DOA MEMINTA PANJANG UMUR

Posted On // Leave a Comment

💎🔳🚪 DOA MEMINTA PANJANG UMUR

Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah

❓ Tanya :
Bolehkah berdoa meminta panjang umur? Atau memang umur itu telah ditakdirkan, sehingga tidak ada faidah berdoa meminta panjang umur?

✅ Jawab :
Tidak mengapa berdoa dengan hal tersebut. Tetapi, yang lebih utama adalah dengan mengaitkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang yang didokan.

Seperti dengan mengatakan :
"Semoga Allah memanjangkan umurmu dalam ketaatan kepadaNya, atau dalam kebaikan, atau pada sesuatu yang mendatangkan ridha Allah".

🔹Telah diketahui bahwa doa itu tidaklah menyelisihi takdir. Bahkan itu termasuk sesuatu yang ditakdirkan Seperti halnya obat-obatan, ruqyah dan yang semisalnya. Setiap sebab yang tidak menyelisihi syariat Allah, maka itu bagian dari takdir. Takdir Allah berlangsung pada orang yang sakit maupun yang sehat, bagi orang yang didoakan maupun yang tidak didoakan. Akan tetapi, Allah memerintahkan untuk menjalani sebab-sebab yang disyariatkan lagi dibolehkan, dan menetapkan dengan sebab-sebab tersebut apa saja yang dikehendakinya. Maka, itu semua termasuk takdir Allah.

Hanya Allah pemilik taufiq itu

📚 Al-Ma'mu' (8/425)

------

الدعاء بطول العمر

س: هل يجوز الدعاء بطول العمر؟. أم أن العمر مقدر، ولا فائدة من الدعاء بطوله؟.

ج: لا حرج في ذلك، والأفضل: أن يقيده بما ينفع المدعو له، مثل أن يقول: أطال الله عمرك في طاعة الله، أو في الخير، أو فيما يرضي الله، ومعلوم أن الدعاء لا يخالف القدر؛ بل هو من القدر؛ كالأدوية، والرقى، ونحو ذلك، وكل الأسباب التي لا تخالف شرع الله، فهي من القدر، وقدر الله ماضٍ في حق المريض والصحيح، من دُعِيَ له ومن لم يُدْعَ له؛ لكن الله سبحانه أمر بالأسباب المشروعة والمباحة، ورتَّب عليها ما يشاء سبحانه، وكل ذلك من قدر الله، والله ولي التوفيق. مجموع (8/425).

📝 Oleh tim salafy Cirebon
📮 Ahad, 21 robiul awal 1439/ 10 Desember 2017

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰

📚 WA Salafy Cirebon
http://www.salafycirebon.com
📲 Join Channel
http://bit.ly/salafycirebon

0 komentar:

Posting Komentar