يخفف عذابه، وهذه خاصة بأبي طالب وحده ا هـ (2)
وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو ... عضو ... نائب رئيس اللجنة ... الرئيس
عبد الله بن قعود ... عبد الله بن غديان ... عبد الرزاق عفيفي ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز
__________
(1) سورة الأنعام الآية 51
(2) [فتح المجيد] (ص 175 ، 176).
✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧✧
الموقع الرسمي للمجموعة:
🛅➠http://walis-net.blogspot.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar