SHALAT JUM’AT PERTAMA DALAM ISLAM

Posted On // Leave a Comment
☀ SHALAT JUM’AT PERTAMA DALAM ISLAM

――――― ❁❁❁❁❁

✾ Pertanyaan:

Dimanakah pertama kali shalat Jum’at dalam Islam? Siapakah yang menjadi khathib dan mengimami manusia pada shalat Jum’at tersebut?

✽Jawaban:


Awal kali shalat Jum’at ditegakkan adalah di kota Madinah, yang menjadi imam ketika itu adalah shahabat As’ad bin Zurarah radhiallahu ‘anhu. Peristiwa tersebut terjadi sebelum hijrahnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (ke Madinah).
Ketika itu beliau (shahabat As’ad bin Zurarah) mengumpulkan manusia dan sholat mengimami mereka di sebuah tempat yang disebut al Khadhimat (sebuah tempat yang dikenal di daerah kota Madinah). Adapun shalat Jum’at yang pertama kali ditegakkan di selain kota Madianah adalah di Jiwatsi (sebuah desa yang terletak di Bahrain). Inilah yang dikenal dalam buku-buku sejarah dan buku-buku hadits. Kemudian setelah hijrahnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam maka mereka menunaikannya (shalat Jum’at) di masjid beliau‘alaihis shalatu wassalam.

📖 Sumber: Fatawa nur ‘ala ad Darb libni Baaz (13/134)

---------------

✒ Alih Bahasa: Umar Ubadah hafizhahullah

💻 Untuk fawaid lainnya bisa kunjungi website kami:

🌐 www.ittibaus-sunnah.net
➖➖➖➖➖➖➖➖
أصحاب السنة
📕👍📗👍📘
🌠 Ashhabus Sunnah
____________________________
📲Turut memublikasikan ⇲
۞ مجمـــــــــــوعة الاســـــــــــتفادة ۞

بيان أول جمعة في الإسلام

س:

يسأل ويقول: أين أقيمت أول جمعة في الإسلام؟ ومن الذي خطب الخطبة فيها وصلى بالناس؟

ج:

أول جمعة في المدينة، وصلى بهم أسعد بن زرارة رضي الله عنه، وكان ذلك قبل أن يهاجر النبي صلى الله عليه وسلم، فقد جمع الناس وصلى بهم في الخاضمات - موضع معروف في المدينة - وأول جمعة في غير المدينة بجواثى - قرية في مجمع البحرين - وهذا هو المعروف في السير وكتب الحديث، ثم هاجر النبي صلى الله عليه وسلم وصار يقيمها في مسجده عليه الصلاة والسلام.

―――――❁❁❁❁❁

0 komentar:

Posting Komentar